Tips Dan Cara Memelihara Kelinci dengan Tepat dan Benar

0
256
Cara Memelihara Kelinci

Tips Dan Cara Memelihara Kelinci – Kelinci adalah salah satu hewan menggemaskan terutama bagi anak-anak. Namun tak semua orang tahu Cara Memelihara Kelinci yang benar. Lantas bagaimana cara yang benar dalam memelihara kelinci itu? Apa saja yang mesti dikerjakan supaya kelinci tetap sehat dan tidak mati sebab seringnya kelinci itu gampang mati? Berikut ini yang mesti anda dilakukan dalam memelihara kelinci :

1. Memberikan Makanan yang Pas

Makanan favorit kelinci adalah sayuran maupun umbi-umbian semacam kangkung, sawi, wortel, daun ketela rambat, kol dan lainnya. Pada kelinci berumur muda, anda boleh memberikan daun sawi saja sebab jenis sayuran ini memiliki kandungan air yang tinggi dengan begitu anda tak mesti memberikan minum juga. Kebanyakan kelinci mati pada umur muda gara-gara keliru ketika memberi minum.

Mereka yang tidak begitu paham teknik memberi minum yaitu dengan memegang kepala kelinci kemudian didorong dalam wadah minuman dengan tujuan supaya kelinci mau minum. Cara semacam itu dapat berakhir fatal untuk kelinci, sebab air minum bisa saja terhirup kelinci lewat hidung dan mengakibatkan kelinci terkena flu dan kemudian mati.

2. Rutin Membersihkan Kandang

Kendati kelinci senang dengan kandang yang sejuk namun ia tak menyukai tempat lembab apakah itu lantaran kencingnya sendiri maupun kotorannya. Apabila hal tersebut didiamkan saja maka kelinci bakal stres kemudian mati. Hendaknya anda rutin membuang sisa pangan yang tersisa dalam kandang.

Baca juga:

3. Tidak Boleh Sering-Sering Dipegang

Boleh boleh saja memegang kelinci asal dengan cara yang benar. Cara salah contohnya mengangkat kelinci dengan memegang kedua telinganya. Kebiasaan tersebut lumrah dilakukan sekalipun dapat mengakibatkan stres gara gara ketakutan yang akhirnya mati. Cara itu hanya boleh pada kelinci dewasa dan sudah akrab dengan lingkungan sekitar.

4. Memelihara Setidaknya Sepasang Kelinci

Memelihara cuma seekor kelinci lebih beresiko mati sebab kelinci tak memiliki teman yang akibatnya menjadikannya stres. Lebih-lebih kalau kelinci diletakkan pada daerah terbuka dan sering dipegang. Lain halnya apabila terdapat 2 ekor kelinci dan diletakkan pada kandung yang sama, biasanya kelinci terlihat senang. Untuk informasi tambahan anda bisa mengunjungi situs kelincipedia.com sebagai referensi lainnya.

Cara Memelihara Kelinci sebenarnya tak begitu rumit, hanya perlu ketekunan dan kesabaran dalam merawatnya. Cukup dengan 4 langkah di atas dan kelinci yang anda pelihara akan tumbuh dengan sehat.

Artikel lainnya:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here