10 Tips untuk Memulai Bisnis Cuci Sepatu ala Milenial

0
65
bisnis cuci sepatu ala milenial

Banyak orang saat ini sudah mulai melirik untuk menjadikan sepatu sebagai investasi. Apalagi saat ini sudah banyak model sepatu yang menawarkan desain dan kualitas terbaik. Bahkan, beberapa produk sepatu lokal sudah mulai diburu banyak kolektor. Hal ini yang bisa menjadi peluang bisnis bagi kamu untuk mendapatkan keuntungan yang sangat besar. Kamu bisa memulai untuk menawarkan jasa cuci sepatu bagi kalangan tertentu. Jasa seperti ini dianggap sangat dibutuhkan bagi banyak pecinta sepatu yang memiliki koleksi berbagai merek dan seri atau model. Bila kamu memutuskan untuk memulai bisnis cuci sepatu ala milenial sebaiknya persiapkan beberapa hal penting.

Baca juga: Cara Memilih Franchise yang Tepat Bagi Pemula

Persiapan untuk Memulai Bisnis Cuci Sepatu ala Milenial

Sebenarnya ada beberapa hal yang harus kamu pertimbangkan untuk memulai bisnis cuci sepatu ala milenial. Apalagi kebutuhan jasa seperti ini juga terus meningkat yang membuat kamu harus menerapkan strategi bisnis terbaik. Selain itu, bisnis seperti ini juga harus memberikan layanan terbaik dan melibatkan banyak sumber daya. Semakin baik kualitas layanan yang ditawarkan maka jumlah dari pelanggan akan terus meningkat. Tentu saja kamu juga harus menerapkan beberapa tips penting untuk membuat peluang bisnis ini semakin menguntungkan. Berikut ini ada 10 tips untuk memulai bisnis cuci sepatu ala milenial yang bisa kamu coba dengan mudah seperti:

1. Persiapkan Modal

Tentu saja ini menjadi hal yang sangat penting bagi kamu untuk memulai bisnis cuci sepatu ala milenial. Namun, jumlah modal yang dibutuhkan biasanya disesuaikan dengan skala bisnis yang akan dijalankan. Semakin besar skala bisnis jasa cuci sepatu ini maka jumlah modal yang dibutuhkan juga akan lebih besar. Kamu harus ingat bahwa sebagian besar dari modal ini akan digunakan untuk beberapa hal. Misalnya saja menyewa tempat, membayar gaji para karyawan, membeli perlengkapan hingga melakukan promosi. Kamu juga harus memanfaatkan modal itu dengan baik sehingga memberikan hasil yang baik juga.

Baca Juga:  Jangan Diabaikan, Cash Flow Per Share Adalah Indikator Penting

2. Dukungan Sumber Daya

Hal lain yang harus dipersiapkan adalah sumber daya seperti pegawai atau karyawan. Kualitas dari sumber daya ini juga akan mempengaruhi layanan yang diberikan kepada para pelanggan. Semakin baik layanan dari para pegawai maka akan kamu juga akan mendapatkan pelanggan yang lebih banyak juga. Hal ini yang membuat kamu harus mulai melakukan training khusus kepada para calon pegawai. Apalagi metode pembersihan yang dilakukan untuk sepatu ini juga akan tergantung dari model hingga jenisnya. Bahkan, metode yang dibutuhkan pada merek tertentu juga akan berbeda. Hal ini akan memberikan pengaruh yang sangat besar terhadap hasil yang diinginkan para pelanggan.

3. Pilih Tempat Strategis

Sama seperti bisnis lainnya, bisnis cuci sepatu ini juga membutuhkan tempat yang sangat strategis. Tempat ini akan memberikan pengaruh terhadap seluruh kenyamanan dan akses dari para pelanggan. Semakin strategis tempat yang dimiliki oleh bisnis ini maka akan semakin mudah juga untuk dijangkau. Kenyamanan dari para pelanggan juga berkaitan dengan akses parkir. Hal ini yang membuat kamu harus mulai mempertimbangkan akses yang dibutuhkan. Bahkan, tempat dari bisnis ini juga dikaitkan dengan kondisi interior. Mungkin kamu bisa menerapkan metode dekorasi interior tempat cuci sepatu yang unik dan menarik perhatian. Apalagi ini membuat betah para calon pelanggan yang ingin melihat langsung.

Baca juga: Analisa Peluang Bisnis Rumahan Usaha Sablon Kaos

4. Gunakan Produk Pembersih Berkualitas

bisnis cuci sepatu ala milenial

Ada banyak pilihan produk pembersih yang bisa kamu gunakan untuk membersihkan sepatu. Biasanya masing-masing dari pilihan produk ini akan disesuaikan dengan karakter, bahan hingga model dari sepatu itu. Semakin baik kualitas dari produk pembersih itu maka bisa digunakan untuk berbagai pilihan model sepatu. Kamu harus ingat bahwa kondisi dari sepatu yang akan dibersihkan juga harus dijaga dengan baik sehingga tidak merugikan para pelanggan. Hal yang lebih penting lagi adalah cobalah sesuaikan budget atau modal untuk pembelian pembersih ini. Tentu saja ini juga akan termasuk dalam perhitungan untuk mendapatkan nilai keuntungan yang kamu inginkan.

Baca Juga:  Kumpulan Skill yang Dibayar Tinggi yang Wajib Kamu Kuasai

5. Berikan layanan terbaik

Kamu harus ingat bahwa layanan terbaik yang diberikan kepada para pelanggan akan menjadi nilai penting. Kualitas layanan ini juga akan menjadi pertimbangan bagi banyak pelanggan lain untuk mencoba jasa yang kamu tawarkan ini. Semakin baik kualitas layanan yang diberikan maka akan nilai jual dari jasa ini akan terus meningkat. Hal ini biasanya berkaitan dengan cara berkomunikasi dan memberikan informasi tentang metode pembersihan yang akan diterapkan. Selain itu, kamu juga harus bisa memberikan rincian informasi tentang waktu yang dibutuhkan untuk membersihkan sepatu itu.

6. Lakukan Branding

Cobalah terapkan branding dengan memasang logo di tempat usaha kamu. Biasanya logo seperti ini akan menjadi daya tarik dan reminder bagi para calon pelanggan. Bahkan, kamu bisa mendapatkan nilai jual yang lebih baik dengan pemasangan logo ini. Semakin menarik logo yang kamu gunakan maka hal ini akan memberikan pengaruh terhadap daya ingat pelanggan. Konsep branding ini juga akan diterapkan untuk seluruh sosial media sehingga mudah menjangkau para calon pelanggan. Apalagi kamu juga bisa mencoba untuk melakukan promosi branding dengan memberikan sticker.

7. Terapkan Kemasan Tambahan

Biasanya beberapa kategori pilihan dari jasa cuci sepatu ini juga menawarkan kemasan tambahan. Cara seperti ini dilakukan untuk memberikan perlindungan terhadap sepatu yang baru saja dibersihkan. Kemasan ini juga bisa diterapkan untuk meningkatkan nilai jual dengan sangat baik. Salah satu pilihan kemasan tambahan mungkin melalui goody bag untuk biaya yang sudah mencapai target tertentu.

8. Berikan Promo

Tips lain yang bisa kamu coba tentu saja dengan menawarkan promosi. Kamu bisa mencoba untuk menawarkan promosi dengan memberikan potongan harga secara berkala. Biasanya metode ini untuk menarik perhatian para pelanggan. Terapkan juga persyaratan tambahan pada promosi ini. Hal ini dilakukan untuk memberikan kenyamanan dan keuntungan yang dianggap sangat baik bagi para pelanggan. Salah satu contoh potongan yang diberikan seperti menyambut hari kemerdekaan atau hari raya tertentu.

9. Aktif di Platform Online

Kamu harus menggunakan berbagai platform online untuk menjangkau lebih banyak calon pelanggan. Misalnya saja kamu menggunakan sosial media seperti twitter, facebook hingga instagram. Semakin banyak pilihan platform online yang kamu gunakan maka akan semakin mudah juga untuk mendapatkan jumlah pelanggan. Metode seperti ini juga memberikan keuntungan yang sangat besar bagi kamu bila dilakukan secara serius dan berkala.

Baca Juga:  Usaha Bisnis Pembenihan Ikan Mas di Lahan 1000m Persegi

Jalankan juga promosi online bisa melalui Facebook atau IG ads.

10. Berikan Garansi

Jangan lupa untuk menawarkan garansi khusus untuk pelanggan tertentu. Garansi ini biasanya diberikan bila terjadi kerusakan atau bagian sepatu yang dianggap tidak terlalu memuaskan. Kamu bisa memberikan ketentuan garansi secara terbatas sehingga membuat para pelanggan merasa nyaman. Perhitungkan juga biaya garansi ini masuk dalam operasional.

Baca juga: Analisa Terlengkap Peluang Usaha Bisnis Jasa Desain Grafis untuk Anda yang Serius

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here