Cara Memilih Melon yang Manis dan Segar serta Berkualitas

0
80
Cara Memilih Melon yang Matang

Cara Memilih Melon yang Manis dan Segar serta Berkualitas – Melon merupakan salah satu buah segar yang kaya akan manfaat terlebih buah ini sering kita temukan pada campuran semangkuk es buah yang begitu menyegarkan. Jika dibandingkan dengan buah semangka dan kelapa untuk melihat ciri-ciri buahnya matang atau tidak, melon tergolong lebih sulit dikarenakan kulitnya yang lebih tebal dan keras.

Pada kesempatan kali ini, idearmanto.com akan memberikan tips-tips kepada kamu agar bisa memilih melon dengan tingkat kemanisan yang baik.

Oh ya sebelumnya apakah kamu tahu apa saja manfaat dari buah melon? Melon dapat dikonsumsi sebagai pencegah hipertensi karena kandungan natrium yang rendah dan kalium yang tinggi. Buah melon mengandung banyak vitamin A yang sangat baik untuk mata kita jika kita dapat mengkonsumsinya secara rutin. Kandungan serat pada melon membantu sistem pencernaan kamu agar berfungsi dengan baik dan bekerja lebih efektif.

Melon juga dipercaya sebagai buah pencegah penyakit kanker, kandungan karotenoid pada melon disebutkan mampu mencegah pertumbuhan sel-sel kanker yang berdampak buruk untuk tubuh. Bagi ibu hamil buah melon dapat membantu memenuhi asupan vitamin dan mineral.

Baca juga:

Cara Memilih Semangka yang Manis Sempurna

Cara Memilih Melon yang Manis dan Matang serta Berkualitas

Pada kondisi yang tidak menentu seperti ini dimana kita sangat butuh pada nutrisi yang baik, Yuk kita langsung cek cara memilihnya agar semakin mantap menyantapnya!

1. Permukaan Kulit Melon yang Dipilih Haruslah Mulus

Tips pertama yang bisa kamu pakai adalah memperhatika permukaan kulit buah melon apakah terdapat memar atau retak karena bentuk seperti itu menandakan melon tersebut bukanlah melon yang berkualitas.

Baca Juga:  Cara Memilih Semangka yang Manis Sempurna

2. Perhatikan Warna Kulit Melon

Melon yang manis dan matang memiliki warna kuning pucat atau sedikit kusam. Jika warnanya terlalu terang atau terlalu hijau maka sebaiknya kamu tinggalkan karena ini menandakan melon yang sedang kamu lihat tidaklah matang.

Selain itu, jaring kulit pada melon juga bisa menjadi acuan. Melon yang berkualitas memiliki jaring kulit tebal dan tidak sedikit serta warna pada jaring kulit tersebut agak kuning.

3. Ukuran Melon yang Besar dan Berat adalah Pilihan Terbaik Kamu

Melon yang segar memiliki kandungan air yang banyak, melon yang berat ketika diangkat maka pertanda bahwa melon tersebut manis. Melon yang berbentuk sedikit oval juga bisa kamu jadikan barometer untuk memilih melon. Kamu bisa bandingkan beberapa melon dengan mengangkatnya, lalu mengetahui melon mana yang paling berat.

4. Ketuk dan Dengarkan Bunyi yang Dihasilkan Melon

Melon yang pas rasanya bila diketuk permukaan kulitnya akan menghasilkan suara yang berat dan terasa penuh, sebaliknya jika terasa ringan dan bunyi yang dihasilkan terlalu nyaring maka melon tersebut belum terlalu matang.

5. Cium Aroma pada Buah Melon

Salah satu ciri-ciri yang mudah untuk mengenali melon yang matang adalah dengan mencium aromanya. Aroma manis gas alami akan tercium dari buah yang matang tanpa kamu harus membelahnya.

6. Goyangkan Melon untuk Mengetahui Dalamnya Buah

Melon yang matang memiliki biji yang mudah jatuh didalamnya jika kamu menggoyang-goyangkannya dan tipe melon yang kamu pilih adalah bagian dalam buah terasa bergerak setelah kamu menggoyangkannya.

7. Perhatikan Bagian Tangkai Melon

Melon yang memiliki daging buah yang manis mempunyai pola jaring kulit yang padat dan banyak serta polanya yang menurun.

Demikianlah Cara Memilih Melon yang Manis dan Segar, semoga teman-teman dapat dengan mudah memahaminya. Sekian dan terima kasih.

Baca juga:

10 Buah yang Baik Untuk Anak yang Baru Mulai Makan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here