Analisa Peluang Bisnis Rumahan Usaha Toko Jilbab Sampai Tuntas

0
107
Analisa Peluang Bisnis Rumahan Usaha Toko Jilbab Sampai Tuntas
credit : @sakhishop86

Analisa Peluang Bisnis Rumahan Usaha Toko Jilbab – Peluang bisnis jilbab atau hijab semakin berkembang dan menguntungkan akhir-akhir ini. Hal ini karena para perempuan muslim sekarang juga semakin banyak yang memakai jilbab. Banyak variasi dan pola corak jilbab yang ada membuat jilbab semakin populer dan fashionable. Tidak seperti dulu, model jilbab pun juga bermacam-macam. Contohnya, jilbab segi empat, jilbab pashmina, jilbab khimar dan lain sebagainya.

Konsumen dari bisnis jilbab sekarang juga sudah meluas, tidak hanya wanita-wanita muda, tapi ibu-ibu sekalipun juga ingin tampil modis dengan berbagai model dan variasi yang dipakai. Para produsen juga semakin banyak membuat modal-model baru untuk menciptakan tren di kalangan pemakai jilbab.

Oh iya sebelumnya kita telah membahas :

Perkembangan bisnis jilbab yang pesat membuat orang banyak yang merintis bisnis jilbab di mana-mana. Peluang bisnis rumahan dengan membuka toko jilbab tidak hanya marak di offline, tetapi bisnis jilbab ini juga menjamur melalui toko online. Hal ini membuktikan bahwa bisnis jilbab memang salah satu bisnis yang masih menjadi idola untuk beberapa saat ke depan. Apalagi saat momen-momen tertentu, jualan jilbab akan mencapai puncak keuntungannya yaitu menjelang bulan ramadhan.

Pada bulan tersebut, permintaan akan jilbab biasanya naik pesat. Karena itu, merintis usaha dengan membuka bisnis jilbab bisa menjadi salah satu pilihan bisnis yang menjanjika. Berikut ini analisa Peluang Bisnis Rumahan Usaha Toko Jilbab, simak terus ulasannya sampai selesai ya..

Sebelum kita benar-benar memulai bisnis jilbab, ada ha-hal yang harus dipersiapkan sebelumnya. Berikut diantaranya :

  • Survey variasi dan pola jilbab yang sedang menjadi tren saat ini.  kita bisa menanyakan langsung kepada para penjual jilbab di pasar, ataupun dengan survey di toko-toko jilbab online produk mana yang paling laris di katalog mereka.
  • Survey juga jenis kain yang akan dipakai untuk bahan baku jilbab. Salah satu faktor kenyamanan memakai jilbab adalah jenis kain jilbab yang dipakai. Carilah jenis kain yang adem saat dipakai.
  • Tentukan target market dari bisnis jilbab kita, apakah anak-anak, remaja atau dewasa.
  • Survey tempat-tempat penjual pakaian yang berkualitas bagus dan murah. Hal ini penting untuk menekan biaya produksi jilbab nantinya.
  • Tentukan strategi bisnis jilbab yang akan dipakai.

Analisa Bauran Pemasaran (4p) Dalam Bisnis Rumahan Toko Jilbab

Analisa bauran pemasaran atau yang biasa di kenal dengan 4P ini, akan kita pakai untuk melihat gambaran umum bisnis kita. berikut pembahasannya :

•    Product (produk)

Produk dalm bisnis rumahan kali ini adalah jilbab atau hijab atau kerudung. Karena begitu banyak varian dan model yang ada saat ini, kita bisa memilih spesialis model jilbab tertentu untuk mengerucutkan target segmen market kita. contohnya, bisnis jilbab kita hanya melayani produk jilbab untuk segi empat dan pashmina saja. Semakin kita fokus dalam memilih jenis jilbab tertentu, maka semakin dalam pemahaman kita tentang model tersebut. Pada akhirnya, bisnis kita bisa saja benar-benar menjadi spesialis dan menjadi trend setter bagi model jilbab pashmina dan segi empat.

•    Place (lokasi)

Lokasi yang akan kita pakai dalam usaha rumahan bisnis jilbab ini bisa sangat fleksibel. Apabila kita hanya mempunyai modal yang minim, kita bisa memilih untuk membuka usaha dengan lokasi di toko online atau media sosial. Membuat akun-akun media sosial tidaklah mengeluarkan biaya. Kecuali membuat toko online profesional akan membutuhkan sedikit biaya. Tapi banyak juga website-website penyedia toko online yang bisa kita dapatkan secara gratis. Misalnya tokopedia.com, bukalapak.com dan lainnya.

Tapi apabila kita ingin menggunakan ruko sebagai tempat usaha jilbab pun juga tidak ada salahnya. Pilihlah lokasi yang dekat dengan pangsa pasar kita karena akan lebih baik. Misalnya toko jilbab di lokasi sekitar kampus. Perhatikan tata letak atau dekorasi ruangan karena sedikit banyak akan berpengaruh dalam kenyamanan berbelanja pengunjung.

•    Promotion (promosi)

Banyak pilihan yang bisa kita lakukan untuk mempromosikan bisnis jilbab kita. berikut ini beberapa diantaranya :

  • Promosikan bisnis jilbab melalui media sosial yang ada. Kita bisa memanfaatkan fanpage facebook untuk membuat komunitas bisnis jilbab kita. Fanpage ini salah satu fasilitas yang bagus dari facebook untuk mengumpulkan pangsa pasar kita. Update konten dengan hal-hal yang bermanfaat untuk para likers fanpage. Selain itu, kita juga bisa menggunakan media sosial yang lainnya, seperti instagram dan twitter.
  • Ikutlah event pameran yang ada disekitardi daerah kita untuk mempromosikan bisnis jilbab. Semakin sering kita ikut event-event pameran, semakin dikenal bisnis toko jilbab kita.
  • Jadilah sponsor-sponsor dalam kegiatan mahasiswa dengan pesertanya adalah wanita. Apabila ada pengajian kampus atau kegiatan yang akan dihadiri oleh wanita-wanita muslim, cobalah minta ijin untuk membuka lapak disana. Hal ini juga bisa kita manfaatkan untuk menyebar brosur dan denah lokasi bisnis jilbab kita. Bawalah model-model jilbab terbaru dan yang lagi tren saat ini.
  • Buat program-program penjualan untuk menarik minat pembeli. Kita bisa memberikan diskon atau potongan harga pada hari-hari tertentu, atau khusus event.
  • Buatlah kartu nama yang menarik, sisipkan dalam bungkus jilbab kepada setiap pembeli yang datang ke toko jilbab kita.

•    Price (harga)

Apabila kita mempunyai produk jilbab model yang bagus degan bahan yang nyaman dipakai, bukan tidak mungkin kita bisa menaikkan harga produk kita. Semakin unik dan eksklusif produk jilbabnya, maka kita bisa sedikit memainkan harga jilbab menjadi lebih tinggi dari harga pasaran. Tapi, sebaiknya kita juga melakukan survey harga jilbab sejenis yang lain supaya harga yang kita pasang tidak terlalu mahal atau pun tidak terlalu murah dibanding yang lain.

Sedangkan, analisa modal usaha untuk  bisnis jilbab offline dengan modal kecil bisa dilihat dalam perhitungan berikut ini :

1. Modal awal

Peralatan :

Meja kayu (plus almari)                                  2.000.000

Kayu gantungan kerudung                                  750.000

Kursi plastik                                                          50.000

Hanger besi untuk display di depan toko           500.000

Koleksi barang                                                  6.700.000

Jumlah                                                            10.000.000

Peralatan akan mengalami penyusutan (depresiasi) selama 4 tahun dengan nilai residu (sisa) sebesar 1.000.000 dengan menggunakan penyusutan metode garis lurus. Jadi biaya penyusutan pertahun 10.000.000 – 1.00.000 dibagi dalam 4 tahun menjadi 2.250.000/ tahun atau sama dengan 187.500/ bulan.

Perlengkapan :

Kantong plastik                                     50.000

Kalkulator                                              50.000

Spanduk promosi                                100.000

Promosi                                               100.000

Jumlah                                                300.000

2. Perhitungan laba rugi per bulan

Pendapatan :

Pemasukan 150.000 x 30 hari = 4.500.000

Biaya-biaya :

Biaya Sewa tempat                                             500.000

Biaya Stok barang                                           1.000.000

Biaya Gaji karyawan                                         650.000

Biaya Transportasi                                             300.000

Biaya Listrik                                                      150.000

Biaya perlengkapan                                            300.000

Biaya penyusutan peralatan                               187.500

Jumlah biaya                                                   3.087.500

Laba bersih                                                     1.412.500

Asumsi: Apabila ada perubahan harga bahan baku atau yang lainnya, silahkan disesuaikan dengan kondisi yang terbaru. Harga produk juga disesuaikan kembali untuk pendapatkan laba yang diinginkan. Semakin banyak penjualan, tentu laba perbulan juga akan semakin tinggi.

Analisa SWOT Bisnis Rumahan Usaha Toko Jilbab

Faktor Internal – Strenght (Kekuatan) &Weakness (Kelemahan)

  • Lokasi usaha yang strategis
  • Model dan variasi jilbab yang terbaru
  • Usaha yang belum dikenal
  • Bahan baku jilbab tertentu yang terbatas

Faktor Eksternal – Opportunity (Peluang) & Treatment (Ancaman)

  • Pangsa pasar jilbab yang luas
  • Tren untuk memakai jilbab semakin banyak
  • Kenaikan harga kain
  • Persaingan yang ketat
  • Pergantian tren model saat stok lama masih banyak

Strategi Bisnis Jilbab Yang Bisa Dilakukan Berdasarkan Analisa SWOT

Berdasarkan analisa SWOT di atas, ada beberapa strategi bisnis yang bisa kita terapkan untuk mengembangkan bisnis jilbab ini. Diantaranya adalah sebagai berikut :

•    Cari reseller-reseller atau mita bisnis untuk ikut memasarkan jilbab kita. Buat program khusus reseller yang akan saling menguntungkan bagi semua.

•    Selalu ikuti perkembangan model jilbab yang sedang tren dengan membaca majalah-majalah mode dan browsing dari internet.

•    Bila kita belum bisa memproduksi semua produk jilbab kita, cari beberapa pemasok jilbab dari produsen atau konveksinya secara langsung untuk mendapatkan harga yang murah.

•    Bila kita mempunyai stok lama yang tidak juga terjual, gunakan stok lama tersebut sebagai bagian dari program-program promo kita. Misalkan kita gunakan sebagai bonus penjualan atau yang lainnya.

•    Apabila ada karyawan, pilihlah karyawan wanita dengan paras wajah yang ayu dan memakai jilbab. Karena kita bisa menjadikan karyawan kita sebagai model jilbab kita secara gratis hehe..

•    Buatlah tutorial-turorial dalam memakai jilbab yang bisa kita bagikan kepada komunitas bisnis jilbab kita di media sosial dan website.

Peluang Bisnis Rumahan Usaha Toko Jilbab untuk beberapa tahun kedepan masih terus menjanjikan keuntungan yang bagus. Asalkan bisnis jilbab kita selalu bisa mengikuti tren dan memberikan kualitas dan pelayanan yang baik, bukan tidak mungkin bisnis jilbab kita akan menjelma menjadi salah satu rujukan para pemakai jilbab di daerah kita. Demikian pembahasan analisa peluang usaha bisnis jilbab atau hijab atau kerudung kali ini. Semoga bermanfaat untuk semua pembaca. Salam sukses!

Artikel lainnya :

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here