10 Rekomendasi Tips Memulai Bisnis Studio Foto

0
71
Bisnis Studio Foto

Bagi kamu yang memiliki hobi dan skill fotografi mungkin bisa mencoba bisnis foto. Biasanya bisnis jasa seperti ini juga sangat dibutuhkan berbagai kalangan. Apalagi sejak adanya platform online seperti facebook, instagram dan lainnya kebutuhan akses fotografi juga terus meningkat. Peluang bisnis seperti ini bisa kamu jadikan strategi dengan memulai bisnis studio foto. Bisnis seperti ini memang membutuhkan modal yang cukup besar. Namun, keuntungan yang akan kamu dapatkan juga dianggap akan terus meningkat bila menjalankan strategi yang ideal. Selain itu, kolaborasi yang sempurna dengan skill fotografi berkualitas akan menjadi modal penting bagi kamu untuk memperluas jaringan.

Baca juga: Analisa Terlengkap Peluang Usaha Bisnis Jasa Desain Grafis untuk Anda yang Serius

Tips Memulai Bisnis Studio Foto yang Bisa diterapkan dengan Mudah

Untuk memulai bisnis studio foto kamu bisa mencoba beberapa tips mudah. Apalagi di beberapa kota besar biasanya persaingan antar bisnis ini juga sangat ketat. Hal ini yang membuat kamu harus mulai menentukan arah bisnis yang lebih baik. Namun, kamu juga harus ingat bahwa persiapan untuk memulai bisnis ini juga membutuhkan perhitungan yang matangan. Semakin baik persiapan yang kamu miliki maka pengembangan bisnis studio seperti ini juga akan semakin lebih mudah. Bahkan, bisnis ini bisa kamu pertahankan dalam waktu yang sangat lama. Kamu bisa mencoba 10 tips untuk memulai bisnis studio foto seperti:

1. Hitung Modal yang Dimiliki

Tips penting dari bisnis studio foto yang harus kamu terapkan adalah menghitung modal yang dimiliki. Modal ini akan menjadi bagian penting dalam menentukan strategi bisnis. Apalagi bisnis ini memang akan membutuhkan modal dalam jumlah besar. Namun, hal itu juga disesuaikan dengan seluruh kemampuan fotografi yang kamu miliki. Pemilihan tempat hingga dekorasi dari studio juga akan menjadi hal penting yang mempengaruhi penggunaan modal. Kamu harus ingat bahwa semakin besar tempat yang digunakan untuk menjadi studio maka akan membutuhkan modal yang lebih besar juga. Bahkan, penggunaan modal ini berkaitan dengan pemilihan perlengkapan di studio.

Baca Juga:  10 Tips Memulai Bisnis Ayam Geprek dengan Modal Minim

2. Persiapkan Tempat Terbaik

Selalu pertimbangkan pemilihan tempat yang akan digunakan sebagai studio foto. Ukuran studio yang sangat besar akan memberikan kenyamanan dan membuat suasana menjadi lebih baik. Bahkan, kamu juga bisa menentukan dekorasi terbaik untuk seluruh bagian dari studio ini. Namun, pertimbangkan juga lokasi dari studio yang akan kamu gunakan. Semakin strategis tempat atau studio ini maka akan memberikan nilai yang sangat lebih. Terutama bagi kamu yang ingin mendapatkan trafik pelanggan yang terus meningkat secara berkala. Perhatikan juga peluang bisnis dari pemilihan tempat ini.

3. Lakukan Dekorasi Ruangan

Dekorasi yang diterapkan untuk studio biasanya akan berkaitan dengan ornament, aksen hingga furniture. Biasanya ukuran studio yang besar akan membutuhkan banyak ornament hiasan. Bahkan, pemilihan furniture juga akan memudahkan kamu untuk mendapatkan studio yang sangat ideal. Hal yang harus kamu ingat bahwa tampilan dari dekorasi ruangan juga akan mempengaruhi hasil foto yang diinginkan. Apalagi kamu bisa mendapatkan berbagai angle. Kondisi seperti ini justru akan memberikan nilai keuntungan yang lebih besar bagi kamu. Kadang ada banyak pengunjung yang ingin mendapatkan suasana studio yang berbeda dibandingkan dengan tempat lainnya.

Baca juga: Analisa Peluang Bisnis Rumahan Usaha Sablon Kaos

4. Pilih Furniture Menarik

Pemilihan furniture juga harus diperhitungkan dengan sangat baik. Biasanya pilihan furniture seperti ini memberikan pengaruh terhadap kenyamanan yang kamu inginkan. Misalnya saja kamu bisa menggunakan furniture sesuai dengan konsep angle yang dibutuhkan. Furniture modern, minimalis hingga vintage harus tersedia di studio. Cara seperti ini untuk memudahkan para pengguna studio mendapatkan suasana dan konsep foto yang diinginkan. Pastikan juga bahwa kualitas dan desain dari furniture itu sangat baik sehingga bisa bertahan dalam waktu yang sangat lama. Perhatikan juga nilai dari furniture ini dan disesuaikan dengan budget yang kamu miliki.

5. Gunakan Perlengkapan Memadai

Bisnis Studio Foto

Studio yang memadai juga akan memiliki banyak perlengkapan terbaik. Hal ini akan disesuaikan dengan perlengkapan fotografi seperti kamera, lighting dan lainnya. Bahkan, kamu juga bisa menambahkan berbagai ornament sepeti backdrop bila dibutuhkan. Semakin lengkap pilihan perlengkapan yang kamu miliki dalam studio maka akan semakin memudahkan para pengguna studio mendapatkan hasil yang diinginkan. Tentu saja untuk menyediakan seluruh perlengkapan ini biasanya akan membutuhkan biaya yang cukup besar. Cobalah sesuaikan dengan kemampuan dari perhitungan modal yang kamu miliki.

Baca Juga:  Peluang Bisnis Handmade Yang Jarang Diminati Tapi Cuan Besar

6. Dukungan Sumber Daya

Untuk meningkatkan peluang bisnis dan menjalankan strategi yang lebih baik cobalah untuk merekrut sumber daya tambahan. Hal ini biasanya akan memberikan pengaruh terhadap metode bisnis yang akan kamu jalankan dalam waktu cukup lama. Sumber daya seperti ini biasanya seperti fotografer freelance yang akan ditempatkan di dalam studio. Dukungan sumber daya ini akan membuat peluang bisnis terus berjalan bahkan pada saat kamu tidak berada di studio sekalipun.

7. Lakukan Branding

Cobalah untuk melakukan branding dari studio foto yang kamu miliki. Metode branding yang diterapkan seperti ini biasanya melalui penggunaan logo, tagline dan layanan. Bahkan, logo dan nama studio akan menjadi hal yang sangat penting. Semakin menarik logo yang kamu tampilkan maka akan membuat orang lain tertarik untuk datang. Bahkan, ini akan menaikkan nilai jual dari jasa studio foto yang kamu tawarkan. Semakin meningkat nilai jual dari studio maka peluang keuntungan juga semakin lebih baik.

8. Aktif di Sosial Media

Sosial media memiliki peran yang sangat besar untuk mengembangkan bisnis studio itu. Bahkan, ini juga dilakukan untuk memberikan kemudahan bagi kamu untuk menjangkau lebih banyak calon klien. Cobalah gunakan berbagai sosial media seperti facebook, twitter, youtube, Instagram hingga tiktok. Tampilkan banyak konten menarik di sosial media yang berkaitan dengan studio foto. Hal ini juga akan menarik perhatian bagi banyak calon klien. Bahkan, kamu juga bisa melakukan branding dengan memanfaatkan sosial media seperti ini.

Pelajari juga tentang internet marketing seperti FB & IG ads.

9. Tawarkan Promosi

Lakukan promosi dengan berbagai persyaratan dan ketentuan. Promosi ini juga untuk menarik jumlah pengunjung agar lebih banyak lagi. Metode promosi juga bisa dilakukan sekaligus meningkatkan nilai branding. Misalnya saja kamu menerapkan promosi dengan memanfaatkan sosial media secara berkala. Namun, pemberian promosi ini juga harus melalui perhitungan yang matang sehingga tidak mengalami kerugian yang sangat besar.

10. Berikan Layanan Cepat dan Baik

Hal yang paling penting adalah kualitas pelayanan yang kamu berikan kepada klien. Pelayanan ini misalnya saja dengan kondisi studio yang bersih, aman dan nyaman. Selain itu, ketersediaan dari perlengkapan saat akan menggunakan studio. Bahkan, kamu juga bisa memberikan layanan edit foto digital dengan baik dan rapi dalam waktu yang lebih cepat. Metode seperti ini dianggap sangat mempengaruhi pengembangan bisnis yang akan kamu dapatkan dalam waktu yang relatif lebih singkat.

Baca Juga:  10 Tips untuk Memulai Bisnis Cuci Sepatu ala Milenial

Baca juga: Bisnis Online Ini Bisa Dijalankan Dengan Seorang Diri

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here