Cara Memotong Video di iPhone untuk Instagram Stories

0
561
cara menggunakan cut story

Cara Memotong Video di iPhone untuk Instagram Stories – Siapa sih di zaman ini yang tidak mempunyai akun Instagram terkhusus bagi anak muda? Entah apapun tujuan anda memiliki akun Instagram yang jelas saya harap anda dapat memposting foto atau video berkaitan dengan hal-hal yang positif seperti video inspirasi, ceramah yang tidak menyesatkan, tutorial dan sebagainya, jangan kita malah menjadi pelopor peng-upload konten yang menebarkan kebencian berupa hoax dan ujaran kebencian. Dikarenakan konten atau isi post di media sosial pada saat ini lebih cepat memengaruhi pada diri seseorang dibandingkan media-media lainnya di sekitar kita.

Permasalahan yang Ada

Salah satu tren di Instagram sekarang adalah memotong video-video yang berdurasi panjang kedalam beberapa bentuk video di Instagram Stories atau biasa yang akrab disebut Insta Story. Pada Insta Story batas anda meng-upload video adalah video yang berdurasi maksimal 15 detik. Dengan durasi yang singkat seperti itu saya rasa anda akan setuju dengan saya, bahwa inti atau makna dari video tersebut tidak akan sampai dengan baik kepada para penonton. Sangat menyenangkan bukan jika kita dapat mengekspresikan diri kita dengan video panjang yang berkelanjutan pada Insta Story akun kita? Asal kita tahu cara yang tepat untuk memotongnya.

Baca juga :

Aplikasi Apa yang Dipakai?

Sebenarnya ada banyak sekali aplikasi yang bisa digunakan untuk mengedit dan memotong video namun aplikasi-aplikasi tersebut menurut saya terlalu kompleks dan rumit untuk satu tujuan yang simple. Untuk mempermudah teman-teman, saya akan memberitahukan kepada anda aplikasi yang memang ditujukan untuk keperluan kita yang kita bahas pada kesempatan ini yakni memasukan video berdurasi panjang atau lebih dari 15 detik ke Instagram Story kita.

Nah jangan khawatir teman-teman, untuk mengatasi masalah tersebut, kini ada dua aplikasi yang dapat menjawab permasalahan tersebut. Pertama ada CutStory dari LLC Sport Star Management dan yang Kedua adalah Video Cut for Instagram Story buatan David Grigoryan. Kedua aplikasi ini merupakan aplikasi yang gratis untuk anda download dan tersedia di App Store Indonesia.

Cara Pertama dengan Aplikasi CutStory

Cara Memotong Video di iPhone untuk Instagram Stories

Untuk menginstall aplikasi ini, silahkan buka App Store di iPhone anda atau link ini untuk mendownload aplikasi CutStory terlebih dahulu. Jika sudah di download dan install, Untuk memotong video berdurasi panjang bisa anda ikuti cara berikut :

Buka aplikasi CutStory Video lalu pilih video anda yang berdurasi panjang, pada halaman selanjutnya, ada fitur-fitur yang bisa anda tambahkan pada video anda, seperti merubah layout, menambah backsound, menghapus Watermark dari CutStory, menambah stickers, logo, teks dll. Jika anda sudah selesai meng-edit atau melewati fitur-fitur yang ada, bisa langsung saja menekan tombol save video yang terdapat pada ujung kanan bawah

Selanjutnya anda akan dihadapkan dengan banyaknya tujuan sosial media seperti Facebook, WhatsApp, IG TV dan sebagainya yang bisa anda pilih, karena kali ini kita sedang membahas platform Instagram Story maka pilih opsi Instagram dan hasil potongan video bisa anda lhat di Photos iPhone anda.

Cara Memotong Video di iPhone untuk Instagram Stories

Cara Memotong Video di iPhone untuk Instagram Stories

Untuk versi gratis, watermark dari CutStory tidak bisa dihilangkan(anda perlu membayar Rp 15.000 untuk menghapusnya) dan ada beberapa fitur yang terbuka hanya untuk pengguna premium. Akan tetapi tujuan anda memotong video untuk muat di Instagram Story sudah tercapai bukan?? 🙂

Yuk simak juga :

Cara Kedua dengan Aplikasi Video Cut for Instagram Story

Cara Memotong Video di iPhone untuk Instagram Stories

Tidak jauh beda dengan aplikasi yang sudah saya sebutkan sebelumnya, namun sebagian besar dari anda, saya yakin akan lebih memilih aplikasi yang satu ini yaitu Video Cut For Instagram Story, aplikasi ini merupakan cara yang cepat untuk memotong sebuah video di Iphone anda untuk di upload Instagram Story tanpa ada watermark sama sekali. Anda bisa melalakukannya dengan cara seperti berikut :

Download Video Cut For Instagram Story yang ada di App Store lalu Install. Kemudian buka aplikasi Video Cut For Instagram Story(jika di halaman home, anda akan menemukannya dengan nama Video Slice) > Video 

Cara Memotong Video di iPhone untuk Instagram Stories

Lalu pilih video yang anda mau potong, pada halaman selanjutnya anda bisa menambahkan backsound namun fitur ini tidak gratis, Pada opsi “Select export type” pastikan anda memilih Instagram(15s). Jika sudah, tekan “Save” yang ada di pojok kanan atas.

Cara Memotong Video di iPhone untuk Instagram Stories

Tunggu proses edit video anda hingga selesai, untuk detail proses pemotongan video, anda bisa melihat gambar yang ada dibawah :

Cara Memotong Video di iPhone untuk Instagram Stories

Jika proses sudah selesai anda akan melihat kotak konfirmasi sukses, lalu anda bisa mengecek di menu Photos iPhone anda kini sudah terdapat potongan-potongan video yang siap untuk anda upload ke akun Instagram Story anda.

Jadi bagaimana? Apakah anda lebih memilih aplikasi CutStory atau Video Cut For Instagram Story?

Demikianlah pembahasan kita kali ini mengenai Cara Memotong Video di iPhone untuk Instagram Stories, apabila anda menemukan kendala silakan beritahu saya di kolom komentar dibawah yaaSilakan teman-teman bisa share juga aplikasi lainnya yang teman-teman gunakan untuk mengedit video. Semoga blog sederhana ini bisa memberi manfaat kepada anda. Sekian dan terima kasih.

Artikel lainnya :

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here