Cara Membedakan VGA dan HDMI yang Perlu Anda Tahu

0
164
Cara Membedakan VGA dan HDMI dengan mudah

Idearmanto.com – Membedakan VGA dan HDMI harus Anda ketahui dari sekarang, karena ini sangat penting terlebih jika Anda memiliki kesenangan mengedit video melalui PC. Ya perkembangan teknologi kini semakin berkembang dengan pesatnya, hal ini juga yang mendorong kita untuk terus belajar dengan teknologi-teknologi terbaru supaya tidak tertinggal.

Nah untuk Anda yang sering melakukan sebuah presentasi tentunya Anda sudah tidak asing lagi dengan proyektor. Biasanya proyektor ini dihubungkan dengan laptop yang menggunakan kabel penghubung. Jika Anda memakai laptop model lama tentunya disana Anda akan temukan sebuah port VGA.

Untuk Anda yang belum kenal apa itu VGA akan kami jelaskan sedikit, port VGA merupakan penghubung yang dapat mentransfer sebuah video visual dari perangkat elektronik satu ke perangkat elektronik lainnya. Ya itu sama seperti yang terjadi pada laptop dan proyektor. Prot VGA dapat bekerja untuk menampilkan sebuah gambar Video kedalam layar proyektor secara instan.

Jika Anda tahu, bahwa sekarang prot penghubung ini telah mengalami perubahan yang segnifikan berkat kemajuan teknologi saat ini. VGA saat ini telah di hentikan produksinya dan yang terbar sebagai penghubung ke perangkat elektronik seperti laptop menggunakan DisplayPort, DVI, dan juga kabel HDMI.

Baca juga:

Namun untuk masyarakat indonesia lebih cenderung menggunakan kabel VGA yang disambungkan ke PC atau laptop. Nah untuk saat ini kabel penghubung baru sudah dikenalkan setelah VGA hadir yaitu DVI yang memiliki fungsi sama namun dibekali dengan beberapa fitur tambahan lainnya. Selanjutnya produk setelah DVI adalah DisplayPort yang punya fungsi sama untuk mentrasfer gambar video ke layar proyektor.

Untuk yang paling terupdate setelah DisplayPort adalah HDMI dan ini juga memiliki fungsi yang sama. Meskipun sama fungsinya dengan VGA tetapi HDMI memiliki perbedaan yang mendasar. Hal yang membedakan antara HDMI dan VGA adalah terletak dari kesempurnaannya.

Hingga hari ini HDMI terus diproduksi secara masal untuk menggantikan VGA yang telah ada. Namun mengapa VGA wajib digantikan dengan HDMI? Temukan jawabannya melalui penjelasan yang kami tuliskan berikut ini.

Perbedaan VGA dan HDMI

VGA

Video Graphic Array atau memiliki singkatan yang sering kita ucapkan VGA. Untuk pertama kalinya VGA di perkenalkan pada tahun 1987 oleh IBM. Ini merupakan salah satu alat modern yang ditemukan pada waktu itu untuk penghubung antara PC, monitor, proyektor dan juga televisi. VGA bisa dikatakan sebagai kartu video atau video card. Nah fungsi dari port VGA sendiri yaitu pertama kalinya untuk mendisplay sebuah video dari device. Saat ini Anda juga masih bisa temukan port VGA di beberapa device edisi lama. Sedangkan untuk device edisi terbaru juga masih sertakan port didalamnya meskipun tidak terdapat di setiap merek.

VGA sendiri bisa di artikan sebagai interface (antarmuka analog) yang memiliki arti VGA dapat mentransfer data biru, merah, hijau, sync horizontal, sync vertical dalam bentuk sebuah gelombang analog. Konektor 15 pin adalah yang mengacu VG untuk menterjemakan sebuah Video serta audio.

HDMI

High Definition Multimedia Interface atau yang lebih dikenal kita sebagai HDMI. Pada tahun 2002 yang lalu HDMI diperkenalkan dan di buat oleh HDMI. Interface merupakan sebuah teknlogi terbaru dan paling akhir saat ini sebagai display video serta untuk multimedia lainnya. Namun pertumbuhan HDMI hingga sekarang terus berkembang dan mengupdate seri-seri terbarunya dalam beberapa tahun terakhir. HDMI adalah salah satau interface yang telah mengacu pada dunia digital. Semua data yang dapat dikirim akan memiliki nilai nol dan satu.

Fungsi utama HDMI adalah dapat tampilkan multimedia dalam bentuk video yang didukung dengan adanya audio langsung. Audio tersebut di transfer menggunakan 8 kanal yang tertanam di dalamnya. Kanal inilah yang membuat HDMI mampu untuk mengkompres audio.

Untuk kualitas video yang dapat ditayangkan oleh HDMI dapat mencapai 1080 px. Kualitas ini termasuk paling baik saat ini, karena mampu untuk menayangkan video dengan grafik yang sempurna. Hal ini sangat berarti untuk Anda yang memiliki hobi menggunakan software edit video atau senang bermain video game. Untuk HDMI dibagi menjadi beberpa jenis seperti A, B, C, dan D.

Untuk jenis A, C, dan D mempunyai 19 pin, sedangkan untuk jenis B mempunyai 29 pin. Untuk jenis B diperuntukan bagi Anda yang ingin menampilkan resolusi tinggi dan ini bisa mencapai 3840 x 2400 px. Namun meskipun HDMI punya pin jauh lebih kecil dibandingkan dengan VGA, tetapi HDMI memiliki fungsi yang jauh lebih banyak.

Untuk jenis C dan juga D ini memiliki port ukuran yang jauh lebih kecil jika di bandingkan dengan jenis A dan B. jadi ini akan jauh lebih banyak menyematkan device kecil untuk di pasangkan dengan ultrabook, ponsel atau tablet. Menggunakan HDMI sangat menguntungkan terlebih untuk urusan transfer Video dan Audio.

Inilah Secara Garis Besar dan Hal Paling Umum yang Dapat Membedakan Antara VGA dan HDMI :

  1. VGA lebih dahulu diperkenalkan yaitu pada tahun 1987, sedangkan untuk HDMI baru diperkenalkan pada awal tahun 2002. HDMI mempunyai teknlogi yang jauh lebih baru dan baik dibandingkan dengan VGA karena HDMI memiliki fungsi yang lebih banyak.
  2. VGA di buat untuk mengacu pada sebuah analog yang berupa kode warna-warna, sedangkan untuk HDMI mengacunya pada data digital yang memiliki nilai satu dan nol.
  3. VGA hanya mampu untuk menyimpan video visual tanpa mengeluarkan audio, sedangkan untuk HDMI dapat menampilkan visual video dan juga mengeluarkan audio yang jauh lebih baik dan jelas.
  4. Konektor yang terdapat pada VGA hanya 15 pin dan itu meruakan konektor DE-15, sedangkan untuk HDMI mempunya banyak jenis di mulai dari jenis A, B, C, dan D. Untuk jenis A, C, dan D itu mempunyai 19 pin dan untuk jenis B mempunyai 29 pin.
  5. VGA hanya mampu menampilkan resolusi yang sangat rendah di bandingkan dengan HDMI. Pada VGA hanya mampu maksimalnya mencapai 1366 x 768 px. Sedangkan untuk HDMI mampu untuk menampilkan resolusi hingga 3840 x 2400 px pada jenis B.
  6. Pada VGA port mempunyai bentuk yang jauh lebih besar dan dengan jumlah pin sedikit. Sedangkan untuk HDMI punya bentuk lebih kecil dan minimalis serta punya pin yang di sematkan lebih banyak.
  7. Di port VGA akan tampak kabel yang lebih besar dan tebal, sedangkan untuk HDMI memiliki kabel yang kecil seperti kabel carger smartphone.
  8. VGA tidak bisa di pasangkan pada perangkat seluler seperti handphone karena memiliki port yang besar. Sedangkan pada HDMI masih dapat terpasang pada smartphone karena memiliki perangkat kecil high-end. Anda dapat pasangkan pada produk iphone atau macbook.

Demikian informasi mengenai cara membedakan VGA dan HDMI yang perlu anda tahu. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

Artikel lainnya:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here