Bahas Tuntas Manajemen PAUD Secara Lengkap

0
197
Bahas Tuntas Manajemen PAUD Secara Lengkap

Idearmanto.com – Manajemen PAUD (pendidikan anak usia dini) adalah proses pengelolaan sumber daya atau potensi dengan kegiatan yang efektif dan efisien dengan melibatkan peserta didik. Manajemen PAUD merupakan bentuk implementasi dari manajemen pendidikan. Keduanya merupakan suatu proses dalam mendayagunakan sumber daya manusia dengan tujuan mencapai pendidikan anak usia dini yang lebih baik.

Manajemen PAUD perlu dipersiapkan sejak dini, dimulai dari penerimaan pendidik PAUD yang profesional dan berkualitas. Pengelolaan PAUD yang baik akan membawa pendidikan PAUD lebih baik lagi dan mampu membentuk karakteristik anak untuk berperilaku yang sopan dan baik.

Baca juga :

Dalam manajemen PAUD terdapat hal-hal penting yang harus diperhatikan diantaranya.

Penerimaan Tenaga Pendidik

Penerimaan tenaga pendidik merupakan sebuah bagian dari manajemen PAUD (pendidikan anak usia dini). Penerimaan tenaga pendidik terjadi bukan saja pada saat pendirian suatu lembaga atau instansi, tetapi terjadi saat lembaga atau instansi sudah lama berdiri.

Untuk mendapatkan pelamar sebanyak-banyaknya, perekrutan harus dilakukan dengan menggunakan semua jalan yang bersifat positif, yaitu dengan dua sumber tenaga pendidik dari luar dan dari dalam perusahaan. Sumber tenaga kerja dari dalam adalah tenaga kerja yang diambil dari dalam perusahaan. Perekrutan harus diperhatikan tentang kualifikasi pendidik.

Sedangkan perekrutan dari luar merupakan cara mengambil pegawai dari luar instansi atau perusahaan. Perekrutan dengan cara ini dilakukan dengan menerima lamaran-lamaran dan berlaku bagi semua masyarakat luas yang memenuhi persyaratan sesuai kriteria yang ditetapkan.

Metode ini memiliki efek positif karena dengan sistem ini tenaga kerja yang diterima merupakan pilihan dari pelamar-pelamar yang memenuhi syarat sehingga diharapkan tenaga pendidik yang baru memiliki mutu yang baik.

Sebuah instansi atau sekolah dalam menerima tenaga pendidik baru dengan cara:

  • Sumber dari instansi/sekolah
  • Sumber dari luar instansi/sekolah
  • Lembaga pendidikan
  • Lamaran kerja
  • Daftar riwayat hidup
  • dsb

Pembinaan Bagi Pendidik

Pendidik yang sudah resmi diterima menjadi tenaga pendidik di sekolah PAUD, dilakukan pembinaan agar lebih profesional dan terbiasa dengan tugas barunya. Pembinaan bagi pendidik bertujuan untuk meningkatkan kreatifitas, produktifitas, dan mengetahui kemampuan pendidik dalam berbagai  bidang, diantaranya keterampilan dalam menyelesaikan tugas, wawasan dalam berpikir, sikap saat bekerja, dan lain-lain.

Pembinaan bagi pendidik mengutamakan perubahan pada tingkah laku terutama dalam profesional saat bekerja. Tenaga pendidik yang baru dituntut untuk bertanggung jawab terhadap tugas barunya dan berusaha untuk meningkatkan sikap profesionalnya dalam menghadapi peserta didik maupun dengan tugas yang sedang diembannya.

Dalam kegiatan pembinaan tenaga pendidik, lebih diarahkan pada proses mendidik dan melatih seseorang sebelum dan sesudah menduduki jabatan yang diterimanya.  Penempatan posisi jabatan dilakukan karena kebutuhan pada lowongan jabatan yang akan datang.

Dengan kemajuan zaman, kini pembinaan bagi tenaga pendidik dilakukan dengan sistem yang berbeda, yaitu penataran, peningkatan kemampuan, dan bersama- sama. Ketiga hal tersebut membantu tenaga pendidik untuk berlatih dari hal-hal kecil terlebih dahulu yang diajarkan saat rangkaian acara pembinaan.

Tujuan dilaksanakan pembinaan adalah agara tenaga pendidik baru mampu belajar dari hal-hal kecil, mengetahui hal-hal apa saja yang harus dipersiapkan sebelum menjadi pendidik yang sebenarnya, serta diberikan penyegaran berupa hiburan-hiburan yang tentunya membantu ia dalam melatih bertanggung jawab dan bekerja sama dengan baik dalam tim. Selain itu pembinaan juga dilakukan agar tenaga pendidik mampu menerima dan siap saat ditugaskan untuk menjadi pendidik yang sesungguhnya di sekolah.

Proses Pemberhentian Tenaga Pendidik

Dalam hal kinerja tenaga pendidik harus diperhatikan dengan serius. Pemberhentian tenaga pendidik merupakan sebuah tindakan yang membuat tenaga pendidik tidak bisa melaksanakan tugas pekerjaan seperti semestinya pada waktu yang singkat atau selama-lamanya. Alasan pemberhentian tenaga pendidik disebabkan oleh berbagai faktor, diantaranya.

  • Pemberhentian atas permintaan sendiri

Pemberhentian jenis ini, tenaga pendidik yang bersangkutan diberhentikan dengan hormat atas permintaannya sendiri. Dalam hal ini pejabat dapat menerima, menolak, atau menunda paling lama 1 tahun.

  • Pemberhentian karena mencapai batas pensiun

Batas usia pensiun dapat diperpanjang bagai tenaga pendidik yang memangku jabatan tertentu. Pembatasan usia pensiun bermacam-macam tergantung jenis tugas apa yang diemban oleh tenaga pendidik.

  • Pemberhentian karena melakukan pelanggaran/tindak pidana penyelewengan

Hal ini terjadi jika, tenaga pendidik melakukan penyelewengan tugas dan tanggung jawabnya. Dengan sikap tidak patut tersebut, maka tenaga pendidik dapat diberhentikan secara tidak terhormat.

  • Pemberhentian karena tidak cakap jasmani/rohani

Seorang tenaga pendidik akan diberhentikan secara terhormat, jika terdapat surat keterangan kesehatan dari dokter bahwa seseorang tersebut tidak dapat bekerja lagi dengan alasan kesehatan atau sakit yang berbahaya bagi dirinya sendiri maupun orang lain.

  • Pemberhentian karena peninggalan tugas
  • Pemberhentian karena meninggalkan dunia/hilang
  • Pemberhentia karena hal-hal lain, misalnya jika menjalankan cuti di luar tanggungan negara dan melaporkan diri sebelum 6 bulan masa cutinya tetapi alasan tidak bis diterima atau terlambat melapor.

Penerimaan Peserta Didik

Bahas Tuntas Manajemen PAUD Secara Lengkap

Penerimaan peserta didik baru merupakan peristiwa penting bagi suatu sekolah. manajemen PAUD (pendidikan anak usia dini) untuk hal ini menjadi dasar dalam membentuk karakteristik anak-anak di lingkungan sekolah. Peristiwa ini merupakan titik awal yang menentukan kelancaran tugas suatu sekolah.

Kesalahan dalam penerimaan peserta didik baru dapat menentukan sukses tidaknya  usaha pendidikan di sekolah yang bersangkutan. Untuk itu dalam menunjuk panitia penerimaan siswa baru harus dilakukan kepala sekolah  sebelum tahun ajaran berakhir. Panitia penerimaan peserta didik baru bersifat tidak tetap, jadi akan dibubarkan jika tugasnya telah selesai. Penerimaan peserta didik baru bagi anak PAUD biasanya melalui usia mereka dari 2-5 tahun.

Kemajuan Peserta Didik

Bahas Tuntas Manajemen PAUD Secara Lengkap

Kegiatan pencatatan peserta didik sangat diperlukan mulai awal dia masuk sampai tamat sekolah PAUD. Pencatatan dan pendataan dilakukan dengan buku induk setiap peserta didik. Jadi, nanti tenaga pendidik mengetahui kehadiran peserta didik, catatan kemajuan, buku klaper, identitas pada peserta didik, hasil belajar, buku mutasi anak, dan laporan akhir perkembangan peserta didik.

Sarana dan Prasarana

Manajemen sarana yaitu segenap proses penataan yang bersangkutan dengan pengadaan. Sarana dan prasarana sangat penting untuk meningkatkan keefektivan dalam prose pelaksanaan pembelajaran berlangsung dengan baik. Fasilitas atau sarana dapat dibedakan menjadi 2 jenis yaitu.

  • Fasilitas fisik yaitu segala sesuatu yang berupa benda atau fisik yang dapat dibendakan, mempunyai peranan untuk memudahkan dan melancarkan suatu usaha. Contoh: alat tulis kantor, peralatan komunikasi, perabot kelas, perabot untuk praktik, dsb.
  • Fasilitas uang yaitu segala sesuatu yang bersifat mempermudah suatu kegiatan sebagai akibat bekerjanya nilai uang. Manajemen uang untuk materil digunakan untuk membeli barang-barang yang bersifat materil, contohnya: alat pelajaran, alat peraga, media pendidikan, dan lain-lain.

Manajemen Pembiayaan

Kegiatan pembiayaan meliputi 3 hal, yaitu budgeting (penyusunan anggaran), accounting (pembukuan), dan auditing (pemeriksaan).  Ketiga kegiatan tersebut harus dilakukan secara bertahap dan urut. Dimulai dari menyusun anggaran, lalu melakukan pembukuan terhadap dana, dan terakhir pemeriksaan anggaran.

Artikel lainnya :

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here