Cara Kompres Foto Langsung dari iPhone

0
146
storage iphone

Cara Kompres Foto Langsung dari iPhone – Dengan adanya kamera-kamera canggih dari berbagai smartphone yang ada pada era ini tidak terkecuali dengan iPhone, ukuran satu gambar yang didapat dari hasil jepret kamera bisa mencapai belasan bahkan puluhan Megabyte (MB). Pada satu sisi,  kita tentunya sangat senang dengan adanya hal ini disebabkan gambar yang dihasilkan sangatlah baik dengan ketajaman warna yang memukau dan kamera iPhone dari waktu ke waktu terus dilengkapi dengan fitur-fitur yang dapat kita lihat di kamera digital professional pada umumnya.

Akan tetapi disisi lain dengan hasil-hasil jepretan kamera iPhone anda yang memiliki kualitas tinggi ini akan memakan memori anda dengan jumlah yang tidak sedikit. Bagi anda yang memiliki iPhone dengan memori penyimpanan terbatas seperti 8 GB dan 16 GB, tentunya hal ini sangatlah menyiksa. Bahkan anda harus menghapus sebagian aplikasi, file audio, dokumen dan sebagainya untuk menambah memori penyimpanan iPhone anda.

Baca juga:

Sebagaian besar dari kita mungkin sudah mengetahui jika foto-foto tersebut dapat dikompres melalui software di PC dan Mac serta situs-situs online seperti tinypng.com dan imageresize.org yang dapat mengompres foto secara online. Namun hal ini akan membuat anda repot karena anda harus menyalin file foto ke komputer anda atau upload foto-foto yang ada di Iphone terlebih dahulu untuk dikompres kemudian harus di sinkronisasi lagi ke iPhone anda, barulah anda bisa menyimpan foto hasil kompres yang sudah dilakukan.

Nah untuk menjawab permasalahan tersebut, kini telah ada sebuah aplikasi gratis yang pengunaannya memang dikhususkan untuk kompres foto langsung dari iPhone. Aplikasi ini bernama Photo Compress yang dibuat dan dikembangkan oleh Martin Brachmann. Anda bisa download aplikasi ini di App Store iPhone anda.

aplikasi photo compress

Berikut Cara Kompres Foto Langsung dari iPhone

Setelah selesai mengunduh dan menginstall aplikasi Photo Compress, anda buka aplikasi tersebut.

Kemudian tekan tombol “+” yang besar dan anda akan diberikan pilihan kumpulan album yang anda miliki di iPhone anda seperti pada gambar dibawah.

Setelah masuk pada album foto, kini anda bisa memilh tidak hanya satu foto namun lebih dari itu juga bisa dikompres secara bersamaan. Agar tidak terjadi error, saya sarankan agar tidak terlalu banyak melakukan kompres foto sekaligus dalam satu waktu. Seperti pada gambar dibawah saya mencoba mengkompres 4 foto sekaligus terlebih dahulu.

Jika sudah selesai memilih, anda tekan tulisan “Select” maka anda akan masuk ke tahap berikutnya pada halaman Photo Compress, anda bisa melihat jumlah foto yang anda pilih, ukuran original dari keempat foto tersebut, estimasi ukuran foto setelah dikompress dan seberapa besar anda dapat menghemat ruang memori penyimpanan di iPhone anda jika semua foto yang ada di iPhone anda di kompres.

Pada bagian “Image quality“, anda bisa memilih berdasarkan persentase yang anda inginkan. Semakin kecil persenannya maka semakin kecil ukuran foto namun kualitas dari gambar juga akan menurun.

Pada bagian kedua yakni “Reduce image size by“, anda bisa menggunakan opsi ini untuk mengecilkan ukuran dimensi foto dalam bentuk persentase.

Jika sudah mengkonfigurasi, maka anda bisa lihat preview dari hasil kompresnya terlebih dahulu dengan memilih opsi “Preview“. Jika sudah pas dengan keinginan anda, maka bisa lanjut ke tahap berikutnya dengan men-klik tombol “CONTINUE“.

Setelah itu, pilih album foto untuk menyimpan hasil kompres foto. Anda bisa membuat album foto baru yang dikhususkan untuk menyimpan hasil kompres foto dengan cara menekan tombol “Add new album“.

Beri nama album baru tersebut dan tekan tombol “Create album“.

Proses kompres foto akan berjalan, selama proses ini anda diminta untuk jangan menutup aplikasi dan mengunci iPhone anda, tunggulah hingga proses kompres selesai.

Jika proses kompres telah selesai, ada dua opsi lagi yang bisa anda pilih. Pertama “Delete originals” yang berarti anda dapat menghapus foto original sebelum dikompres dan opsi kedua “Finish” untuk menyelesaikan proses kompres foto. Hasilnya akan anda bisa lihat di Photos iPhone anda.

Demikianlah pembahasan kali ini mengenai cara kompres foto langsung dari iPhone, sangat mudah bukan? Jika anda menemukan kendala atau ada yang salah dengan langkah-langkah yang saya kemukakan, sialakan beritahu saya melalui kolom komentar dibawah. Anda dapat mensupport aplikasi hanya dengan Rp 45.000 untuk menghilangkan iklan-iklan yang ada pada aplikasi Photo Compress.

Apabila anda merasakan manfaat dari artikel yang saya tulis ini, anda bisa share ke media sosial ini supaya keluarga dan kerabat dekat anda tidak ketinggalan informasi ini, sekian dan terima kasih.

Artikel lainnya:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here