Cara Memilih Semangka yang Manis Sempurna

0
84
cara memilih semangka yang merah

Cara Memilih Semangka yang Manis Sempurna – Semangka merupakan buah favorit banyak orang yang cocok sekali bila disantap pada saat cuaca panas di luar hari. Anda akan langsung merasakan kesegaran dari buah ini karena kandungan airnya yang mencapai 92%. Dengan kandungan air sebanyak itu pantas saja setelah memakan beberapa semangka, maka perut kita terasa penuh.

Ada beberapa tips yang bisa kamu coba jika ingin mendapatkan semangka yang manis dan merah sempurna agar semakin terasa mantap rasanya. Pada kesempatan kali ini kita akan bahas ciri-ciri buah semangka yang benar-benar bagus.

Setidaknya saya harap setelah membaca artikel singkat ini, teman-teman bisa mendapatkan gambaran mengenai buah semangka yang enak dan berkualitas tanpa harus menanyakan lagi ke penjual buahnya.

Manfaat buah semangka untuk kesehatan diantara lainnya adalah sumber vitamin C, membantu ibu hamil mendapatkan nutrisi yang baik, mencegah dehidrasi, memperbaiki kualitas sperma pria, mencegah kerusakan sel tubuh, hingga mencegah penyakit beresiko seperti kanker.

Baca juga:

10 Buah yang Baik Untuk Anak yang Baru Mulai Makan

Cara Memilih Semangka yang Manis, Matang dan Segar

Mumpung masih musim panas di Indonesia, Yuk kita langsung cek cara memilihnya!

1. Tangkai Kering adalah Tanda Utama Semangka yang Matang

Hal pertama yang kamu lihat adalah bagian atas dari semangka yaitu tangkainya. Apabila kamu sedang mencari semangka yang manis sempurna, carilah yang tangkainya terlihat kering dan seperti mau lepas dari buahnya. Jangan memilih tangkai semangka yang masih berwarna hijau karena ini artinya semangka tersebut belum terlalu matang dan terlalu cepat dipanen.

2. Lihat Warna Jaring yang Melekat pada Kulit Semangka

Jangan buru-buru menyimpulkan semangka tersebut manis dan segar sebelum melihat tanda yang satu ini. Warna coklat pada jaring menandakan semangka yang lagi kamu amati rasanya manis.

Baca Juga:  Ada Kendala BLT Tenaga Kerja? Inilah Nomor Call Center BPJS Ketenagakerjaan Yang Bisa Dihubungi

Adanya jaring yang berwarna coklat pada buah semangka menandakan banyaknya penyerbukan lebah yang telah terjadi yang membuat rasa semangka tersebut menjadi manis. Jaring yang berwarna putih yang bentuknya menyerupai laba-laba menandakan semangka tidak terlalu manis.

Baca juga:

Tips Berkebun di Rumah: dari Sekedar Hobi hingga Raup Ratusan Juta

3. Semangka yang Tidak Matang Ditandai dengan Adanya Bercak-bercak Putih

Bercak putih erat kaitannya dengan ciri-ciri semangka yang kurang mendapat cahaya matahari. Semangka yang belum matang sudah jelas tidak terasa manisnya. Sebaliknya jika bercak pada semangka berwarna kuning, ini menandakan semangka yang sedang kamu amati rasanya manis dan tingkat kematangannya sangatlah baik.

4. Ukuran yang Pas adalah Ukuran yang Terbaik

Semangka yang tidak terlalu kecil dan juga tidak terlalu besar akan memiliki kepadatan daging buah yang baik. Jika semangka terlalu besar dikhawatirkan isi daging buah tidak sebandingkan dengan ukuran semangkanya. Sebaliknya, jika kamu memilih semangka yang terlalu kecil isi daging buahnya biasanya sedikit pula.

5. Ketuk Semangka dan Cari yang Daging Buahnya Padat

Tips terakhir untuk mencari semangka yang berkuliatas adalah dengan cara mengetuk permukaan semangka. Semangka yang baik atau matang secara sempurna memiliki suara berat dan terasa penuh. Sedangkan semangka yang masih muda alias belum matang dengan baik akan mengeluarkan suara lebih nyaring dan juga terasa ringan.

Demikianlah tips-tips yang bisa saya berikan untuk kamu yang sekarang mungkin ingin sekali memakan buah semangka. Sekian dan terima kasih.

Baca juga:

Konsumsi Greek Yogurt Khusus Jika Kamu Ingin Sehat

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here