7 Usaha Kecil-kecilan Yang Menjanjikan Di Indonesia

0
125

7 Usaha Kecil-kecilan Yang Menjanjikan Di Indonesia – Akhir-akhir ini, masyarakat Indonesia banyak yang perlahan-lahan memulai usaha kecil-kecilan. Dari banyak orang yang ingin berwirausaha itu, masih terdapat pula yang mengira-ngira bisnis apakah yang akan dilakukan. Apalagi, di tengah masa pandemi sekarang ini tentunya harus pintar mencari penghasilan tambahan dengan salah satunya dengan cara berbisnis.

Segala sesuatu yang besar tentu dimulai dari kecil dahulu. Membuka bisnis kecil-kecilan bisa menjadi batu loncatan bagi anda untuk belajar. Kedepannya, bukan tidak mungkin akan berkembang menjadi usaha yang lebih besar. Sayangnya, banyak orang yang kebingungan mencari ide usaha apa yang hendak dijalankan dan prospeknya bagus.

Sebeleumnya kita juga telah membahas :

7 Usaha Kecil-kecilan Yang Berpotensi menghasilkan Keuntungan

Memiliki bisnis yang besar memang tentu jadi setiap orang. Namun, seringkali modal merupakan kendala utama. Anda tidak perlu khawatir, jika memang budget tidak terlalu besar. Masih ada usaha kecil-kecilan yang tetap berpotensi menghasilkan keuntungan jika dilakukan dengan konsisten dan sabar. Berikut ini adalah beberapa jenis usahanya:

1. Jualan Masker Motor

7 Usaha Kecil-kecilan Yang Menjanjikan Di Indonesia

Sekarang ini, jumlah pengendara roda dua semakin hari semakin bertambah. Ini memunculkan sebuah peluang usaha yang tidak ada habisnya, yaitu berjualan masker. Apalagi di tengah masa pandemi sekarang ini, setiap orang diwajibkan mengenakan masker tidak hanya di atas kendaraan roda dua, tapi juga di tempat-tempat umum.

Variasi masker sendiri beragam. Anda bisa menjual jenis masker scuba, masker kain, ada juga dengan berjualan masker buff. Setiap orang yang sekarang ini sepertinya sudah menyadari pentingnya mengenakan masker dan jadi kebutuhan paling penting di masa pandemi ini. Anda bisa mencari supplier masker termurah dan terdekat. Anda bisa melihat harga pasaran untuk masker di marketplace seperti Shopee.

2. Bisnis Jasa Laundry

7 Usaha Kecil-kecilan Yang Menjanjikan Di Indonesia

Bisnis berikutnya yang punya prospek cukup menguntungkan yaitu laundry pakaian. Apalagi, jika bisnis dibuka di dekat perumahan yang memang kebanyakan merupakan pekerja atau pegawai kantoran.Kebanyakan dari mereka, mungkin malas atau tidak punya waktu mencuci pakaian sendiri.

Tentu dengan membuka laundry di sekitar mereka bisa berpotensi jadi pilihan terbaik. Apalagi, jika anda menyediakan fasilitas antar jemput pakaian itu akan semakin membuat customer loyal. Anda bisa memulai mencari franchise laundry ataupun membukanya secara mandiri.

3. Jasa Desain Grafis Dan Percetakan

7 Usaha Kecil-kecilan Yang Menjanjikan Di Indonesia

Usaha kecil-kecilan yang juga cukup menjanjikan penghasilan, yaitu jasa desain grafis dan percetakan. Banyak kebutuhan yang harus dipenuhi dengan cara mencetak, misalnya untuk membuat spanduk toko, poster, undangan acara resepsi, dan sebagainya. Jika anda memiliki keahlian desain grafis, Anda bisa mulai memilih membuka usaha ini.

Atau, jika anda tidak punya kemampuan dalam desain grafis bisa mengajak rekan atau keluarga yang punya keahlian ini. Anda bisa sebagai pemodal sekaligus mencari pelanggan. Sedangkan, desainer fokus untuk membuat bentuk desain yang diinginkan customer. Setelah jadi, anda tinggal mencetaknya sesuai keinginan pelanggan.

4. Bisnis Kecil-kecilan Makanan Dan Minuman

Usaha di bidang kuliner menjadi salah satu yang selalu ada dan tidak lekang oleh waktu. Setiap orang tentu butuh makan atau minum, dan selama mereka melakukannya maka bisnis di bidang ini tetap selalu terbuka lebar. Apalagi, anda tahu pangsa pasarnya dan berada di lokasi cukup ramai.

Salah satu usaha kecil-kecilan cukup menyajikan misalnya membuka bisnis jajanan. Anda bisa mulai membukanya di pusat pusat kuliner dengan harga yang lebih bersaing. Alternatif menu yang biasanya banyak dicari seperti bakso, ketoprak, ketupat sayur, atau aneka minuman segar. Dengan promosi bagus dan penjualannya yang ramah, bisa jadi bisnis kecil ini lama-lama jadi besar.

5. Jual Sayuran dan Lauk

Usaha kecil-kecilan bisnis sayuran maupun lauk bisa jadi alternatif bisnis selanjutnya. Anda bisa memilih apakah ingin menjual sayuran dan lauk mentah, mengolahnya setengah jadi atau tinggal dimasak oleh pelanggan, ataupun dengan jualan dalam bentuk yang sudah matang. Potensi dari bisnis ini cukup lumayan karena dapur harus dipenuhi kebutuhannya oleh semua ibu rumah tangga.

Pilihannya promosinya, Anda bisa berkeliling atau membuka di tempat yang strategis. Kualitas sayuran dan lauk yang lebih segar bisa membuat para pelanggan jadi makin tertarik. Apalagi, kalau anda menambahkan layanan antar pesanan melalui WhatsApp. Tentu saja kemudahan yang ditawarkan tersebut, makin memikat hati para pelanggan baru maupun lama.

6. Bisnis Jasa kurir

Pilihan usaha selanjutnya yang sedang naik daun adalah bisnis jasa kurir. Seperti yang diketahui, sekarang ini segala sesuatu hampir bisa dibeli secara online dan pengirimannya juga melalui kurir. Apalagi, di tengah masa pandemi, orang-orang cenderung memesan kebutuhan secara online dari pada datang ke lokasinya langsung.

Dengan menyiapkan modal yang tidak terlalu besar, anda bisa mulai membuka bisnis ini. Pilih agen kemitraan kurir yang memang dikenal punya layanan bagus dengan biaya ongkos kirim lebih terjangkau. Pastikan juga Anda membuka usahanya di tempat yang cukup banyak dilalui orang atau banyak para pebisnis online di sekitarnya.

7. Bisnis layanan PPOB

Peluang usaha kecil-kecilan selanjutnya yang cukup menjanjikan yaitu membuka layanan PPOB. Kepanjangannya sendiri adalah Payment Point Online Bank dengan menyediakan berbagai pembayaran online. Beberapa layanannya misalnya pembayaran BPJS, PDAM, PLN, paket data, voucher game, sampai dengan agen perjalanan.

Bisnis PPOB ini bisa digabungkan juga, jika Anda memang membuka usaha warung kecil atau toko kelontong. Biasanya, orang yang berbelanja juga cenderung ingin mengisi pulsa telepon, listrik, atau bayar angsuran. Dengan hanya bermodalkan smartphone dan saldo mencukupi, Anda bisa mulai membuka bisnis ini pada sejumlah mitra penyedia layanan PPOB ini.

Tips Menjalankan Usaha Ini dan Mengelolanya dengan Baik

Menjalankan usaha kecil-kecilan memang tidak perlu modal besar. Akan tetapi, ini bukan alasan untuk berpikir bahwa bisnis ini biasa saja dan menjadikan anda tidak serius mengelolanya. Memulai bisnis kecil-kecilan bisa anda terapkan dengan beberapa tips berikut ini:

  • Memiliki Niat Yang Besar

Niat yang besar dan konsistensi harus dimiliki seorang yang membuka usaha apapun. Jika Anda menganggap usaha ini tidak terlalu menguntungkan di awal-awal, itu hal yang wajar. Akan tetapi jangan putus asa dan langsung menutupnya. Tetaplah konsisten dan terus promosikan produk atau layanan anda ke orang-orang agar semakin banyak yang tahu.

  • Manajemen Keuangan Yang Baik

Meskipun usaha anda tidak terlalu besar, tetap harus melakukan manajemen keuangan yang baik. Anda harus bisa memisahkan mana keuntungan dan sebisa mungkin jangan sampai mengganggu modal. Jika uang untuk modal terpakai sedikit demi sedikit, maka stok produk akan semakin minim yang bisa disediakan.

  • Menjaga Kualitas Produk Dan Jujur

Kualitas barang yang dijual menentukan masa depan usaha. Saat anda menjual barang yang cacat atau tidak berkualitas, itu akan diingat terus oleh para customer dan mereka akan kapok mendatangi tempat usaha anda. Kejujuran juga jadi modal utama, dan jangan sampai Anda membohongi pelanggan tentang kualitas produk yang dijual tersebut.

Itulah beberapa informasi tentang 7 usaha kecil-kecilan yang bisa mendatangkan keuntungan bagi cukup lumayan besar. Hal yang perlu diingat, bahwa tidak ada yang tidak mungkin Jika anda mau bertekad membesarkan bisnis tersebut. Meskipun untung maupun rugi pasti ditemui, tapi itu akan jadi pengalaman berharga untuk makin membuat Anda jadi sukses di kemudian hari.

Artikel lainnya :

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here