Yuk Simak Apa Saja Syarat Perpanjangan STNK

0
197
Yuk Simak Apa Saja Syarat Perpanjangan STNK

Idearmanto.com – Mengetahui apa saja syarat perpanjangan STNK menjadi hal yang wajib bagi Anda yang memiliki kendaraan bermotor misalnya motor ataupun mobil. Biasanya, perpanjangan STNK dilakukan di Samsat untuk pembayaran pajak tahunan ataupun per 5 tahun sekali. Namun dalam prakteknya, banyak yang akhirnya menggunakan jasa pihak ketiga agar terlihat tidak mengantri.

Tidak sedikitnya, banyak yang mengeluh harus membayar biaya yang lebih besar dari yang seharusnya. Padahal tersebut dapat diminimalisir dengan cara Anda datang sendiri ke Samsat untuk perpanjangan STNK kendaraan. Setelah perpanjangan, Anda dapat menggunakan kendaraan dengan ‘lebih lama’ tanpa takut ada masalah hukum karena Anda sudah memperpanjang usia kendaraan.

Yuk baca juga :

Jenis dan Syarat Perpanjangan STNK Kendaraan Bermotor

Sebelum Anda melakukan perpanjangan, Anda harus tahu terlebih dahulu apa saja syarat perpanjangan STNK yang harus Anda persiapkan. Cara ini dilakukan agar Anda tidak kebingungan ketika sudah sampai di Samsat karena ada persyaratan yang pulang yang mengharuskan Anda kembali ke rumah untuk mengambilnya.

Syarat untuk perpanjangan STNK yaitu:

  • STNK yang asli dan 1 lembar fotokopi.
  • KTP sesuai nama yang tertera di STNK dan 1 lembar fotokopi KTP.
  • BPKB asli dan 1 lembar fotokopiannya.
  • Motor yang ingin dibayarkan pajaknya.

Syarat perpanjangan STNK tahunan dan 5 tahunan berbeda. Syarat yang disebutkan di atas merupakan syarat untuk perpanjangan STNK 5 tahunan. Pajak ini berupa pergantian kertas STNK Kendaraan Anda dengan masa berlaku yang sudah mencapai 5 tahun.

Jikapun Anda perpanjangan untuk 5 tahun sekali, agar tidak terlalu mengantri terlebih ketika mengisi formulir perpanjangan, jangan lupa untuk membawa alat tulis sendiri. Dibandingkan dengan perpanjangan STNK tahunan, perpanjangan untuk 5 tahunan lebih lama sehingga sebaiknya Anda datang lebih pagi.

Sedangkan jika Anda hanya ingin mengajukan perpanjangan STNK misalnya motor untuk tahunan, syarat yang diperlukan hanya STNK asli dan KTP asli dengan nama sesuai dengan yang tertera di STNK. Bukti pajak hanyalah pengesahan yang diparaf serta di cap oleh kepolisian di bagian kolom sebelah kanan bawah ketika pembayaran pajak.

Syarat Perpanjangan STNK dan Prosedurnya

Setelah Anda menyiapkan syarat perpanjangan STNK, Anda harus tahu bagaimana prosedur untuk perpanjangan usia STNK 5 tahunan agar Anda dapat lebih cepat selesai. Prosedurnya yaitu seperti berikut.

  • Cek fisik atau gesek

Yuk Simak Apa Saja Syarat Perpanjangan STNK

Ketika pertama kali Anda sampai di Samsat dan memarkirkan kendaraan Anda, maka Anda sebaiknya langsung ke bagian loket pendaftaran untuk cek fisik dan kemudian mengambil nomor antriannya. Pada umumnya, di bagian prosedur ini tidak dikenakan biaya sehingga jika Anda ‘ditarik’ uang dengan jumlah tertentu, Anda dapat melaporkannya sebagai pungli.

  • Validasi hasil cek fisik

Ketika motor Anda sudah dicek fisiknya, misalnya masih layak jalan atau tidak, maka Anda harus memberikan hasil cek fisik serta STNK asli ke bagan legalisasi hasil cek fisik. Waktu yang diperlukan untuk mengurus hal ini adalah sekitar 15 menit.

  • Isi form perpanjangan

Tahapan selanjutnya adalah datang ke bagian loket pendaftaran untuk pengambilan formulir STNK. Isi bagian formulir ini dan jika pun Anda bingung mengenai hal apa yang harus diisi di di kolom formulir tersebut, Anda dapat bertanya ke petugas yang ada di bagian tersebut.

  • Mendaftar pembayaran pajak

Yuk Simak Apa Saja Syarat Perpanjangan STNK

Setelah berkas sudah selesai disiapkan, maka Anda harus menggabungkannya dengan file berkas cek fisik yang sudah dilegalisasi serta formulir pendaftaran yang sebelumnya Anda isi. Kemudian datang ke bagian pembayaran pajak dan berikan seluruh berkas tersebut ke loket pendaftaran.

  • Pembayaran pajak

Nantinya Anda akan dipanggil dan diberi nomor antrian. Butuh waktu sekitar 30-60 menit, bahkan mungkin lebih karena antrian lebih banyak, untuk dipanggil dan Anda harus membayarkan sejumlah uang sesuai dengan pajak yang harus dibayarkan.

Nantinya, Anda akan diberikan 2 lembar bukti pembayaran yang pertama adalah lembaran putih yang fungsinya adalah untuk pengambilan plat nomor dan yang kedua adalah lembar biru yang fungsinya untuk mengambil STNK motor yang terbaru.

  • Pengambilan STNK dan Plat Baru

Yuk Simak Apa Saja Syarat Perpanjangan STNK

Tahapan untuk perpanjangan STNK hampir selesai. Ketika sudah membayarkan pajak sesuai dengan jumlah yang ditentukan, maka Anda hanya perlu untuk mengambil STNK serta plat nomor yang baru di bagian loket TNKB.

Ketika Anda mengambil STNK Anda, cek terlebih dahulu apakah nama dan keterangan yang tertulis di STNK tersebut sudah sesuai dengan STNK Anda yang sebelumnya. Jangan sampai ada yang berbeda karena akan dapat menimbulkan masalah nantinya, terutama nama yang tertera di STNK.

Butuh waktu sekitar 1-2 jam agar Anda mendapatkan bukti bayar pajak Anda yang baru. Dalam tahapan ini, Anda hanya akan dibebankan biaya pajak sesuai dengan ketentuan dan tidak seharusnya membayar biaya lain di luar biaya pajak. Sehingga jangan sampai melakukan pembayaran tanpa disertai dengan kwitansi bercap Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP).

Alternatif dan Syarat Perpanjangan STNK

Selain antri ke Samsat, ada beberapa pilihan pembayaran untuk perpanjangan STNK, umumnya adalah untuk perpanjangan STNK Tahunan. Syarat perpanjangan STNK tidak berbeda, yang berbeda adalah tempat dan cara pembayarannya saja. Caranya yaitu:

  • Samsat online

Cara ini hanya dipergunakan untuk mempermudah dalam pembayaran dan perpanjangan STNK. Sayangnya, jenis layanan online ini hingga kini baru sebatas untuk mempermudah pembayarannya karena Anda tetap harus datang ke Samsat atau samsat keliling agar Anda dapat memperoleh pengesahan STNK yang baru.

  • Samsat Keliling

Selain datang ke samsat, kini ada pelayanan samsat keliling ke daerah-daerah tertentu di waktu yang sudah ditentukan. Syarat yang dibutuhkan tidak berbeda dengan syarat untuk perpanjangan STNK tahunan di samsat. Jika dibandingkan dengan datang ke samsat, perpanjangan STNK tahunan di samsat keliling lebih cepat.

  • Drive thru

Ternyata tidak hanya makanan yang dapat drive thru namun juga bisa untuk pembayaran pajak. Caranya lebih cepat yaitu hanya sekitar 5-10 menit dengan syarat jika dokumen untuk perpanjangan STNK sudah lengkap. Jika belu, sebaiknya dilengkapi terlebih dahulu.

Beberapa syarat yang harus disiapkan adalah STNK dan BPKB asli, KTP orang yang memiliki STNK dan motor yang harus dibayarkan pajaknya. Setelah itu, Anda hanya perlu untuk datang ke bagian loket pembayaran pajak drive-thru di Samsat. Kemudian berkas Anda akan diperiksa di loket pertama dan nantinya Anda hanya perlu untuk membayar pajak di loket kedua.

Itulah syarat untuk perpanjangan STNK kendaraan bermotor yang dapat dilakukan di Samsat ataupun samsat keliling. Anda dapat memilih untuk melakukan perpanjangan dengan cara apa, akan tetapi, jika Anda kurang yakin terutama untuk pajak 5 tahunan, sebaiknya Anda datang ke Samsat langsung. Semoga informasi di atas bermanfaat untuk Anda!

Artikel menarik lainnya :

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here