Buat Google Chrome Anda Menjadi Sebenar-benarnya Dark Mode

0
148
dark mode google chrome

Buat Google Chrome Anda Menjadi Sebenar-benarnya Dark Mode – Pengguna layanan email Gmail kini sudah memiliki dan menikmati tema dark mode bawaan dari Gmail itu sendiri. Beda halnya dengan browser populer keluaran dari Google yang satu ini yaitu Google Chrome. Kita harus menginstall ekstensi tambahan untuk mendapatkan dark mode seperti Gmail tersebut dan pada kesempatan kali ini saya akan membahas bagaimana anda bisa mendapatkan dan memasang ekstensi tersebut.

Tema dark mode pada beberapa tahun ini menjadi fitur primadona yang ditawarkan oleh para pengembang perangkat lunak. Hal ini bukanlah suatu hal yang tidak memiliki sebab, kecerendungan orang-orang saat ini untuk berhadapan dengan gadget mereka seperti komputer, laptop, tablet dan ponsel pintar sangatlah tinggi. Sehingga harus ada solusi bagi mereka yang mengoperasikan gadgetnya pada tempat yang cenderung gelap atau bahkan tidak ada pencahayaan sama sekali.

Sebelum artikel ini dibuat, di idearmanto.com saya telah membahas dua artikel mengenai fitur atau tema dark mode ini yaitu bagaimana cara mengaktifkan mode malam atau Dark Mode di Instagram pada pengguna iPhone dan cara mengaktifkan mode malam atau Dark Mode Facebook Messenger di iPhone.

Langkah-langkah Membuat Google Chrome Anda Menjadi Sebenar-benarnya Dark Mode

Tanpa berlama-lama lagi, mari kita masuk pada pembahasan inti tentang bagaimana anda bisa mengaktifkan dark mode sehingga anda nyaman berlama-lama untuk browsing di Google Chrome dalam keadaan gelap. Karena secara default Google Chrome tidak memiliki fitur dark mode, maka kita perlu memasang sebuah ektensi yang mendukung hal tersebut.

Anda harus menginstall ekstensi yang bernama Super Dark Mode. Jika anda sudah masuk pada halaman link tersebut, silakan klik tombol Add to Chrome.

Kemudian jika sudah, akan muncul kotak dialog konfirmasi Add “Super Dark Mode” dan disini anda pilih Add extension.

Selamat! kini ekstensi Super Dark Mode telah tercantum pada extension bar yang terletak di pojok kanan atas. Anda bisa melihatnya pada gambar dibawah ini.

Anda bisa mengaktifkan dan menonaktifkan dengan Super Dark Mode dengan mudah melalui meng-klik tombol seperti pada gambar diatas.

Tambahan, Dark Mode untuk Gmail

Buat Google Chrome Anda Menjadi Sebenar-benarnya Dark Mode

Mungkin sebagai tips tambahan dari saya bagi anda yang belum tahu bagaimana cara mengaktifkan dark mode pada Gmail yang sempat saya singgung pada paragraf awal. Caranya adalah pertama-tama anda login pada akun Gmail anda. Kemudian klik ikon gerigi yang ada pada pojok kanan atas dan pilih opsi Themes. Selanjutnya anda bisa scroll kebawah dan ada dua tema yang bisa anda pilih untuk mendapatkan dark mode yakni tema Dark atau Terminal.

Demikian pembahasan saya mengenai Google Chrome yang bisa anda ubah tampilannya menjadi dark mode atau mode malam. Semoga bermanfaat bagi anda yang selama ini tidak tahan dengan silauan cahaya dari gadget anda. Silakan share artikel ini di media sosial anda dengan menekan tombol share yang sudah saya sediakan dibawah dan berikan tanggapan anda mengenai artikel dibawah ini melalui kolom komentar dibawah.

Artikel lainnya:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here