Pemula Pasti Bisa! Berikut Cara Membuat Channel YouTube

0
241
cara membuat channel youtube

Idearmanto.com – Di era modern seperti saat ini, hampir semua tentu mengetahui tentang YouTube dan bahkan memiliki akunnya. YouTube merupakan sebuah situs web berbagi video yang dibuat pada Februari 2005. Perusahaan YouTube berkantor pusat di San Bruno, negara bagian California, dan menggunakan teknologi Adobe Flash Video dan HTML5.

Setahun setelah kelahirannya, tepatnya pada November 2006, Google membeli saham YouTube dengan nilai US$1,65 miliar dan resmi beroperasi sebagai anak perusahaan Google.

Yuk cek artikel lainnya :

YouTube didirikan oleh tiga mantan karyawan Paypal yaitu Chad Hurley, Steve Chen, dan Jawed Karim. Hurley merupakan mahasiswa desain di Indiana University of Pennsylvania, sedangkan Chen dan Karim menempuh jurusan ilmu komputer di University of Illinois at Urbana-Champaign.

Hurley dan Chen mulai mengembangkan ide YouTube sekitar awal bulan di tahun 2005. Ide tersebut timbul setelah datang ke sebuah pesta, mereka berpikir tentang bagaimana metode pemasaran yang tepat dengan menciptakan cerita yah mudah dicerna oleh konsumen.

Diperkirakan bahwa pada tahun 2007 YouTube mengonsumsi pita lebar yang sama besarnya seperti seisi Internet tahun 2000. Video-video yang dianggap berisi konten ofensif hanya bisa ditonton oleh pengguna terdaftar berusia 18 tahun atau lebih. Penghasilan seorang youtuber terkenal juga terbilang tidak sedikit. Channel Youtube bisa Anda buat melalui android maupun laptop. Melalui Youtube kita bisa menonton bahkan mengunggah berbagai video.

Tidak hanya itu, Anda juga bisa membuat siaran langsung dengan Youtube. Youtube sendiri memiliki jutaan pengguna aktif, dan juga jutaan video baru yang diunggah setiap harinya.

Youtube telah banyak melahirkan ketenaran bagi banyak channel yang memiliki konten video yang digemari para penontonnya.

Tak heran jika sekarang ini banyak orang yang ingin sukses menjadi seorang Youtuber dengan mengandalkan kreatifitas mereka masing-masing.

Jika Anda ingin berbagi video di Youtube dan berkeinginan untuk menjadi seorang Youtuber atau konten kreator profesional.

Dengan adanya channel Youtube yang kita miliki, Anda bisa mengunduh berbagai video. Selain untuk mengunggah video, dengan menggunakan channel Youtube kita juga bisa membuat playlist, berkomentar, bahkan melakukan siaran langsung.

Youtube adalah salah satu anak perusahaan Google, sejak dibeli tahun 2006.

Awal Mula YouTube

Kantor pertamanya berlokasi BRI atas sebuah Pizzeria yang ada di dalam restoran Jepang di San Mateo, California. Domain www.youtube.com mulai bisa digunakan pada tanggal 14 Februari 2005 dan terus mengalami perkembangan di bulan-bulan berikutnya.

Sebagai informasi, video pertama yang diupload ke YouTube pada saat itu berjudul ‘Me at the zoo’ tepat pada tanggal 23 April 2005 d Adapunideo tersebut menampilkan salah seorang pendiri YouTube yaitu Jawed Karim di Dan Diego Zoo. Anda pun masih bisa melihat videonya hingga saat ini.

YouTube kini menjadi situs yang tidak dapat terpisahkan dari kehidupan manusia. Dengan berbagai fitur yang ditawarkan, youtube menawarkan beberapa kegunaan kepada penggunanya. Selain untuk mengunduh video, situs berbagi video yang satu ini juga memiliki banyak sekali manfaat diantaranya yaitu streaming, pemasaran melalui video, sebagai industri hiburan, branding, dan masih banyak lagi. Beragam manfaat itulah yang membuat masyarakat Indonesia banyak yang kepincut untuk menggunakannya.

Bahkan jumlah pengguna youtube di Indonesia kini telah mencapai 50 juta orang dan sekitar 1,5 miliar lebih pengguna dari seluruh dunia. Berdasarkan pernyataan google bahwa 57 persen pengguna YouTube mencari konten hiburan. Tak hanya itu web video yang satu ini perannya mulai menggantikan televisi yang sudah terlebih dahulu hadir ditengah-tengah kita. Apalagi akses internet di berbagai daerah kini semakin baik.

YouTube, dulunya hanya bisa diakses melalui PC karena smartphone belum terlalu berkembang pesat seperti sekarang. Namun saat ini, dengan bermodalkan android saja anda sudah bisa menggunakan youtube secara maksimal.

Yuk Simak 2 Cara Membuat Channel YouTube Sendiri Berikut Ini:

Cara Membuat Channel Youtube Terbaru di komputer :

  • Jangan lupa komputer yang akan Anda gunakan untuk membuat channel Youtube haruslah terhubung dengan internet.
  • Buat akun Google di accounts.google.com/signup. Untuk Anda yang sudah mempunyai akun google maka langkah ini bisa dilewati. Akun google disini akan Anda gunakan untuk login di Youtube.
  • Buka situs Youtube.com.
  • Masuk ke Youtube menggunakan akun yang dibuat tadi. Setelah berhasil masuk klik pada icon akun Youtube Anda. Setelah itu klik icon gear.

cara membuat channel youtube

cara membuat channel youtube

  • Selanjutnya akan muncul halaman dashboard. Di halaman inilah Anda akan membuat channel Youtube. Klik “Create Channel” atau “Buat Channel Baru“.
  • Selanjutnya silahkan klik Buat Channel Baru.

langkah membuat channel youtube

  • Beri nama Channel Youtube yang akan Anda buat. Jika sudah maka klik Buat.

cara membuat channel youtube

  • Selanjutnya Anda akan dibawa pada dashboard akun YouTube Anda. Dan Anda akan melihat bahwa semua masih kosong karena akun Anda yang masih baru. Sekarang Anda bisa klik tombol “Customize Channel”.
  • Channel Youtube berhasil dibuat.

Sekarang Anda bisa mengunduh berbagai video dengan mengklik tombol unggah. Jangan lupa untuk mengatur Sesuaikan Channel agar lebih menarik.

Tidak hanya menggunakan Laptop saja. Channel Youtube juga bisa Anda buat menggunakan smartphone Android.

Berikut cara membuat channel Youtube lewat Android :

  • Buka aplikasi Youtube yang ada pada smartphone Anda.
  • Login atau Sign in menggunakan akun Youtube ataupun akun google.
  • Lalu klik sign in.

  • Pilih akun yang akan Anda gunakan untuk membuat channel Youtube.
  • Setelah berhasil masuk.
  • Klik profil akun Anda.
  • Pilih opsi My Channel untuk memulai membuat Channel Youtube

  • Isi First Name dan Last Name sebagai nama dari channel Youtube yang akan Anda buat. Setelah itu klik Create Channel.
  • Selamat Channel Youtube berhasil Dibuat.

Anda bisa mulai mengunggah video ke channel tersebut. Kita juga bisa mengubah pengaturan channel yang telah kita buat tadi dengan menekan ikon gear.

Channel Youtube sendiri bisa menampung berbagai video yang Anda unggah. Namun beberapa Youtuber memilih untuk membuat beberapa channel sesuai dengan kategori videonya.

Beberapa orang menerapkan channel untuk mengkategorikan videonya. Yang menjadi tantangan adalah Anda akan membutuhkan lebih dari satu channel. Namun jangan khawatir, Anda dapat membuat beberapa channel dengan menggunakan satu akun Google.

Hal ini dimaksudkan agar channel lebih rapi dan lebih enak untuk dilihat.  Namun tenang untuk membuat channel baru Anda tidak perlu lagi membuat akun google atau akun Youtube baru.

Karena Anda bisa menggunakan satu akun google untuk membuat beberapa channel Youtube sekaligus.

Penutup

Bagaimana mudah bukan? Bahkan bisa dilakukan hanya modal android saja. Tak hanya itu, dari konten tersebut bisa menghasilkan pundi-pundi uang, tetapi anda diharuskan untuk rajin untuk membuat dan mengunggah konten video yang unik dan berkualitas ke channel youtube. Apakah benar dan bagaimana caranya? Semua akan saya bahas pada artikel berikutnya.

Baca juga :

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here