Cara Memperbaiki iPhone Terkena Air dan Rusak

0
76
Cara Memperbaiki iPhone Terkena Air dan Rusak

Cara Memperbaiki iPhone Terkena Air dan Rusak – Banyak dari pengguna iPhone termasuk saya sendiri secara tidak sengaja menumpahkan atau menceburkan iPhone-nya ke dalam air, lalu setelahnya iPhone tidak dapat berfungsi seperti normal kembali. Permasalahan umum yang sering ditemukan yakni suara speaker iPhone yang menjadi cempreng dan kecil sekali walaupun sudah di volume yang paling tinggi. Layar iPhone dipenuhi oleh percikan air adalah permasalahan lainnya.

Jika kamu mengalami permasalahan diatas, maka kamu berada di artikel yang tepat untuk mengatasinya. Insya Allah tips yang akan saya berikan setidaknya dapat menjadi pertolongan pertama bagaimana mengatasi iPhone yang terendam air.

Apa yang Harus Dilakukan Jika iPhone Terkena Air dan Basah?

Untuk yang pertama harus dilakukan adalah dengan mengeluarkan air yang ada di iPhone kamu dengan cara lap dengan tisu atau kain kering.

Jika iPhone kamu dalam keadaan terpasang dengan kabel USB iPhone maka segera lepas dengan pelan-pelan. Jangan hidupkan iPhone-nya dikhawatirkan arus hubung pendek yang dapat menyebabkan kerusakan pada hardware.

Jika kamu menggunakan casing, lepas casing-nya terlebih dahulu dan jangan lupa untuk melepas SIM card yang ada di iPhone. Cara lepas SIM card bisa lihat disini.

Lap iPhone dan semua komponen yang sudah dilepas dengan tisu atau kain yang lembut. Bolak-balik iPhone agar air dapat terkeluar dari lubang-lubang socket iPhone yang ada.

Baca juga:

Apakah iPhone Bisa Terkena Virus? Berikut Penjelasannya

iPhone yang Basah Harus dalam Keadaan Mati

Dalam keadaan basah, kamu harus menonaktifkan iPhonemu karena seperti yang sudah disinggung diatas ini akan menyebabkan hubungan arus pendek dan dapat membuat kerusakan pada jangka panjang.

Baca Juga:  10 Game iPhone Gratis Terbaik (Maret 2019)

Jangan mencoba hidupkan iPhone jika iPhone-mu sudah dalam keadaan mati. Kita tidak mau mengambil resiko seperti yang sudah disebutkan bukan?

Jika iPhone-mu masih menyala, kamu bisa matikan secara langsung atau membiarkannya hingga pada sleep mode. Saya lebih menyarankan opsi pertama karena opsi kedua anda harus pastikan jika tidak ada notifikasi yang masuk pada sleep mode dan menurut saya ini hal yang sulit untuk dilakukan.

Cara Pertama, Mengeringkan iPhone dengan Beras

Yap, ini sedang tidak bercanda. Kamu dapat mengeringkan iPhone yang basah terkena air dengan beras karena beras dapat menyerap air dengan cepat dan efektif hingga ke komponen-komponen terdalam iPhone kamu.

Jangan gunakan hair dryer karena ini dapat menyebabkan komponen-komponen terdalam iPhone menjadi rusak.

Untuk cara penggunaan beras, kamu dapat menaruh beras kedalam mangkok lalu mengubur iPhone mu dalam keadaan mati dan diamkan hingga 48 jam atau lebih. Kamu biasa menyesuaikan ukuran mangkok jika kamu ingin mengeringkan iPad yang terkena air.

Saya yakin kita tidak kesusahan dengan cara yang satu ini dikarenakan masing-masing rumah terlebih kita tinggal di Indonesia terdapat beras dirumahnya. Pastikan kamu meminta izin kepada ibu atau istri untuk meminjam beras yang ada di rumah ya 🙂

Baca juga:

Cara Screenshot Panjang iPhone Tanpa Aplikasi

Cara Kedua, Memperbaiki iPhone Terkena Air dan Rusak dengan Silica Gel

Cara yang satu ini juga tidak kalah efektif dengan cara diatas. Silica gel mudah kita temukan di kotak-kotak produk semisal produk elektronik atau jika kamu belum memilikinya, kamu dapat membelinya di marketplace. Beli dalam jumlah yang cukup untuk mendapatkan harga yang murah tentunya dan bisa sebagai cadangan jika kedepannya iPhone kita terkena air kembali.

Silica gel dapat mengeringkan dan menyerap air yang ada di iPhone kamu hingga ke bagian komponen-komponen terdalamnya. Sama seperti cara pertama diatas, jika iPhone mu sudah ditutupi dengan silica gel maka diamkan atau tinggalkan selama 48 jam atau lebih. Mungkin menggunakan silica gel lebih masuk akal di pikiranmu namun saya pribadi lebih senang dengan cara mengeringkan dengan beras karena saya sudah mencobanya secara langsung.

Baca Juga:  Cara Menghilangkan Tombol Mikrofon pada Keyboard iPhone atau iPad Anda

Langkah Selanjutnya

Setelah kamu menunggu hingga 48 jam atau lebih dan kamu yakin iPhone mu telah kering dengan baik maka kini kamu dapat mencoba untuk menghidupkan iPhone mu kembali. Alhamdulillah jika iPhone kamu telah normal kembali, jika tidak maka biasanya iPhone memiliki yang dinamakan internal liquid detectors yang mendeteksi masih adanya liquid atau cairan di dalam iPhone kamu.

Kecil sekali kemungkinan iPhone kamu masih rusak dengan 2 cara diatas. Mungkin dalam satu kasus yang parah seperti iPhone yang jatuh dalam kolam renang dapat menyebabkan umur baterai yang lebih singkat dalam jangka panjang.

Jika iPhone kamu masih terdapat error dan menyebabkan iPhone-nya tidak berfungsi dengan baik maka saya sarankan kamu dapat membawanya ke Service Center khusus produk Apple terdekat.

Apakah Casing Waterproof atau Casing Anti Air Diperlukan?

Setelah kamu mengetahui bagaimana cara memperbaiki iPhone yang kerendam air, nah sebagai langkah pencegahan kamu dapat memasang casing waterproof pada iPhone.

Pengguna iPhone yang sering menggunakan iPhone nya didekat air seperti saat kamu memotret di pantai, main games di kamar mandi atau menaruh iPhone di wastafel maka kamu membutuhkan casing waterproof.

Jadi perlu atau tidaknya, kembali ke situasi dan kondisi masing-masing orang.

iPhone 7 hingga iPhone XR mampu bertahan pada air dengan ketinggian mencapai 1 meter dalam waktu 30 menit. Sedangkan iPhone XS dan XS Max mampu bertahan pada air dengan ketinggian mencapai 2 meter.

Cara Mengeluarkan Air atau Liquid dari Speaker iPhone

Untuk kamu yang memiliki iPhone 7 keatas yang tahan terhadap air atau water-resistant, tetap saja air atau liquid dapat masuk ke speaker iPhone kamu dan membuat iPhone tidak mengeluarkan suara dengan nyaring dan jelas.

Permasalahan diatas dapat diatasi dengan cara mudah yakni kamu hanya perlu men-download dan men-install aplikasi gratis bernama Sonic. Aplikasi ini akan “memaksa” iPhone untuk mengeluarkan air yang ada pada dalam speaker.

Demikian tutoriall singkat kali ini, jika masih ada yang belum kamu pahami silakan sampaikan di kolom komentar dibawah. Sekian dan terima kasih.

Baca Juga:  Panduan Tips Ganti Foto Profil YouTube di HP dan PC, Gak Pake Ribet!

Baca juga:

Tips Agar Baterai iPhone Awet Bisa Tahan Lama

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here