Cara Membuat Kartu Nama dengan Mudah Menggunakan Microsoft Word

0
181
Cara Membuat Kartu Nama dengan Mudah Menggunakan Microsoft Word

Idearmanto.com – Biasanya, untuk membuat kartu nama, seseorang atau sebuah instansi mempercayakannya pada penyedia jasa digital desain. Padahal, ada 2 cara membuat kartu nama di Microsoft Word dengan mudah yang dapat dipraktekkan oleh siapa saja. Di bawah ini merupakan tutorial cara pembuatan kartu nama dengan memanfaatkan aplikasi Word pada laptop tanpa perlu menggunakan aplikasi tambahan lain.

Gunakan Fitur Table

Cara pertama untuk membuat kartu nama menggunakan Microsoft Word adalah dengan memanfaatkan fitur ‘Table’ atau yang berarti tabel dalam Bahasa.  Proses pembuatannya sangat mudah, berikut tahapannya :

  1. Pertama, klik lalu jalankan aplikasi Microsoft Word pada PC Anda.
  2. Selanjutnya, klik tab ‘Insert’ yang berada di deretan atas tab, tepat di samping ‘Home’. Setelah itu klik opsi ‘Table’.Cara Membuat Kartu Nama dengan Mudah Menggunakan Microsoft Word
  3. Setelah itu, akan muncul baris ‘Insert table’ di mana Anda akan diminta untuk menentukan jumlah baris dan kolom sesuai jumlah kartu nama yang Anda butuhkan. Geser saja pointer mouse sampai mendapatkan jumlah yang dikehendaki, lalu klik. Deretan baris dan kolom tersebut seketika akan muncul pada lembar kerja Microsoft Word Anda.
  4. Kemudian, Anda cukup menyesuaikan ukuran dari tabel tersebut kira-kira sesuai ukuran kartu nama pada umumnya.
  5. Isikan data yang ingin Anda sertakan pada kartu nama tersebut, biasanya nama, nomor kontak, dan profesi yang digeluti.Cara Membuat Kartu Nama dengan Mudah Menggunakan Microsoft Word
  6. Bila Anda ingin tampilan kartu nama Anda lebih cantik, Anda dapat menambahkan item lain seperti gambar atau ikon. Caranya adalah dengan masuk kembali ke tab ‘Insert’, kali ini pilih opsi ‘Picture’, ‘Clip Art’, atau lainnya sesuai selera Anda. Item akan segera ditambahkan pada tabel kartu nama kreasi Anda.
  7. Anda bisa mengotak-atik sendiri hingga menemukan desain yang memuaskan, kemudian lakukan copy paste hingga semua kolom tabel terpenuhi.
  8. Selanjutnya, simpan desain kartu nama dengan langsung klik ikon disk di pojok kiri atas lembar kerja atau melalui klik tab ‘File’ 🡪 ‘Save’, sehingga Anda bisa menyimpan fail dengan nama yang diinginkan.

Baca juga:

Memanfaatkan Fitur Template

Cara lain membuat kartu nama di Microsoft Word dengan mudah adalah dengan memakai fitur ‘Template’. Cara yang terakhir ini agak sedikit rumit tapi dapat menghasilkan desain yang lebih cantik dibandingkan metode pertama menggunakan ‘Table’. Berikut tahapan pembuatannya :

  1. Sekali lagi, buka dan operasikan aplikasi Microsoft Word. Selanjutnya, klik tab ‘File’ pada baris kedua di sudut kiri atas lembar.Cara Membuat Kartu Nama dengan Mudah Menggunakan Microsoft Word
  2. Klik opsi ‘New’, maka akan muncul pilihan berbagai pilihan model template. Pilih lembar template yang bertuliskan ‘Business Cards’.Cara Membuat Kartu Nama dengan Mudah Menggunakan Microsoft Word
  3. Jika Anda memilih opsi tersebut, maka selanjutkan Anda akan ditawarkan ratusan alternatif desain kartu nama yang cantik dan unik. Anda tinggal memilih desain mana yang sesuai dengan keinginan. Ada yang otomatis ditambahkan pada lembar kerja Word, tetapi sebagian harus diunduh terlebih dahulu untuk bisa diaplikasikan.Cara Membuat Kartu Nama dengan Mudah Menggunakan Microsoft Word
  4. Setelah template ditambahkan, Anda perlu mengatur ukuran kartu nama, kemudian mengubah isinya sesuai dengan identitas Anda atau pihak yang Anda buatkan kartu namanya.Cara Membuat Kartu Nama dengan Mudah Menggunakan Microsoft Word
  5. Terakhir, Anda hanya perlu menyimpan arsip desain kartu nama tersebut dan mencetaknya bila diperlukan atau membagikannya secara digital.

Jika masing-masing tahap dilakukan dengan benar, maka Anda dengan mudah dapat memiliki kartu nama dalam waktu singkat. Jadi, di antara 2 cara membuat kartu nama di Microsoft Word dengan mudah di atas, mana yang lebih dapat memenuhi ekspektasi Anda? Saya harap teman-teman dapat menggunakan Microsoft Word yang asli karena harganya sudah sangat miring sekali saat ini. Anda bisa cek Tokopedia dan Shopee untuk membelinya.

Demikian informasi yang dapat disampaikan, Sekian dan terima kasih.

Artikel lainnya:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here