Cara Memunculkan Task Manager (Ctrl + Alt + Delete) pada Mac

0
145
task manager pada mac

Cara Memunculkan Task Manager (Ctrl + Alt + Delete) pada Mac – Jika teman-teman yang baru memiliki Mac atau sebagai pemula yang baru berpindah dari Windows ke Mac biasanya dibuat bingung dimana fitur Task Manager yang biasa ditemui pada Windows dan bahkan yang sudah lama pun terkadang masih belum tahu dengan fitur ini.

Baik dari sistem operasi Windows ataupun macOS, seorang pengguna kedua sistem operasi tersebut pasti pernah mengalami error atau hang dari aplikasi atau berbagai aplikasi yang sedang dijalankan. Langkah pertama, biasa kita menunggu sampai aplikasi tersebut menjadi responsif, langkah berikutnya apabila sekitar 10 – 15 menit aplikasinya tidak juga bisa dijalankan terpaksa kita harus menutup aplikasi tersebut, biasa kita menggunakan fitur Task Manager yang ada di Windows untuk menutupnya.

Selayaknya Windows, macOS juga memiliki fitur semacam ini namun dengan nama yang berbeda yakni Force Quit Applications. Perlu diingat fitur ini hanya digunakan jika aplikasi yang dijalankan benar-benar tidak responsif karena jika ada data yang perlu anda simpan selama menjalan aplikasi tersebut, dengan Force Quit Applications data yang disimpan dikhawatirkan akan terhapus.

Baca juga:

Kini kita akan masuk dalam pembahasan inti dari artikel kita yakni,

Cara Memunculkan “Task Manager” atau Force Quit Applications pada Mac

Seperti yang sudah saya jelaskan sebelumnya, Mac memiliki fitur tersendiri yang fungsinya hampir sama dengan Ctrl + Alt + Delete nya windows yakni Force Quit Applications. Untuk memunculkannya sangat lah gampang yaitu tahan tombol Cmd + Option and tekan tombol Esc. Fitur ini akan menampilkan semua aplikasi yang sedang berjalan pada Mac anda. Untuk memberhentikan aplikasi yang anda inginkan, klik aplikasi tersebut, kemudian klik Force Quit. Untuk memperjelas apa yang saya maksud, anda lihat pada gambar dibawah ini.

task manager pada mac

Bagaimana Jika Menutup Paksa Aplikasi dengan Force Quit Applications Tidak Memecahkan Masalah yang Ada?

Jika anda telah melakukan cara yang sudah saya disebutkan diatas dan ternyata cara tersebut tidak dapat menutup aplikasi yang sedang jalan,maka anda dapat memaksa Mac untuk melakukan restart, untuk melalakukannya anda dapat menekan dan menahan tombol power yang ada di keyboard Mac anda atau bisa juga dengan menekan dan menahanan tombol  Control + Command + Power.

Ada banyak faktor hal ini bisa terjadi, salah satunya adalah program-program yang anda jalankan memakan memori RAM yang tidak sedikit dan untuk itu anda perlu mempertimbangkan untuk mengupgrade atau menambah kapasitas RAM yang ada seperti mulanya anda memiliki RAM 8 GB diupgrade menjadi 16 GB.

Demikian dari saya, pembahasan yang singkat mengenai Cara Memunculkan “Task Manager” atau Force Quit Applications pada Mac. Semoga anda mendapatkan manfaat dan faedahnya. Berikan tanggapan anda mengenai artikel ini di kolom komentar dibawah. Silakan share jika anda berkenan, sekian dan terima kasih.

Artikel lainnya:

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here