Ada Kendala BLT Tenaga Kerja? Inilah Nomor Call Center BPJS Ketenagakerjaan Yang Bisa Dihubungi

0
67
Ada Kendala BLT Tenaga Kerja? Inilah Nomor Call Center BPJS Ketenagakerjaan Yang Bisa Dihubungi

Ada Kendala BLT Tenaga Kerja? Inilah Nomor Call Center BPJS Ketenagakerjaan Yang Bisa Dihubungi – Sebagian dari Anda mungkin pernah mendengar call center BPJS Ketenagakerjaan. Sebagai salah satu perusahaan negara, sangat disayangkan karena layanan ini tidak terlalu populer di masyarakat karena berbagai alasan. Selain karena masyarakat lebih terbiasa dengan media sosial dan internet, untuk menghubungi call center tersebut pun tidak bisa dilakukan 24 jam. Saat ini, call center tersebut hanya bisa dihubungi saat-saat tertentu saja yaitu sekitar pukul 6 pagi hingga 10 malam.

Baca juga:

Wow, Ternyata 4 Bumbu Dapur ini Bisa Bantu Lunturkan Lemak di Tubuh Lebih Cepat Lho!

Perubahan Nomor Call Center BPJS Ketenagakerjaan

Sebagai salah satu bentuk kemudahan layanan terhadap para anggota peserta BPJS Ketenagakerjaan, pihak BPJS Ketenagakerjaan pertama kali meluncurkan call center pada tahun 2013 lalu melalui nomor  500910. Walaupun nomor tersebut sempat berubah menjadi 1500910 pada tahun 2017. Namun akhirnya pada tahun lalu nomor call center kembali diperbaharui lagi menjadi 175. Layanan terbaru tersebut saat ini dikenal dengan nama “Layanan Masyarakat 175 Tanya BPJSTK”.

Pembaruan call center diharapkan menjadi lebih efektif dan cepat mengingat nomor tersebut sangat mudah diingat. Selain itu, layanan tersebut juga sudah terintegrasi dengan layanan media sosial dan email resmi sehingga akan semakin mempermudah BPJS Ketenagakerjaan dalam menampung keluhan anggota.

Walaupun nomor call center tersebut sering berganti namun Anda tidak perlu bingung. Saat ini Anda hanya perlu menghubungi nomor 175 saja untuk mengetahui informasi tentang BPJS Ketenagakerjaan. Uniknya, selain untuk pekerja di Indonesia BPJS Ketenagakerjaan juga melayani para pekerja migran di luar negeri melalui aplikasi Whatsapp (WA).

Kemudahan yang Diperoleh Anggota Selama Pandemi

Dengan adanya call center tersebut, Anda sebagai anggota BPJS Ketenagakerjaan bisa mengajukan pertanyaan, layanan terbaru atau bahkan kendala yang dialami pada BPJS Ketenagakerjaan Anda. Salah satu contohnya adalah masalah pembayaran iuran. Hal tersebut kadang sering menjadi permasalahan karena iuran peserta BPJS Ketenagakerjaan dilakukan oleh perusahaan sehingga peserta kerap melakukan pengecekan sendiri.

Baca Juga:  Konsumsi Greek Yogurt Khusus Jika Kamu Ingin Sehat

Selain keberadaan call center yang bisa Anda hubungi lewat smartphone atau handphone biasa, Anda juga bisa mendatangi kantor cabang BPJS Ketenagakerjaan yang terdaftar di kantor wilayah (kanwil) untuk DKI Jakarta.  Sayangnya layanan ini tidak bisa diperoleh di semua kantor wilayah, untuk sementara baru bisa diperoleh di tempat tertentu saja. Namun, ke depan layanan tersebut diharapkan bisa semakin meluas sehingga bisa melayani lebih banyak anggota BPJS Ketenagakerjaan.

Selama masa pandemi Covid-19 seperti sekarang, sebenarnya call center sangat membantu peserta BPJS Ketenagakerjaan terutama bagi yang menginginkan informasi kejelasan pembayaran iuran oleh perusahaan masing-masing. Selama beberapa bulan ini banyak sekali perusahaan yang melakukan pemotongan gaji dan sebagainya sehingga mengancam pembayaran iuran rutin BPJS Ketenagakerjaan akibat kondisi perekonomian yang tidak stabil.

Kemudahan lain dari call center ini adalah kemudahan dalam mengecek saldo yang telah dikumpulkan secara mandiri. Secara otomatis sebenarnya peserta BPJS Ketenagakerjaan akan mendapatkan 4 manfaat berupa jaminan kematian, jaminan hari tua, jaminan kecelakaan kerja serta jaminan pensiun begitu terdaftar sebagai peserta dan membayar iuran. Namun, BPJS Ketenagakerjaan saat ini juga bisa dijadikan wadah untuk memperoleh BLT tenaga kerja dari pemerintah.  Tentu saja jika Anda memenuhi persyaratan yang diajukan. Sebagai contoh, di masa pandemi seperti saat ini pemerintah memberikan bantuan kepada pekerja yang terdampak Covid-19 berupa subsidi gaji sebanyak Rp 600 ribu. Bantuan tersebut diberikan melalui BPJS Ketenagakerjaan dan bisa di cek langsung baik melalui aplikasi BPJS Ketenagakerjaan mobile atau situs resmi BPJS Ketenagakerjaan. Selain mengecek, Anda juga bisa menyampaikan keluhan jika terjadi permasalahan terhadap bantuan melalui situs tersebut atau Anda bisa menghubungi call center BPJS Ketenagakerjaan 175 untuk info lebih lengkap.

Baca juga:

10 Bahaya Mengkonsumsi Gula dan Makanan Manis Berlebihan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here