6 Cara Mengatasi Persaingan Bisnis Kuliner Yang Membara

0
101
6 Cara Mengatasi Persaingan Bisnis Kuliner Yang Membara 2020

6 Cara Mengatasi Persaingan Bisnis Kuliner Yang Membara – Dunia kuliner saat ini semakin lama semakin berkembang. Bukti maraknya dunia kuliner dapat dilihat dari semakin banyaknya pelaku bisnis yang menekuni bisnis ini. Tentu bukan tanpa sebab pengusaha kuliner ini berbondong-bondong mengejar bisnis.

Karena permintaan pasar dalam komunitas besar adalah kekuatan pendorong para pengusaha kuliner ini yang hadir. Karena banyaknya pelaku bisnis yang muncul, tentunya Anda yang juga merintis bisnis kuliner ini akan merasakan persaingan yang cukup berat. Dari persaingan yang ketat ini, tidak jarang banyak pebisnis tidak dapat melanjutkan bisnis mereka.

Baca juga :

Anda sebagai pebisnis sejati, tentu saja Anda tidak boleh menyerah dengan persaingan. Untuk dapat mengatasi persaingan yang ada, berikut adalah beberapa tips yang bisa Anda terapkan.

Hadirkan rasa Otentik

Tip pertama untuk mengatasi persaingan yang semakin sengit dalam bisnis kuliner adalah menghadirkan rasa yang otentik. Bisnis kuliner memang bisnis yang mengandalkan kekuatan utamanya pada rasa. Namun untuk bisa membuat Anda memenangkan persaingan, Anda tidak bisa mengandalkan selera yang sama dengan tempat lain. Meski enak, tapi rasanya sama seperti kuliner di tempat lain tidak akan membuat pembeli kagum dengan bisnis Anda. Oleh karena itu solusinya adalah mencoba membuat perbedaan dengan menghadirkan rasa yang otentik. Dengan tidak mengesampingkan unsur lezat, Anda dapat menambahkan campuran rasa yang hanya dapat ditemukan di tempat Anda. Sekarang ini disebut rasa otentik.

Berikan Pengalaman Kuliner Berbeda kepada Konsumen

Biasanya konsumen yang datang ke tempat kuliner akan melakukan tiga hal yaitu memesan, makan dan pulang. Kini bagi Anda yang ingin memenangkan persaingan, cobalah menghadirkan pengalaman unik dan menarik lainnya kepada konsumen saat kuliner di tempat Anda. Beberapa contoh hal menarik yang bisa dihadirkan agar konsumen mendapatkan pengalaman berbeda saat melakukan kuliner adalah berfoto selfie, bermain atau hal lainnya. Jika Anda memiliki keahlian mendesain interior, maka Anda dapat mengubah tempat Anda menjadi tempat instagramable yang tentunya membuat konsumen mendapatkan pengalaman berbeda saat melakukan kuliner. Hal-hal lain yang bisa Anda sajikan seperti menyediakan tempat nongkrong dan kegiatan nobar atau lainnya yang bisa membuat konsumen mendapatkan pengalaman kuliner yang menyenangkan. Lihatlah nilai plus dari beberapa tempat makan yang telah diulas oleh konsumen di zomato.com.

Sajikan Spesialisasi atau Karakteristik Bisnis Kuliner Anda

Selanjutnya, tips untuk mengatasi persaingan yang semakin ketat dalam bisnis kuliner adalah menghadirkan keunikan atau karakteristik bisnis Anda. Tidak hanya dalam hal rasa otentik, tetapi cobalah untuk membawa sesuatu yang lain yang dapat menjadi spesialisasi bisnis kuliner Anda. Untuk menghadirkan kekhasan atau karakteristik bisnis kuliner ini Anda tidak perlu menghadirkan hal-hal yang mewah. Bahkan dengan hal-hal kuno atau kuno Anda dapat membuat karakteristik yang dapat membuat konsumen selalu tertarik untuk pergi ke tempat kuliner Anda.

Buat Strategi Pemasaran yang Tepat

Pemasaran adalah satu hal yang harus dilakukan oleh setiap pengusaha, termasuk pengusaha kuliner. Namun sayangnya pada kenyataannya, tidak sedikit pelaku bisnis yang salah menjalankan strategi pemasaran. Dampaknya, tentu saja, mereka kemudian kebesaran dalam persaingan yang ketat. Karena itu, jangan salah strategi pemasaran ini. Pastikan juga strategi pemasaran yang Anda jalankan sesuai dengan target pasar yang telah ditentukan. Contoh dari strategi pemasaran yang tidak tepat adalah menjalankan pemasaran online tetapi target pasarnya adalah orang tua.

Menghadirkan Layanan Terbaik

Anda sebagai pebisnis sejati, tentu ingin pelanggan Anda merasakan kepuasan yang bisa berdampak positif pada bisnis. Meskipun bisnis kuliner ini sebenarnya bukan bisnis jasa, tetapi dalam praktiknya, ada layanan yang muncul dalam kegiatan bisnis ini. Maka dari sini jika Anda meremehkan faktor layanan, bukan tidak mungkin konsumen akan merasa kecewa. Jika konsumen kecewa maka mereka akan pindah ke tempat lain yang akhirnya menempatkan Anda pada posisi yang sulit dalam persaingan.

Membangun Retensi Baik dengan Setiap Konsumen Yang Telah Membeli

tips untuk mengatasi persaingan yang semakin ketat dalam bisnis kuliner adalah dengan membangun retensi yang baik dengan setiap konsumen. Jadi Anda mendapatkan pelanggan yang terus membeli produk kuliner Anda, dibutuhkan bisnis. Sekarang salah satu upaya efektif untuk membuat konsumen nyaman dengan bisnis Anda adalah membangun hubungan atau retensi yang baik. Jadi setiap kali pelanggan baru datang, pastikan Anda mendapatkan kontak, apakah itu nomor telepon atau email, bagi Anda untuk membuat media komunikasi untuk membangun retensi.

Artikel seru lainnya :

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here