Cara Blokir Situs Dewasa di Laptop MacBook

0
158
blokir situs

Cara Blokir Situs Dewasa di Laptop MacBook – Pada era digital saat ini pemerintah kita memang bersusah payah untuk memblokir situs-situs dengan konten negatif tidak hanya situs dewasa akan tetapi situs perjudian, penebar hoax, melanggar SARA dan masih banyak lagi. Tentunya hal ini patut dan perlu kita apresiasi terlebih jika kita sebagai orang tua yang tidak ingin melihat anaknya terjerumus pada hal-hal negatif seperti itu. Tetapi masih ada saja celah untuk orang-orang jahil membuka blokir dari situs-situs yang telah dijaga ketat oleh pemerintah.

Selain situs dewasa, pada suatu perusahaan juga biasanya ingin hendak memblokir berbagai website, pada umumnya website media sosial agar karyawan dapat fokus bekerja dengan maksimal. Apapun alasan anda untuk memblokir sebuah website, saya rasa kedua hal ini adalah tujuan dari kebanyakan orang pada umumnya.

Cara yang akan saya jelaskan nanti akan bisa diterapkan pada semua browser yang sudah ada dan familiar di laptop MacBook kita seperti Safari, Chrome, Opera, Firefox, dan berbagai browser lainnya.

Sebenarnya ada banyak software diluar sana yang memiliki fungsi memang dikhususkan untuk blokir situs dewasa seperti Netnanny atau semacam parental control, namun kali ini saya akan fokuskan untuk membawakan pengaturan dan fitur yang sudah ada pada laptop atau komputer MacBook anda. Kita akan memanfaatkan fitur Parental Controls, dimana fitur ini sudah familiar jika anda memliki Smart TV dirumah. Penjelasan akan dilengkapi dengan gambar step-by-step agar memudahkan anda untuk memahaminya.

Baca juga:

Langkah – langkah atau Cara Blokir Situs Dewasa di Laptop MacBook

Fitur Parental Controls

Buka “System Preferences“. Jika anda pengguna baru macOS, System Preferences bisa anda jumpai dengan cara klik logo Apple di pojok kiri atas, lalu pilih System Preferences.

parental controls macbook

Kemudian buka menu “Parental Controls” dengan icon berwarna kuning cerah dan dengan gambar orang tua dan anak yang ada disebelah kiri menu Siri dan disebelah kanan menu Users & Group. Lihat digambar bawah untuk jelasnya.

parental controls macbook

Kemudian kita akan membuat akun untuk pengguna baru, akun yang berbeda dengan akun administrator yang sedang kita jalani. Caranya cukup simple, ikuti langkar-langkah sederhana berikut:

Pada pilihan “What would you like to do?”, pilih “Create a new user account with parental controls” dan klik Continue.

parental controls macbook

Selanjutnya anda akan diminta untuk memasukan User name dan Password dari akun saat ini. Jika sudah klik Unlock.

parental controls macbook

Sebelum memasuki halaman Parental Controls, karena sebelumnya anda belum pernah membuat child account maka disini anda diminta untuk membuat akun baru dengan cara yang sangat simpel dengan mengisikan formulir yang ada dibawah.

Pada menu Apps di halaman Parental Controls, anda bisa mengatur apakah anak anda boleh menggunakan kamera dari MacBook atau tidak, bisa diatur di bagian “Allow use of camera“, pada “Allow joining Game Center multiplayer games” anda bisa me-nonaktifkan opsi ini jika anda tidak menginnginkan anak anda bermain online dengan teman-temannya. Anda juga dapat membatasi penggunaan kontak email untuk anak anda melalui “Limit Mail to allowed contacts“. “Limit Applications on this Mac” berfungsi untuk membatasi aplikasi apa saja yang bisa dibuka pada laptop MacBook anda.

Nah kali ini kita akan masuk dari inti pembahasan, silakan anda menuju menu Web, anda akan masuk pada bagian Browser Restrictions, ada tiga bagian yang bisa anda pilih “Allow unrestricted access to websites” yang berarti anda membebaskan anak anda untuk membuka website apapun tanpa adanya pembatasan yang tentunya saya yakin bukan ini pilihan yang akan anda pilih.

Pilihan kedua adalah “Try to limit access to adult websites” dan pilihan ini akan kita bahas dalam berikutnya. Pada pilihan ini anda bisa minta bantuan Apple untuk mengenali situs-situs dewasa yang dapat di blokir.

Untuk pilihan terakhir adalah “Allow access to only these websites” yang berarti anda bisa membatasi hanya situs-situs yang sudah anda buat daftarnya yang bisa diakses oleh anak anda. Anda dapat menambahkan daftar situs yang bisa diakses melalui klik tombol “+” yang terdapat pada daftar website yang sudah ada.

Nah, seperti yang sudah saya sebutkan sebelumnya, pada pilihan Try to limit access to adult websites” anda bisa mengkostumisasi situs mana yang boleh dilihat oleh anak dengan menambahkan daftar situs nya pada bagian “Always allow these websites”dan situs mana yang tidak boleh dilihat untuk anak anda dengan menambahkan daftar situs nya pada bagian “Never allow these websites”. Cara menambahkannya sangat simpel teman-teman, cukup klik tombol “+” yang ada pada bagian masing-masing.

Demikianlah pembahasan kita mengenai Cara Blokir Situs Dewasa di Laptop MacBook, apakah kini anda telah paham dengan penjelasan diatas dan dapat mempraktekannya tanpa masalah? jika terdapat kendala, jangan sungkan-sungkan untuk bertanya melalui kolom komentar dibawah ya. Selamat mencoba ya teman-teman!

Jika anda merasakan manfaat dari artikel sederhana ini, silakan share ke media sosial teman-teman agar keluarga dan kerabat merasakannya juga, sekian dan terima kasih.

Artikel lainnya:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here