Cara Memilih Franchise yang Tepat Bagi Pemula

0
53
Cara Memilih Franchise yang Tepat Bagi Pemula

Cara Memilih Franchise yang Tepat Bagi Pemula – Disaat situasi yang tidak menentu seperti saat ini, banyak orang memiliki niatan untuk memulai usaha. Bagi yang belum berpengalaman dalam berbisnis atau bagi yang sudah lama menekuni bisnis, salah satu model bisnis yang paling menarik perhatian adalah bisnis waralaba atau biasa kita sebut dengan bisnis franchise.

Bagi teman-teman yang masih kebingungan dengan memulai bisnis dari dasar atau dari nol maka tidak ada salahnya untuk memilih bisnis franchise dikarenakan kamu dapat lebih menghemat waktu dibandingkan harus memikirkan konsep usaha dan mencoba formula-formula yang belum tentu membuat usaha kamu bisa berkembang.

Pada umumnya apabila suatu franchise tersebut memiliki reputasi yang baik, sebelum kamu memutuskan untuk menjadi partner mereka maka mereka akan memberikan gambaran modal yang jelas serta konsep laba yang dapat diperhitungkan dengan baik.

Meskipun terlihat sangat menggiurkan, namun kamu jangan terburu-buru untuk langsung memilih dan membuka bisnis franchise sebelum mengetahui beberapa cara atau ketentuan dalam memilih franchise yang yang ideal. Yuk disimak beberapa tips yang bisa kamu terapkan sebelum berbisnis.

Cara Memilih Franchise yang Tepat Agar Tidak Salah Langkah

1. Temukan Passion Kamu dan Cocokan dengan Bisnis Franchise-nya

Menjalankan bisnis sesuai dengan minat dan bidang kamu adalah salah satu cara agar kamu dapat terus termotivasi untuk memberikan semua kemampuanmu pada bisnis franchise yang kamu pilih. Jika kamu memiliki minat di bidang kuliner maka kamu dapat memilih makanan atau minuman yang sudah terkenal atau favorit dan belum ada yang buka usaha tersebut di daerahmu. Untuk bidang kuliner, kamu memiliki banyak pilihan bisnis franchise karena rata-rata franchise kuliner tersedia dari beragam kisaran harga.

Baca Juga:  7 Ide Bisnis Rumahan 2020 yang Sudah Sepatutnya Anda Coba!

Salah satu keuntungan berbisnis dengan apa yang kamu sukai adalah kamu akan bahagia untuk menjalaninya dan kesulitan-kesulitan yang akan kamu hadapi nantinya akan bisa lebih kamu tolerir.

2. Cari Apa yang Dibutuhkan Market

Selain kamu mengetahui passion kamu, langkah selanjutnya adalah kamu cari benar-benar produk apa yang dibutuhkan oleh pasar atau masyarakat. Jika kamu bisa menjawab permasalahan atau memenuhi kebutuhan masyarakat dengan produk yang akan kamu jual, maka kemungkinan besar bisnis franchise kamu akan lebih cepat untuk berkembang.

Pada umumnya bisnis franchise yang bisa kamu pilih untuk menjawab kebutuhan masyarakat adalah swalayan, apotek, atau warung makan di dekat daerah perkantoran. Untuk bidang makanan dan minuman atau fesyen, peluangnya memang besar namun kamu perlu ingat bahwa bisnis di bidang tersebut lebih banyak saingannya dibandingkan bidang lain.

3. Perhatikan Franchise yang Membuat Orang Rela Antri

Saya yakin sebagian besar dari kita sering melihat antrian panjang untuk suatu makanan atau minuman, Nah ada baiknya kamu kumpulkan info mengenai bisnis franchise yang mereka jalani. Hal yang harus menjadi perhatian kamu adalah kamu harus mengetahui dengan seksama bahwa bisnis franchise tersebut benar-benar masih diminati konsumen dalam jangka waktu panjang.

4. Siapkan Modal baik Pengetahuan dan Uang

Lihatlah tabungan kamu dengan baik yang dapat kamu jadikan sebagi modal usahamu. Kamu juga bisa lihat barang-barang yang kamu miliki dan sudah tidak terpakai, kamu bisa menjual nya sebagai tambahan dana untuk usahamu.

Modal paling utama yang perlu kamu siapkan adalah pengetahuanmu mengenai bisnis franchise yang akan kamu jalani serta mental mu harus bisa lebih kuat untuk menghadapi rintangan-rintangan yang ada.

Jika kamu sudah menghitung semua modal yang ada, kamu dapat menyesuaikan modalmu dengan bisnis franchise yang sesuai.

5. Sepakati untuk Membuka di Lokasi yang Ramai

Semakin ramai tempat dimana kamu membuka bisnis franchise kamu maka semakin mudah ditemukan orang-orang. Dalam mencari lokasi yang strategis, kamu juga harus perhatikan saingan disekitar tempat yang kamu sepakati. Kita ingin bisnis kita berjalan dalam waktu jangka panjang sehingga ada baiknya kamu survey dengan baik peluang perkembangan usaha yang ada di area tersebut.

Baca Juga:  10 Daftar Franchise di Bawah Rp 5 Juta di Tahun 2020

6. Carilah Background Bisnis Franchise yang Kuat

Pemegang franchise yang kamu pilih hendaknya memiliki reputasi yang baik terhadap bisnis yang dia jalani. Jangan sampai kamu hanya tergiur dengan bisnis franchise murah namun belum ada reputasi atau reputasinya jelek. Manfaatkan sosial media dan mesin pencari seperti Google untuk mempelajari profile dari usaha atau pemilik usaha yang menawarkan bisnis franchise.

7. Kontrak Kerja Sama Harus Jelas dan Dipahami oleh Kedua Belah Pihak

Semua perjanjian harus dibaca dengan teliti, syarat kontrak kerja sama yang baik adalah dapat memenuhi beberapa ketentuan dan syarat seperti hak dan kewajiban kedua belah pihak, pelatihan dan promosi, biaya franchise, rentang waktu kontrak franchise, langkah penyelesaian masalah jika terjadi perselisihan, dsb.

Demikian beberapa tips yang bisa jadi acuan kamu untuk memilih franchise yang tepat. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

Baca juga:

Peluang Bisnis Rumahan Usaha Souvenir Pernikahan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here