7 Ide Bisnis Rumahan 2019 yang Sudah Sepatutnya Anda Coba!

0
222
ide bisnis rumahan

7 Ide Bisnis Rumahan 2019 – Lapangan pekerjaan saat ini jumlahnya sangat berlimpah, bahkan hampir setiap hari selalu ada iklan lowongan pekerjaan di berbagai media. Namun banyaknya lapangan tersebut masih belum sebanding dengan jumlah pencari kerja yang ada.

Baca juga :

Tidak heran bila saat ini banyak yang lebih meminati menjadi pengusaha atau membuka lapangan pekerjaan baru. Untuk melakukannya, anda tidak perlu memikirkan bagaimana menyewa tempat atau memiliki lokasi baru sebab anda bisa memanfaatkan rumah anda sebagai lahan usaha. Berikut ini 7 ide bisnis rumahan yang mungkin bisa anda lakukan :

  1. Warung Makan Delivery

7 Ide Bisnis Rumahan 2019 yang Sudah Sepatutnya Anda Coba!

Dewasa ini usaha kuliner tidak lagi hanya mengandalkan tempat usaha yang menawan dan memiliki ukuran luas. Keberadaan transportasi online serta fasilitas food delivery menjadi salah satu pemicu kemudahan perkembangan bisnis yang satu ini. Bagi anda yang memiliki kegemaran memasak, anda bisa membuka bisnis masakan rumahan yang dikhususkan untuk dihantarkan kepada pelanggan. Anda bisa secara spesifik memberikan paket menu makan siang ataupun paket berlangganan kepada pasar di sekitar anda.

Bisnis warung makan delivery ini bisa sangat menguntungkan dan menjanjikan sebagai ide bisnis rumahan jangka panjang. Terlebih bila area tempat tinggal anda banyak terdapat gedung perkantoran atau kos-kosan. Selain itu keberadaan jasa pengiriman online juga bisa menjadi alternatif yang memudahkan anda menghantarkan pesanan customer. Agar lebih menarik dan mudah dikenal, jangan lupa untuk membuat kemasan yang unik dan aman untuk dikirim.

  1. Menjual Desain di Internet

7 Ide Bisnis Rumahan 2019 yang Sudah Sepatutnya Anda Coba!

Jasa desain digital saat ini menjadi primadona di pasar digital saat ini. Penjualan jasa desain digital memberikan lebih banyak peluang kerja serta wadah kreatif bagi anak-anak muda di berbagai belahan dunia. Banyak bidang desain kreatif yang bisa dipilih bagi anda yang menyukai dunia desain. Mulai dari desain kemasan produk, desain logo, desain nama, desain interior, desain arsitektur, hingga menjual stock desain melalui website luar negeri. Pasar internasional untuk bidang ini sangat menjanjikan, bila dibandingkan dengan pasar lokal. Hal ini disebabkan oleh tingginya kesadaran masyarakat di luar sana untuk menghargai ide dan proses dalam membuat sebuah desain. Anda bisa memulai desain dengan mengikuti program yang ada di 99designs.com sebagai seorang freelancer.

Usaha desain digital merupakan sebuah ide bisnis rumahan yang bisa anda lakukan secara mobile cukup dengan memiliki alat elektronik seperti komputer pribadi, komputer jinjing, maupun tablet yang memiliki spesifikasi yang cukup mumpuni. Anda bisa mulai membuat portofolio karya anda yang spesifik dan berkarakter. Cobalah untuk menawarkan jasa anda pada web-web jual beli jasa desain digital ini. Seorang desainer digital profesional bisa mendapat bayaran 15-50 USD untuk sebuah desain sederhana. Peluang yang sangat menjanjikan bukan?

Artikel lainnya :

  1. Influencer Sosial Media

7 Ide Bisnis Rumahan 2019 yang Sudah Sepatutnya Anda Coba!

Di balik segala kontroversinya, media sosial ternyata bisa menjadi ladang bisnis yang menguntungkan. Influencer merupakan orang-orang di media sosial yang memiliki banyak pengikut dan dapat menularkan suatu tren kepada banyak kalangan. Anda juga memiliki kesempatan untuk menjadi seperti itu dan dapat dilakukan dari rumah anda. Diperlukan proses yang cukup panjang untuk mencapai level pengikut yang banyak agar anda dikenal banyak orang. Membuat karya tertentu atau menonjolkan suatu keunikan yang anda miliki dan menarik banyak orang adalah cara yang harus anda lalui untuk menjadi seorang influencer.

Konsistensi adalah kunci dari keberhasilan anda meraih banyak pengikut. Setelah anda memiliki cukup banyak pengikut, tinggal tunggu banyak brand akan mendekati anda untuk mempromosikan produk mereka. Dari sini anda bisa mendapatkan banyak pemasukan baik berupa uang ataupun produk dari apa yang anda promosikan.

  1. Les Privat

7 Ide Bisnis Rumahan 2019 yang Sudah Sepatutnya Anda Coba!

Les Privat dengan memanfaatkan rumah anda sebagai tempat belajar siswa-siswi usia SD hingga SMA menjadi sebuah bisnis yang tidak akan pernah mati. Ide bisnis rumahan ini mungkin terdengar sudah kuno, namun harus diakui bahwa pasar untuk bisnis ini tidak akan pernah habis. Terlebih lagi saat ini masih banyak orang tua yang menuntut anaknya harus memiliki prestasi akademik di sekolahannya.

Anda bisa memanfaatkan ruang tamu yang disusun menyerupai ruang kelas untuk 5-6 orang. Kelompok kecil tentu akan lebih menguntungkan anda bila dibandingkan mengajar satu per satu. Hal ini membuat anda lebih efisien secara waktu dengan mendapatkan penghasilan lebih banyak. Namun tentu bila murid anda menginginkan privat, anda bisa mematok harga yang lebih tinggi dibanding harga untuk kelompok. Ide usaha rumahan ini bisa anda lakukan terutama bila anda bisa mengatur waktu dengan baik.

  1. Usaha Fotokopi

Fotokopi atau penggandaan dokumen juga menjadi ide bisnis rumahan yang tidak akan mati. Untuk memulai usaha ini anda bisa mengawali dengan menyewa terlebih dahulu. Saat ini banyak tempat di kota-kota besar menyediakan jasa sewa mesin fotokopi. Harganya tentu jauh lebih terjangkau dibandingkan bila anda harus membeli mesin baru. Fasilitas ini juga sangat menguntungkan bagi anda yang memiliki dana terbatas.

Meskipun bila anda bayangkan keuntungan per lembarnya tidaklah besar, namun tentu saja dalam seharinya anda akan bisa melayani hingga ribuan lembar. Belum lagi bila anda memiliki tempat tinggal di sekitar kawasan perkantoran, lembaga pemerintahan, fasilitas umum seperti rumah sakit, dan kawasan sekolah. Anda bisa saja memanfaatkan sedikit halaman rumah berukuran setidaknya 2×3 meter sebagai tempat bisnis anda. Agar lebih menguntungkan dan menambah pemasukan, anda bisa juga menjual berbagai alat tulis.

  1. Rental Mobil

Jika anda memiliki sisa lahan yang cukup luas, anda bisa memanfaatkanya untuk bisnis rental mobil. Persewaan mobil bisa menjadi ide bisnis rumahan yang sangat menguntungkan sebab setidaknya di akhir pekan banyak orang mencari media transportasi untuk berlibur. Jika anda tidak memiliki modal yang cukup besar, anda bisa mengajak teman-teman anda yang memiliki mobil pribadi untuk mengembangkan bisnis ini. Sistem keuntungannya dapat menggunakan sistem bagi hasil.

Usaha ini hanya perlu anda lakukan di rumah, dengan membuat garasi untuk menyimpan mobil yang anda sewakan. Untuk harga sewa anda bisa menyesuaikan dengan harga yang berlaku di daerah anda. Demi keamanan dan meminimalisir kejadian yang tidak diinginkan, siapkan pula modal lebih untuk memasang sistem pelacak pada setiap kendaraan yang anda sewakan. Untuk jangka panjang, selalu sisihkan sebagian hasil sewa untuk biaya perawatan pajak, dan dalam beberapa bulan mungkin anda bisa memikirkan menambah armada pribadi, sehingga anda bisa mendapatkan semakin banyak keuntungan.

  1. Rental Kamera

ide bisnis rumahan

Ide bisnis rumahan yang sedang berkembang dan banyak penggemar saat ini adalah persewaan kamera. Saat ini banyak remaja yang mulai tertarik dengan bidang fotografi dan videografi, Belum lagi banyak dari penyedia jasa foto dan video memulai usahanya dari peralatan seadanya. Pasar ini menjadi kesempatan anda untuk menjaring pasar di daerah anda tinggal. Anda bisa memulai dengan 4-5 kamera DSLR atau Mirrorless bekas sebagai modal awal anda, sediakan pula 3-4 jenis lensa yang tidak umum seperti lensa fix, wide, dan tele. Untuk menghemat pengeluaran di muka, anda bisa mulai dengan 1 brand kamera dahulu.

Artikel seru lainnya :

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here