Apakah iPhone Bisa Terkena Virus? Berikut Penjelasannya

0
78
Apakah iPhone Bisa Terkena Virus? Berikut Penjelasannya

Apakah iPhone Bisa Terkena Virus? Berikut Penjelasannya – Pertanyaan yang satu ini ada dibenak saya semenjak pertama kali saya menggunakan iPhone dan mungkin sebagian besar teman-teman yang sedang membaca artikel ini juga bertanya-tanya akan hal itu. Untungnya iPhone dengan iOS-nya terkenal dengan keamanan maksimum, bisa dibilang jika soal keamanan iPhone lebih unggul dibandingkan smartphone-smartphone lainnya.

Bukan berarti ponsel pintar seperti Android mempunyai sistem rentan yang terkenan virus namun dikarenakan sistem operasi Android berbasis open source maka terdapat potensi atau celah yang dapat digunakan peretas untuk menanamkan sebuah virus atau malware.

Sangat langka kita menemukan kasus jika sebuah iPhone dapat terkena virus, mungkin teman-teman ketika lagi browsing internet membuka situs-situs yang tidak bertanggung jawab yang mengeluarkan pesan yang mengatakan bahwa iPhone kamu dalam bahaya dan kamu harus men-download suatu aplikasi untuk mengatasinya atau teman-teman juga bisa diarahkan pada suatu website tertentu dan meminta data personal kamu seperti email dan password. Percayalah kedua hal tersebut merupakan ciri-ciri utama dari penipuan dengan modus yang mengatakan iPhone kam terkena virus dan sebagainya.

Disisi lain, memang ada sebuah software atau aplikasi yang sengaja dirancang untuk menyebabkan kerusakan pada iPhone kamu akan tetapi ini juga sangatlah jarang terjadi. Dikarenakan setiap aplikasi yang kamu dapatkan selalu di-download melalui App Store bukan?

Nah kasus malware tersebut bisa ditemui jika kamu telah men-jailbreak iPhone kamu lalu kamu men-download sebuah aplikasi yang didapatkan dari sumber yang tidak jelas dimana aplikasi tersebut men-install sesuatu yang berbahaya bagi iPhone kamu.

Baca juga:

Cara Merekam Zoom Meeting di iPhone atau iPad

Bagaimana Cara Mengetahui Jika iPhone kamu Terkena Virus?

iPhone bisa saja terserang virus, namun sekali lagi seperti yang saya jelaskan diatas hal ini sangatlah jarang terjadi. Jikalau kamu masih merasa iPhone kepunyaanmu terkena virus ada hal-hal yang harus kamu telaah:

Apakah kamu telah men-jailbreak iPhone-mu? Jika iya, coba diingat apa aplikasi terakhir yang kamu download sebelum kamu menyadari ada sesuatu yang tidak beres dengan iPhone-nya.

Baca Juga:  Cara Memblokir Iklan di iPhone dengan Mudah 2020

Jika Terkena, Bagaimana Cara Mengatasinya?

Jika ada pesan-pesan error yang tidak biasanya muncul karena kamu membuka atau mengakses suatu aplikasu maka temukan aplikasi yang berpotensi sebagai malware tersebut lalu segeralah untuk menghapusnya.

Jika masalah terus berlanjut, kemungkinan besar ada masalah pada fisik atau hardware iPhone kamu. Jika sudah seperti ini ada baiknya kamu cek garansi iPhone kamu, jika masih berlaku segera bawa ke penjual iPhone-nya untuk diservis atau bisa juga mendatangi service center khusus produk Apple yang terdekat di kotamu.

Cara Mengetahui Masa Berlaku Garansi iPhone yang Kita Miliki

Demikian penjelasan singkat mengenai permasalahan iPhone dengan virus, semoga bermanfaat dan terima kasih.

Baca juga:

Cara Screenshot Panjang iPhone Tanpa Aplikasi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here