Cara Memulai Usaha Bisnis Permen Cokelat diBawah Rp 5 Juta

0
394
usaha olahan cokelat

Bisnis Permen Cokelat Dengan Modal Minim – Cokelat dengan cita rasanya yang manis dan lembut membuat banyak kalangan menjadi ketagihan, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Hal ini tak mengherankan karena rasanya yang manis dan telah terbukti cokelat dapat menghilangkan stress yang berlebih.

Untuk memulai sebuah usaha makanan atau kuliner dengan menggunakan bahan dasar cokelat merupakan sebuah peluang yang sangat cukup menjanjikan. Bisnis kuliner yang laris manis tidak lepas dari 3 kata ini, Murah, Enak dan Banyak. Walaupun Anda membuka usaha jauh pada keramaian sekalipun namun jika dengan syarat 3 kata tersebut Insya Allah kuliner Anda akan tetap diburu konsumen.

Bisnis Kuliner di Era Saat Ini, Apakah Masih Menjanjikan?

Coba Anda perhatikan sekitar, usaha atau bisnis yang terdekat dari tempat tinggal Anda, terkadang kita menyangka warung atau kios A tidak terlalu besar omsetnya dikarenakan masih skala industri rumahan terlebih apabila terlihat sekilas jarang Anda yang mengunjungi, namun lama kelamaan semakin banyak karyawan yang diperkerjakan oleh pelaku usaha rumahan ini.

Iya memang di era digital ini, Ada perubahan gaya hidup dalam berbelanja yang dialami masyarakat sekitar mungkin temasuk yang kita rasakan juga dimana kita lebih senang untuk berbelanja secara online bahkan untuk urusan makanan sekalipun. Jadi tidak selalu pelaku usaha mengharap kedatangan calon pembeli secara langsung mengunjungi ke lapak, bahkan penjualan online sudah menjadi faktor penjualan yang utama.

Mereka memanfaatkan teknologi yang ada, dibantu dengan adanya layanan antar makanan oleh ojek online seperti GoFood & GrabFood yang memudahkan calon pembeli untuk memesan makanan yang Anda jual.

Dengan membuat cokelat berbentuk loli dengan berbagai design gambar yang unik, lucu dan menarik. Dengan harga Rp 3.500 ‚Äď Rp 5.000 setiap orang sudah dapat membeli dan merasakan lezatnya camilan cokelat ini berulang-ulang. Pada kesempatan kali ini saya akan memaparkan bagaimana memulai usaha kuliner dalam bentuk permen cokelat jika budget Anda pas – pasan? ūüôā

Memulai Bisnis Permen Cokelat Dibawah Rp 5 Juta

Tanpa bertele – tele lagi langsung saja, sebagai Cara Memulai Usaha Bisnis Permen Cokelat diBawah Rp 5 Juta, berikut adalah beberapa tahapan proses yang harus Anda persiapkan:

  • Tahap pertama: Menyiapkan peralatan masak untuk membuat cokelat, seperti cetakan, loyang, panci, mangkuku, dan sebagainya. Untuk cetakan cokelat bisa seperti dibawah ini dapat dibeli disini
cokelat loli
credit: shopee.co.id
  • Tahap kedua: Mempelajari cara membuat produk dengan baik, kumpulan resep untuk membuat permen cokelat sudah banyak sekali bertebaran, Anda bisa mengunjungi dunia masak atau cookpad. Cara membuatnya juga bisa Anda lihat divideo dibawah ini:

  • Tahap ketiga: Menyiapkan waktu khusus untuk memasak dan membuat desain khusus loli cokelat yang unik
  • Tahap keempat: Mempersiapkan data supplier bahan baku untuk mengumpulkan dan mendapatkan perbandingan harga yang murah. Anda bisa mencari supplier online di marketplace seperti Tokopedia dan Shopee
  • Tahap kelima: Menyiapkan tenaga lebih atau tenaga cadangan untuk kegiatan baru
  • Tahap keenam: Menetapkan target pasar

Hambatan Bisnis Permen Cokelat Dibawah Rp 5 Juta

Berberapa hambatan yang seringkali dan mungkin akan anda hadapi nantinya sehingga perlu disiapkan terlebih dahulu langkah Рlangkah  untuk mengantisipasi hal tersebut, diantaranya adalah:

  • Banyaknya pesaing yang membuat kita harus terus memodifikasi produk mengikuti perkembangan bahkan sebisa mungkin berinovasi dan menciptakan trend. Apabila ide Anda mentok, solusinya adalah Anda boleh menggunakan metode ATM(Amati Tiru Modifikasi) yang kini sedang populer dan berhasil melahirkan usaha – usaha baru yang sukses.
  • Sulitnya membagi waktu jika Anda seorang Ibu rumah tangga yang mempunyai kewajiban antara mengurusi kebutuhan rumah tangga, mengantar pesanan dan memasak. Namun saya sarankan agar Anda dapat memulai karena apabila usaha Anda sudah mulai ada benefit atau keuntungan maka Anda dapat merekrut karyawan agar meringankan pekerjaan Anda.

Strategi Bisnis Permen Cokelat Dibawah Rp 5 Juta

Untuk mengembangkan bisnis permen cokelat yang pas di kantong Anda ini, berikut beberapa langkah strategi sukses yang bisa anda aplikasikan :

  • Strategi pertama: Membuat tampilan produk yang unik dan juga menarik
  • Strategi kedua: Memberi nama produk yang menarik dan mudah diingat
  • Strategi ketiga: Karena pembeli adalah raja, maka jangan pernah bosan untuk selalu memberikan pelayanan produk yang ramah
  • Strategi keempat: Mempertahankan cita rasa(konsisten) dan kekuatan camilan untuk disimpan dalam jangka waktu tertentu
  • Strategi kelima: Memberikan garansi produk kembali apabila terdapat kelalaian dalam pemenuhan pesanan dari pelanggan. Strategi adalah yang paling krusial untuk dijalani oleh para pelaku usaha yang baru mulai berbisnis.
  • Strategi keenam: Menyediakan tester permen cokelat dan apabila memungkinkan mintalah tanggapan terhadap cita rasa kepada orang yang mencobanya.

Analisis Bisnis Permen Cokelat Dibawah Rp 5 Juta

Investasi Awal

  • Cetakan cokelat, 5 buah @ Rp 5.000 ========= Rp 25.000

Biaya Operasional

  1. Bahan baku per bulan :
  • Cokelat 250 g Rp 12.500 x 30 hari===========Rp 375.000
  • Cokelat putih, 250 g Rp 10.000 x 30 hari ¬†===== Rp 300.000
  • Pewarna makanan dan susu kental manis ¬†====Rp ¬† 50.000
  • Stik loli, 50 buah Rp 50.000 x 30 hari ¬†======= ¬†Rp 150.000
  • Plastik + pita kawat ==================== Rp 150.000
  1. Gas dan listrik =======================  Rp 100.000

Total Biaya Operasional                                                                              Rp 1.125.000

Laba per hari

  1. Omzet @ Rp 2.500
  • 50 buah x 30 hari =======================Rp 3.750.000
  1. Biaya operasional =====================Rp 1.125.000

Laba per hari                                                                                             Rp 2.625.000

Semoga informasi tentang Cara Memulai Usaha Bisnis Permen Cokelat diBawah Rp 5 Juta diatas dapat mengispirasi. Salam sukses selalu !! Jika Anda mempunyai tips lain dari cara berbisnis permen cokelat atau Jika Anda temukan ada yang kurang dari tips bisnis permen cokelat ini, silakan isi opini Anda dikolom komentar dibawah ini.

Anda bisa share di akun social media Anda jika artikel ini bermanfaat, caranya mudah sekali, Anda cukup mengklik tombol sosial media dibawah dan langsung terpublish ke halaman sosial media yang kamu pilih agar artikel ini dapat menginspirasi orang banyak. Terima Kasih.

Untuk ide bisnis lainnya, baca juga!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here