7 Cara Mengatasi iPhone Lemot tanpa Ribet

0
185
iphone lemot dan panas

7 Cara Mengatasi iPhone Lemot tanpa Ribet – Apakah iPhone anda lemot dan panas? Jika iya, maka anda tidak sendirian bahkan hal ini hampir semua pengguna iPhone telah mengalaminya. Sejak tahun 2017, dimulai dari terbentuknya iPhone 6, perusahaan Apple telah mengubah skala prioritas mereka, dari yang sebelumnya memprioritaskan performance kini beralih lebih memprioritaskan keawetan dari baterai iPhone itu sendiri.

Banyak orang- orang yang merasakan kinerja iPhone-nya turun setelah meng-upgrade iOS yang baru. Namun yang perlu menjadi perhatian anda, jika iPhone anda lemot setelah upgrade iOS yang baru jangan langsung serta merta mengambil kesimpulan bahwa iOS yang baru tidak cocok dengan iPhone anda.

Pada artikel ini saya akan jelaskan bagaimana cara meningkatkan kecepatan dari iPhone anda kembali tanpa harus downgrade ke iOS yang lama dan apa penyebab iPhone anda menjadi lamban dari biasanya. Cara yang disebutkan juga bisa anda terapkan pada perangkat iPad atau iPod.

Catatan: Apple kini terus berinovasi dan berimprovisasi dalam hal performance dengan model terbarunya yaitu iPhone XR, iPhone XS, dan iPhone XS Max yang memperbaiki berbagai bugs dan masalah yang ada di versi iPhone sebelumnya.

Sebelum Anda Melakukan 7 Tahapan yang Ada Dibawah

Ada baiknya anda melakukan backup terhadap iPhone anda untuk mengantisipasi apabila ada error atau kehilangan sejumlah data kedepannya. Namun kedua hal tersebut sangatlah jarang terjadi akan tetapi sekali lagi tidak ada salahnya untuk melakukan backup dengan beberapa cara yang mudah anda praktekkan sebagai berikut:

Cara Backup iPhone-nya Bagaimana?

  • Backup via iCloud
  1. Pastikan iPhone nya terhubung dengan koneksi Wifi
  2. Buka menu Settings, pilih banner Apple ID anda

cara backup iphone

3. Lalu pilih iCloud > iCloud Backup(Turn On jika dalam keadaan Off)

4. Selanjutnya tekan Back Up Now dan iPhone akan memulai proses backup-nya.

iCloud menfasilitasi backup data iPhone anda sebesar 5 GB. Jika anda ingin lebih dari 5 GB, maka anda diharuskan berlangganan secara bulanan. Untuk tambahan space sebesar 50 GB anda dikenakan Rp 15.000 per bulan dan untuk 200 GB dikenakan Rp 45.000 serta yang terakhir untuk 2 TB Rp 149.000 per bulan.

  • Backup via iTunes

Untuk dapat melakukan proses ini, anda harus memiliki software iTunes di PC atau Mac. Jika belum memilikinya kamu bisa download disini. Langkah-langkah backup via iTunes :

  1. Buka iTunes di komputer anda
  2. Hubungkan iPhone dengan komputer anda
  3. Centang “This computer”, lalu pilih File > Devices > Back Up, atau pilih Back Up now di bagian halaman “Summary” dan proses backup akan dimulai. Anda bisa lihat tahap ini pada gambar dibawah.

Metode backup seperti ini dapat menyimpan semua data dari iPhone seperti foto, video, pesan teks,audio, aplikasi,dll tanpa ada batasan ukuran backup seperti metode via iCloud yang telah disebutkan diaatas dan cara backup iPhone via iTunes seperti ini gratis alias tidak dikenakan biaya sepeserpun namun yang perlu diingat, anda harus menyediakan space sebesar data yang anda simpan pada iPhone anda. Maka dari itu mungkin metode ini sulit dipraktekkan pada anda yang memiliki iPhone berkapasitas 128 GB.

  • Backup via Google Drive

Tahapan backup yang satu ini kita tidak menggunakan fitur dari Apple. Caranya pun sangat mudah, anda hanya perlu menginstall Google Drive yang bisa diunduh di App Store yang terdapat pada iPhone anda. Ketika selesai menginstall, buka aplikasi Google Drive > pilih menu Settings dengan gambar ikon roda gigi > Backup > Start Backup dan proses backup akan dimulai. Google drive akan membackup file-file berupa daftar kontak, event kalender, foto dan video namun tidak mampu untuk membackup pesan teks, pesan suara, pengaturan iPhone dan data aplikasi, serta hal-hal lainnya.

Solusi Backup yang Dapat Anda Kombinasikan

Anda bisa kombinasikan metode Google Drive dengan metode iCloud, agar jika anda melewati space backup gratis dari iCloud sebesar 5 GB, kelebihan file lainnya bisa anda simpan di Google Drive, jadi anda tidak perlu membayar kelebihan per bulannya untuk backup via iCloud.

Sebelum anda berpikiran untuk lansung memutuskan membeli atau mengganti iPhone yang baru, yuk simak dulu 7 Cara Mengatasi iPhone Lemot tanpa Ribet :

1. Perbaharui atau Update iOS

Seperti yang sudah saya singgung sebelumnya, Jika dirasa iPhone anda lemot maka anda harus tetap mengupdate iOS terbaru dengan tujuan mendapatkan fitur-fitur baru dan memperbaiki masalah-masalah yang ada pada versi sebelumnya. iOS terbaru Bisa anda dapatkan dengan dua cara :

Pertama, langsung via iPhone. Pilih menu Settings > General > Software Update. Jika anda telah mengupdate sebelumnya akan muncul tulisan “Your software is up to date”, jika belum anda akan dapati pilihan “Download and Install”. Metode update dengan cara pertama ini dapat anda lakukan apabila anda terhubung dengan jaringan Wifi.

Kedua, update secara manual via iTunes. Buka iTunes di komputer anda dan sambungkan iPhone anda dengan komputer melalui usb. Klik logo iPhone di iTunes > Summary > Check for Update > Download and Update. Masukan kode password iPhone anda jika diminta. Jika update menggunakan metode ini, files iOS otomatis tersimpan di komputer anda.

Disaat penulisan artikel ini, sistem operasi terbaru untuk iPhone adalah iOS 12.

2. Hapus Aplikasi yang Memakan Banyak Memori

Salah satu penyebab iPhone anda menjadi lemot adalah karena anda terlalu banyak memasang aplikasi yang bahkan sebenarnya anda jarang gunakan. Salah satu cara cepat untuk menghemat space pada iPhone anda adalah dengan menghapusnya. Namun apakah anda tahu aplikasi apa yang memakan banyak memori di iPhone anda?

Untuk mengetahuinya aplikasi pemakan memori besar, bisa anda lihat di menu Settings > General > iPhone Storage. Anda akan melihat daftar aplikasi berikut dengan ukuran file aplikasi tersebut, biasanya aplikasi yang paling besar ukuran filenya diletakkan paling atas dan di menu ini anda juga bisa melihat sisa memori yang ada pada iPhone anda saat ini.

Pada menu iPhone Storage, kamu dapa dengan mudah menghapus aplikasi yang kamu inginkan, dengan menekan nama aplikasi lalu pilih Delete App, setelah itu akan muncul kotak konfirmasi, pilih Delete App sekali lagi.

Cara menghapus aplikasi dengan mudah lainnya bisa melalui layar Home iPhone anda. Tekan dan tahan ikon aplikasi yang hendak di hapus sampai semua ikon aplikasi yang ada di layar Home anda bergetar, lalu anda tekan tombol X yang ada di ujung ikon aplikasi untuk menghapus aplikasinya.

Baca juga :

3. Matikan Sejumlah Aplikasi yang Berjalan pada Background Process

Membatasi sejumlah aplikasi yang berjalan secara otomatis pada background process dapat membuat iPhone anda menjadi lebih gesit dan dapat menjaga baterai iPhone anda agar lebih awet. Dua tahapan yang perlu anda lakukan :

Pertama, matikan fitur download secara otomatis. Lalu pergi menuju menu Settings > iTunes & App Store. Pada semua pilihan yang tersedia di bagian Automatic Downloads, tekan tombol hijau untuk mematikan download secara otomatis.

Kedua, matikan fitur Background App Refresh. Sekali lagi pilih menu Settings > General > Background App Refresh dan anda akan melihat list aplikasi yang menggunakan  Background App Refresh, untuk bisa mematikan Background App Refresh, anda cukup menekan tombol hijau pada masing-masing aplikasi.

Anda sebenarnya tidak perlu dengan proses-proses background yang berjalan dari aplikasi-aplikasi yang ada yang dapat membuat kinerja iPhone anda menurun. Seperti aplikasi Facebook yang paling sering dan banyak melakukan background refresh. Dengan mengaktifkan fitur ini iPhone anda akan mengalami peningkatan kecepatan dan memperpanjang usia baterai smartphone.

4. Reboot iPhone Anda

Ini merupakan cara tersimple untuk mengatasi iPhone lemot yang bisa anda lakukan yaitu melakukan Hard Reboot pada iPhone anda. Untuk me-Hard Reboot iPhone anda ada 3 versi yang bisa anda pilih tergantung dari iPhone yang anda miliki :

Pertama, Hard Reboot untuk iPhone 6 dan generasi sebelumnya. Tekan dan tahan tombol Home dan tombol kunci secara bersamaan setidaknya selama 10 detik sampai logo Apple terlihat.

Kedua, Hard Reboot untuk iPhone 7 atau iPhone 7 Plus. Tekan dan tahan tombol Sleep/Wake dan tombol Volume Down yang terdapat pada kedua bagian sisi iPhone secara bersamaan setidaknya selama 10 detik sampai logo Apple terlihat.

Ketiga, Hard Reboot untuk iPhone 8 atau generasi setelahnya. Cara ini sedikit berbeda dengan yang sudah sebutkan sebelumnya. Tekan tombol Volume Up lalu lepas, tekan tombol Volume Down lalu lepas kemudian yang terakhir tekan dan tahan tombol side atau power yang ada di bagian sisi iPhone setidaknya selama 10 detik sampai logo Apple terlihat.

Cara-cara yang saya sebutkan diatas juga dapat digunakan untuk mengatasi iPhone anda dalam keadaan hang dan tidak bisa dioperasikan sama sekali.

5. Hapus Cookies, History dan Data Lainnya yang Ada di Browser Safari

Setiap browser tidak terkecuali Safari pasti menyimpan cookies, history, dan cached data yang sebenarnya bertujuan untuk kenyamanan anda dalam browsing, namun seiring waktu jika anda sering browsing tanpa menghapus data-data tersebut, hal ini akan membuat browser Safari anda berjalan lambat dan bisa memenuhi memori anda.

Untuk menghapus kumpulan data yang ada, silakan buka menu Settings > Safari, lalu scroll ke bawah dan pilih “Clear History and Website Data”. Selanjutnya akan ada kotak konfirmasi dan sekali lagi anda pilih “Clear History and Data”.

Perlu diingat, cara ini akan membuat Safari akan melupakan link-link website yang sering anda kunjungi namun tidak dengan website-website yang sudah anda bookmark sebelumnya.

6. Lakukan Penggantian Baterai iPhone

Seiring berjalannya waktu, kinerja baterai pada iPhone anda akan semakin menurun. Seperti halnya anda akan merasakan iPhone anda yang perlu di cas berulang-ulang atau iPhone anda mati dengan sendirinya padahal indicator baterai tidak sampai dengan 0%, maka anda patut untuk mempertimbangkan mengganti baterai iPhone.

Apa Indikator jika Memang Betul Baterai iPhone Saya yang Bermasalah?

Jika ingin mengetahui status performa dari baterai, anda bisa buka menu Settings > Battery > Battery Health. Anda akan melihat kapasitas maksimum dari baterai iPhone anda. Semakin tua usia iPhone anda, maka akan semakin menurun angka persenan yang anda dapatkan.

Pada bagian Peak Performance Capacity, jika terdapat pesan “Your battery is currently supporting normal peak performance” maka baterai iPhone masih dalam keadaan normal dan berjalan dengan baik, sebaliknya jika anda melihat pesan “Performance management is on” atau “Your battery’s health is significantly degraded. An Apple Authorized Service Provider can replace the battery to restore full performance and capacity” maka berkemungkinan baterai iPhone anda harus diganti.

7. Restore iPhone Anda Layaknya Beli Baru

Cara terakhir yang dapat anda lakukan untuk mengembalikan kecepatan iPhone seperti sedia kala adalah dengan melakukan restore iPhone untuk kembali kepada pengaturan awal. Cara ini akan menghapus semua teks pesan, foto, video, game, data-data aplikasi, dll. Namun anda akan mendapatkan pengaturan iPhone sebagaimana anda baru saja membelinya di toko ponsel. Metode ini juga cocok dipraktekkan bila anda ingin menjual atau memberikan ke orang lain.

Ada baiknya anda melakukan backup terlebih dahulu dengan cara-cara yang telah saya sebutkan diatas sebelumnya. Jika anda yakin ingin melanjutkan, silahkan buka menu Settings > General > Reset > Erase All Contents and Settings.

restore iphone

Demikianlah pembahasan mengenai 7 Cara Mengatasi iPhone Lemot tanpa Ribet. Apakah ada cara diatas yang berhasil mengembalikan kecepatan iPhone anda? Jika iya, silakan berikan tanggapan anda mengenai hal tersebut di kolom komentar dibawah atau jika anda memiliki cara lain, diperkenankan untuk menambahkan juga.

Artikel lainnya :

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here