5 Trik iPhone yang Tidak Anda Ketahui Selama Ini (Part 1)

0
111
trik iphone sederhana

Idearmanto.com – Sebenarnya sungguh banyak dari pengguna iPhone termasuk saya yang belum mengetahui trik-trik iPhone yang dapat memudahkan pekerjaan kita. Setelah membuka berbagai artikel dan video yang ada di YouTube, saya menemukan berbagai cara yang banyak tidak disadari selama ini oleh pengguna iPhone.

Maka dari itu saya akan berbagi dari kumpulan trik iPhone sederhana yang saya dapatkan dar berbagai sumber yang juga bisa anda praktekkan pada iPhone anda sendiri. Trik yang akan dibagikan juga tidak memerlukan aplikasi tambahan yang ada di App Store. Untuk menikmati trik iPhone yang ada, semua telah tersedia pada masing-masing iPhone. Saya akan bagi 2 part untuk artikel ini yang Insya Allah jika tidak ada halangan akan saya publikasikan dalam beberapa hari terdekat.

Langsung saja berikut 5 Trik iPhone yang Tidak Anda Ketahui Selama Ini (Part 1) :

1. Cara Menulis Lambang atau Simbol Derajat di iPhone

5 Trik iPhone yang Tidak Anda Ketahui Selama Ini (Part 1)

Untuk trik iPhone sederhana yang pertama adalah menulis atau memunculkan lambang derajat di keyboard iPhone ketika kita mengetik sesuatu. Jika sebelumnya anda seperti saya yang harus googling terlebih dahulu untuk mencari lambang derajat lalu menyalin dan memindahkannya ke pesan yang ingin kita kirimkan, maka kini anda tidak perlu kerepotan seperti itu lagi karena ada cara mudah sebenarnya yang telah disiapkan oleh iPhone.

Anda hanya cukup menekan dan menahan tombol angka “0” beberapa saat dan akan muncul kotak baru yang memberikan anda pilihan untuk memilih lambang derajat “°” atau angka “0”. Sangat sederhana bukan caranya? Saya juga bertanya-bertanya didiri saya mengapa butuh waktu lama saya menyadari hal ini setelah sekitar 6 tahun saya menggunakan sebuah smartphone yang saya banggakan yakni iPhone.

2. Cara Share Hasil Screenshot iPhone dengan Cepat

5 Trik iPhone yang Tidak Anda Ketahui Selama Ini (Part 1)

Pada trik iPhone selanjutnya adalah membahas sebuah fitur yang tentunya anda sudah tidak asing lagi dengan yang satu ini bahkan dari anda yang membaca ada yang sudah sering menggunakannya, yaitu Screenshot.

Jika teman-teman perhatikan, ketika teman-teman melakukan screenshot di iPhone akan muncul kotak kecil di pojok kiri bawah berisikan layar hasil dari screenshot kita yang lama kelamaan jika tidak kita tekan akan hilang dengan hilang sendirinya.

Nah coba teman-teman tekan dan tahan kotak kecil tadi, maka akan muncul layar baru yang memungkinkan anda untuk share hasil screenshot tadi dengan cepat seperti yang bisa anda lihat pada gambar diatas. Bisa ke WhatsApp, email, iMessage, dll tanpa teman-teman harus membuka album Photos terlebih dahulu untuk melakukan share.

Baca juga:

3. Cara Melihat Daftar Recent History pada Safari dengan Cepat

5 Trik iPhone yang Tidak Anda Ketahui Selama Ini (Part 1)

Jika kalian berselancar di internet menggunakan Safari, setelah beberapa waktu dalam suatu Tabs kalian telah melalui banyak halaman. Sebelum mengetahui cara yang akan saya kemukakan, kebiasan kita dengan browser Safari untuk mengembalikan ke beberapa halaman yang telah kita lalui sebelumnya adalah dengan menekan tombol back berulang kali.

Ada suatu trik simpel yang bisa anda lakukan dengan cepat untuk menghemat waktu anda yang sedang asyik browsing. Anda bisa menekan dan menahan tombol back untuk beberapa saat dan teman-teman akan melihat Recent History atau riwayat teman-teman berselancara pada suatu halaman dan teman-teman tinggal pilih mau masuk kehalaman yang anda inginkan tanpa repot untuk menekan tombol back berulang-ulang.

4. Fungsi Search Tabs yang ada Pada Kolom Pencarian Safari

Bagi anda yang hobi sekali dengan browsing menggunakan browser Safari, biasanya anda akan membuka Tabs dalam jumlah yang banyak sekaligus. Saking asyiknya anda lupa dengan tabs mana yang ingin anda akan buka berikutnya.

Ada fitur tersembunyi yang memudahkan untuk mencari tabs atau bagian mana halaman yang ingin anda buka. Untuk memunculkan fitur Search Tabs, Pertama klik tombol Tabs yang ada di pojok kanan bawah pada Safari kemudian anda bisa scroll sampai ke atas daftar tabs hingga muncul fitur tersebut. Anda bisa mengetikan kata yang berhubungan dengan apa yang anda cari dan Safari akan mengarahkan ke Tab yang harus anda pilih.

5. Cara Membuat Suara Speaker iPhone Lebih Besar dari Biasanya dengan Pemilihan Equalizer yang Tepat

 

Untuk trik dari iPhone yang terakhir adalah pengaturan speaker iPhone. Pernahkan anda merasa jika iPhone tidak memiliki suara yang cukup besar? Jika iya maka anda perlu memilih equalizer pada pengaturan iPhone agar suara speaker iPhone menjadi lebih “garang”.

Caranya adalah buka menu Settings, lalu pilih menu Music. Pada bagian Playback, anda pilih EQ. Pada halaman EQ ini lah tempat yang akan membuat speaker iPhone anda bisa lebih besar suaranya. Pilihlah Equalizer yang bernama Late Night. Kini putar audio yang anda inginkan lalu anda akan mendengarkan perbedaan dari sebelumnya.

Demikian informasi dari trik-trik iPhone bagian pertama yang dapat saya sampaikan, part 2 nya Insya Allah menyusul. Jika teman-teman memiliki trik lain, bisa tambahkan di kolom komentar dibawah ya. Jika menemukan manfaat dari blog sederhana ini, mohon share blog ini ke kerabat dan keluarga kalian di media sosial dengan menekan tombol share yang ada dibawah. Untuk referensi paling banyak dari tulisan ini saya ambil dari video YouTube milik Brandon Butch. Sekian, semoga bermanfaat dan terima kasih.

Artikel lainnya:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here