5 Tips Untuk Meningkatkan Visitor Blog Dengan Cepat

0
655
seo blog

5 Tips Untuk Meningkatkan Visitor Blog Dengan Cepat – Selain sebagai hobi yang menyenangkan, apa gunanya memiliki blog? Jawabannya adalah untuk menarik pembaca. Apakah Anda menjual iklan, produk, atau hanya ide Anda sendiri, tentunya tujuan utama Anda adalah ingin menghadirkan pembaca sebanyak mungkin dengan adanya blog. Jadi jika itu fokus Anda, maka penting untuk mengetahui cara menarik pembaca ke blog Anda.

Ada sejumlah cara untuk meningkatkan jumlah pembaca blog Anda namun disini saya akan menyederhanakan atau merangkum tips SEO yang saya dapatkan dari berbagai sumber di luar sana. Berikut adalah 5 tips yang saya harap akan membantu Anda meningkatkan jumlah pembaca blog Anda yang sangat mudah untuk dilakukan dan insya Allah akan memberikan hasil bagi Anda.

Cara Pertama

Untuk meningkatkan jumlah pembaca, maka Anda harus menambah jumlah halaman yang dilihat setiap pembaca. Untuk itu, coba berikan tags postingan yang berkaitan dalam blog Anda. Di akhir artikel, sorot postingan yang mungkin menarik bagi mereka yang suka postingan saat ini. Sebagian besar platform blog dilengkapi dengan plug-in yang akan membantu Anda dalam hal ini, tetapi jika tidak, maka berikan paling tidak daftar tautan ke halaman lain secara manual. Gunanya adalah untuk menyoroti postingan terkait dalam konten postingan Anda. Jika Anda berbicara tentang subjek yang telah Anda tentukan sebelumnya, maka tautkan salah satu kata kunci ke dalam postingan sebelumnya yang sejenis. Cara ini juga akan membantu postingan yang telah lama tetap terbaca.

Cara Kedua

Untuk meningkatkan jumlah pembaca blog Anda adalah berpikir untuk melakukan postingan bersambungan. Gunanya  adalah untuk membuat pembaca kembali lagi. Selain itu, jika Anda menautkan kembali, maka Anda bisa membuat pembaca melihat banyak postingan Anda. Tapi perlu diingat, Anda harus hati-hati saat melakukan postingan serial, karena Anda tidak ingin membuat pembaca frustrasi kan?. Namun, jika Anda memiliki topik yang menurut Anda benar-benar harus Anda tangani selama periode waktu tertentu, maka postingan serial dapat benar-benar membantu pembaca Anda secara keseluruhan. Jika Anda ingin tahu apakah postingan serial berfungsi untuk blog Anda atau tidak, maka periksalah postingan Anda. Lihat apakah pembaca mengikuti Anda. Jika ya, maka postingan serial Anda sukses.

Cara Ketiga

Untuk meningkatkan jumlah pembaca, ada cara “kontroversial” jika Anda mau. Anda dapat mencoba menempatkan kutipan di halaman depan blog Anda dari postingan tertentu. Banyak orang mengklaim hal tersebut hanya cara untuk mendapatkan sensasi atau hits di situs Anda. Dengan menambahkan kutipan di halaman depan, Anda dapat mengelola bagian depan agar tetap segar sambil menggoda pembaca bahwa hal tersebut lebih dari sekadar postingan blog terbaru Anda. Hal ini akan mendorong calon pembaca untuk menjelajahi situs blog Anda sedikit lebih banyak dari biasanya. Cara ini sudah banyak dipraktekan oleh para mastah blog dan memang terbukti menghasilkan.

Cara Keempat

Untuk membuat pengunjung betah berlama-lama di situs atau blog yang anda kelola, anda diharuskan memilih tema yang responsif dan mobile-friendly.

Untuk mengetahui jika blog anda apakah sudah responsif dan juga mobile-friendly? bisa mengikuti langkah-langkah berikut:

tips seo blog

  • Langkah ketiga: lalu klik tombol “RUN TEST”
  • Langkah keempat: Lihat hasilnya, jika terdapat tulisan “Page is mobile friendly” maka selamat tema yang sedang anda gunakan sudah responsif dan mobile-friendly.

tips blog seo

Responsif yang dimaksudkan disini adalah tata letak keseluruhan tampilan blog anda dari tema yang dipilih haruslah tetap tersusun rapi tidak hanya pada satu perangkat namun semua perangkat yang dapat mengakses blog anda. Sedangkan istilah mobile-friendly merujuk pada peraturan google beberapa tahun terakhir yang menyukai akses blog anda enteng jika dibuka melalui telepon genggam. Dua hal tersebut dapat menjadi acuan bagi anda untuk mengganti atau memilih sebuah tema yang pas, agar anda tidak salah pilih karena hal ini sangat berpengaruh pada SEO blog anda.

Cara Kelima

Cara meningkatkan visitor blog dengan cepat lainnya adalah meng-install plugin seo yang bisa menganalisis setiap artikel yang anda ingin tulis dan bisa meningkatkan index blog anda dengan cepat di halaman Google. Jika blog kamu menggunakan wordpress, kamu dapat meng-install 2 plugin favorit para blogger diseluruh dunia saat ini yakni WordPress SEO by Yoast & All in One SEO Pack. Pada saat artikel ini ditulis, Wordpress SEO by Yoast telah dipasang lebih dari 1 juta pengguna blog dan All in One SEO Pack juga demikian.

Berhubung di blog ini saya menggunakan Wordpress SEO by Yoast, maka saya akan jelaskan secara singkat apa saja fitur yang ada:

  • Pada bagian bawah halaman add new pos terdapat Yoast SEO meta box yang memiliki fungsi utama,

tips blog

Keterangan:

  1. SEO Title: Tampilan Judul dari artikel yang kita buat pada halaman pencarian Google, kita bisa mengubahnya walau tidak sama dengan judul artikel aslinya.
  2. Meta description: Deskripsi singkat yang menunjukan kepada user mengenai apa yang terdapat dalam artikel kita di halaman pencarian Google.
  3. Readibility analysis: Analisis yang disediakan oleh Yoast mengenai seberapa bagus dan mudah artikel anda untuk dibaca.
  4. Focus keyphrase: Pada fitur ini, anda dapat memasukan keyword yang anda targetkan pada artikel yang anda tulis dan Yoast SEO akan menilainya, ada 3 penilaian yang diberikan oleh Yoast SEO yaitu Good results(hal-hal baik yang sudah anda lakukan untuk menunjang SEO artikel anda), Improvements(berbagai hal yang bisa diimprovisasi) dan Problems(hal-hal yang menjadi masalah pada SEO anda jika tidak menambahkan apa yang disarankan oleh Yoast SEO), anda bisa melihat penilaiannya seperti di gambar bawah ini:

tips seo blog

Kesimpulannya adalah  jika Anda benar-benar ingin membangun dan meningkatkan jumlah pembaca, Anda harus memiliki konten berkualitas dan baik. Konten harus memiliki manfaat, asli(tidak copy paste), dan menarik bagi audiens target Anda. Semakin Anda meningkatkan kualitas konten blog Anda, semakin banyak Anda akan melihat keanggotaan, pembaca, dan klik halaman Anda meningkat tanpa harus menggunakan “trik” lainnya. Orang-orang tahu apa yang mereka sukai dan sebagian besar mereka menyukai kualitas konten. Memberikan postingan dengan topik  yang mereka cari mungkin cara terbaik untuk meningkatkan jumlah pembaca blog Anda.

Memiliki dan menulis blog tidaklah hanya suatu aktivitas atau kegiatan yang menyenangkan, tetapi Anda harus melakukannya dengan benar, karena akan menguntungkan bagi Anda sendiri nantinya apabila terus menekuninya dengan baik.

Bagaimanapun, jika Anda ingin mempertahankan dan meningkatkan pengikut, atau pembaca. Ada banyak tips di luar sana untuk meningkatkan pembaca blog, tetapi jika Anda benar-benar serius ingin menambah jumlah pembaca, maka pertimbangkan untuk menggunakan 5 tips sedeharna diatas. Pahamilah masalah mereka dan Anda akan melihat jumlah pembaca Anda akan bertambah.

Itulah pembahasan mengenai 5 Tips Untuk Meningkatkan Visitor Blog Dengan Cepat. Semoga bermanfaat ya. Jika teman-teman sudah mempraktekan tips diatas, jangan sungkan-sungkan beritahu saya ya hasilnya bagaimana 🙂

Seperti biasa, jika teman-teman punya tips tersendiri yang ingin dibagikan atau mau menyanggah apa yang telah saya tulis, bisa langsung beri komentar di kolom komentar dibawah yaa.

Silakan share artikel ini jika anda merasa artikel ini bermanfaat melalui menekan tombol akun social media dibawah, Terima kasih.

Yuk simak tips blog lainnya di idearmanto.com:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here