Cara Mematikan Windows Defender Untuk Pemula

0
112

Cara Mematikan Windows Defender Untuk Pemula – Bagi Anda pengguna perangkat Windows tentu sudah tidak asing lagi dengan Windows Defender. Aplikasi yang digunakan untuk melindungi sistem operasi besutan Microsoft dari serangan perangkat pengintai,virus dan malware. Sayangnya, beberapa pengguna mengeluhkan adanya false positive, yaitu dimana aplikasi yang bersih justru terdeteksi sebagai virus atau malware. Walaupun hal tersebut tidak berlaku bagi semua pengguna namun tidak ada salahnya jika Anda tahu bagaimana cara mematikan Windows Defender untuk jaga-jaga seandainya software tersebut memberikan hasil yang salah.

Sebelumnya kita sudah membahas :

Cara Mematikan Windows Defender Sementara Waktu

Berdasarkan beberapa informasi, Windows Defender telah menjadi aplikasi bawaan pada perangkat yang menggunakan sistem operasi Windows 8 hingga Windows 10.  Sedangkan untuk sistem operasi Windows 7 ke bawah, Anda harus mengunduh dan menginstalnya secara manual. Namun, jika dirasa aplikasi tersebut justru merugikan Anda maka tidak ada salahnya untuk mematikan Windows Defender untuk sementara waktu. Berikut cara mematikan Windows Defender untuk sementra waktu lengkap dengan langkah-langkahnya.

1. Buka aplikasi Windows Defender

Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah membuka aplikasi Windows Defender. Perlu dicatat jika Anda pengguna Windows 10, nama Windows Defender sudah berganti menjadi Windows Security. Walaupun memiliki nama berbeda, tapi fungsinya masih tetap sama. Untuk mempercepatnya, Anda bisa mulai dengan mencari aplikasi tersebut melalui menu Start dan menuliskan nama Windows Defender/ Windows Security pada kolom pencarian.

2. Pilih menu Virus & threat protection

Pada aplikasi Windows Security, terdapat pilihan menu Virus & threat protection. Klik opsi tersebut untuk bisa melanjutkan ke langkah selanjutnya.

Cara Mematikan Windows Defender Untuk Pemula

3. Pilih Manage setting

Pada menu Virus & threat protection pilih menu Manage setting yang biasanya terdapat pada bagian bawah halaman.

4. Pilih Toggle

Perhatikan pada opsi Real time protection, di bawahnya seharusnya terdapat tombol toggle yang bisa Anda aktifkan/nonaktifkan sesuai dengan kebutuhan. Biasanya tombol toggle ini berada dalam kondisi aktif/on yang ditandai dengan warna biru cerah.

real time protection

Silakan Anda menonaktifkan toggle tersebut hingga berubah dari on ke off. Selanjutnya klik Yes pada pada layar pop up yang muncul untuk meminta konfirmasi. Setelah toggle off maka aplikasi Windows Defender sudah berhasil dimatikan untuk sementara waktu. Jika ingin mengaktifkannya kembali Anda hanya tinggal mengklik tombol Toggle dan menggantinya menjadi on kembali.

Perlu Anda ketahui jika tampilan untuk masing-masing sistem operasi berbeda-beda. Cara diatas bisa Anda gunakan jika Anda menggunakan Windows 10. Namun menurut beberapa informasi, untuk sistem operasi yang lain langkah-langkahnya tidak terlalu berbeda. Kemungkinan hanya terdapat sedikit perbedaan pada nama menu yang digunakan.

Cara Menonaktifkan Windows Defender secara Permanen Menggunakan Regedit

Jika Anda benar-benar yakin ingin mematikan Windows Defender secara permanen maka Anda bisa menggunakan Registry editor yang sebenarnya cukup sulit dilakukan. Program ini bisa diakses melalui program Regedit yang bersifat teknis. Namun, hal ini merupakan salah satu cara mematikan Windows Defender secara permanen sehingga mau tidak mau harus dilakukan. Oleh sebab itu, sebaiknya Anda mempelajari dengan lebih teliti langka-langkah menonaktifkan Windows Defender menggunakan regedit agar tidak ada kesalahan yang bisa merusakkomputer Anda. Berikut langkah-langkah yang harus Anda lakukan.

1. Buka regedit

Untuk masuk ke program tersebut, Anda bisa mencarinya dengan cara mengklik tombol Start menu dan menuliskan regedit di kolom pencarian. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan tombol Windows+R untuk membuka menu Run dan mencari program regedit.

Cara Mematikan Windows Defender Untuk Pemula

2. Konfirmasi pengguna

Jika Anda sudah membuka menu tersebut maka selanjutnya akan muncul layar pop up untuk konfirmasi pengguna. Klik Yes jika Anda ingin melanjutkan proses tersebut.

3. Buka pengaturan Windows Defender

Setelah layar Address bar terbuka, silahkan Anda menuliskan HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Policies\Microsoft\Windows Defender pada tempat yang tersedia kemudian tekan tombol Enter.

Cara Mematikan Windows Defender Untuk Pemula

4. Klik folder Windows Defender

Setelah Anda menemukan folder Windows Defender, selanjutnya Anda klik nama folder tersebut dan pilih opsi New kemudian pilih DWORD (32 bit) value jika belum memiliki file DisableAntySpyware atau DisableRealtimeMonitoring sesuai keinginan masing-masing. Setelah memilih DWORD (32 bit) value, Anda selanjutnya bisa memasukan nama DisableAntySpyware atau DisableRealtimeMonitoring lalu tekan Enter. Klik kanan registry yang telah Anda buat sebelumnya lalu tekan Modify lalu tulis 1 pada kolom Value data untuk menonaktifkan Windows Defender atau 0 untuk mengaktifkannya kembali.

Bagi yang sudah memiliki file DisableAntySpyware atau DisableRealtimeMonitoring maka Anda bisa mengkliknya 2 kali hingga muncul layar pop up dan isi value data menjadi 1 jika ingin DisableAntySpyware atau DisableRealtimeMonitoring dinonaktifkan dan tulis 0 jika ingin DisableAntySpyware tetap aktif kemudian klik kanan lalu pilih opsi registry lalu pilih delete.

Perlu Anda ketahui jika mematikan Windows Defender secara permanen melalui registry merupakan tindakan yang sensitif dan beresiko. Kesalahan memodifikasi registry bisa menyebabkan komputer Anda bermasalah dan bahkan bisa menyebabkan blue screen. Oleh sebab itu, berhati-hatilah dalam memodifikasinya agar komputer Anda tetap aman.

Cara Menonaktifkan Windows Defender secara Permanen Menggunakan Group Policy

Jika Anda pengguna Windows 10 Pro,maka Anda bisa menggunakan Editor Group Policy untuk menghapus Windows Defender. Akan tetapi, Anda harus menonaktifkan fungsi Tamper protection sebelum mematikan Windows Defender karena jika tidak dimatikan maka fitur keamanan akan otomatis kembali seperti semula. Jika Anda penasaran bagaimana langkah-langkah mematikan Windows Defender secara permanen menggunakan Group Policy maka sebaiknya perhatikan perintah dibawah ini.

1. Nonaktifkan Tamper protection

Langkah-langkah untuk mematikan Tamper protection hampir sama seperti Anda mematikan Windows Defender untuksementara. Namun, pada menu Manage setting, Anda harus menonaktifkan opsi Tamper protection dengan mengganti dari on ke off.

2. Masuk ke menu gpedit.msc

Untuk menemukan menu ini, Anda hanya perlu mengklik tombol Start dan pilih Local Group Policy Editor kemudian klik Computer configuration lalu klik Administrative templates selanjutnya Anda klik Windows component lalu terakhir klik Windows Defender Antivirus. Klik 2 kali pada menu Turn off Windows Defender Antivirus kemudian pilih Enable untuk menonaktifkannya, klik Apply kemudian pilih OK.

3. Restart perangkat Anda

Setelah langkah-langkah diatas berhasil dilakukan, maka Windows Defender Antivirus telah sukses dinonaktifkan secara permanen.

Jika Anda ingin mengaktifkan kembali Windows Defender Antivirus maka sebaiknya Anda tetap menggunakan cara di atas namun alih-alih memilih Enable, Anda bisa memilih opsi Not Configured kemudian restart perangkat Anda untuk menyimpan perubahan yang dilakukan. Selanjutnya,jangan lupa untuk mengaktifkan kembali fitur Tamper protection .

Walaupun mengaktifkan Windows Defender Antivirus sebenarnya tidak direkomendasikan, namun jika Anda benar-benar ingin mengaktifkan aplikasi tersebut sebaiknya Anda mengaktifkannya secara remanen untuk sementara waktu. Hal tersebut dianggap sebagai jalan keluar terbaik karena Anda bisa menghidupkannya kembali sewaktu-waktu. Namun, walaupun Anda kurang menyukai antivirus bawaan ini tapi sebaiknya Anda tetap melakukan update database Windows Defender Antivirus secara teratur untuk menjaga keamanan perangkat Windows yang Anda miliki.

Artikel lainnya :

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here