5 Cara Mengamankan iPhone Anda dari Potensi Serangan Hacker

0
130
keamanan iphone

5 Cara Mengamankan iPhone Anda dari Potensi Serangan Hacker – iPhone dengan iOS-nya terkenal dengan sistem operasi yang tangguh dari segi keamanan dan tidak rentan terserang oleh virus. Namun walaupun begitu masih ada saja celah-celah yang dimanfaatkan oleh tangan-tangan jahil atau para hacker untuk mengambil data pribadi anda.

Sebenarnya ada banyak cara yang dapat anda terapkan untuk menghindari serangan-serangan hacker  yang ada. Saya akan mengambil beberapa metode terkuat demi mengamankan informasi dan data pribadi yang tersimpan di iPhone anda.

Jika sebelumnya saya sudah membahas 10 Settings iPhone yang wajib anda ubah dan 7 cara mengatasi iPhone yang lemot serta sebagai pelengkap sekarang saya menuliskan artikel sederhana ini yang semoga anda dapat mengambil manfaatnya.

Tips 5 Cara Mengamankan iPhone Anda dari Potensi Serangan Hacker hendaknya tidak anda abaikan walaupun anda merasa sekarang iPhone anda aman-aman saja karena kita tidak tahu suatu saat celah dari mana hacker bisa mengambil alih data anda :

1. Pastikan iPhone Anda Selalu Update

Sistem operasi iPhone atau iOS anda membutuhkan pembaharuan dari waktu ke waktu. Dari update-update tersebut, Apple terus berusaha untuk meningkatkan dari segala aspek yang dibutuhkan oleh pengguna iPhone tidak terkecuali dengan keamanan atau security-nya. Untuk memastikan iPhone anda selalu update secara otomatis, anda bisa atur dibagian menu Settings, caranya :

Buka menu Settings > General > Software Updates > Automatic Updates lalu pilih ON untuk mengaktifkannya. Anda bisa lihat detailnya pada gambar dibawah ini :

5 Cara Mengamankan iPhone Anda dari Potensi Serangan Hacker

Jika memang anda menyukai update secara manual, pastikan ada sering untuk mengecek apakah ada update yang terbaru karena jika dibiarkan terlalu lama, fitur-fitur perbaikan yang diberikan oleh Apple tidak dapat anda rasakan.

Baca juga :

10 Game iPhone dengan Grafis Terbaik di Tahun 2019

2. Gunakan Kode Password atau PassCode yang Susah Ditebak

Layaknya kode pin kartu atm, anda harus juga membuat passcode iPhone yang susah ditebak oleh orang lain. Hindari pengulangan 2 angka atau lebih dan hindari juga tanggal lahir anda sendiri karena si hacker akan dengan mudah menebaknya. Untuk mengubah passcode yang ada, anda bisa buka :

Menu Settings > Touch ID & Passcode > Masukan Passcode anda sekarang > Pilih Change Passcode lalu anda bisa mengubah passcode anda dengan yang baru. Lihat gambar dibawah jika anda kebingungan dengan cara diatas.

5 Cara Mengamankan iPhone Anda dari Potensi Serangan Hacker

Ada sebuah artikel menarik tentang bagaimana seorang hacker dapat menembus dan mengambil informasi iPhone korbannya. Walaupun anda disarankan untuk membuat passcode yang rumit hendaknya anda selalu dapat mengingat passcode tersebut untuk dapat mengakses iPhone anda.

3. Jangan Membuka Link yang Mencurigakan

5 Cara Mengamankan iPhone Anda dari Potensi Serangan Hacker

Cara para hacker menyerang iPhone anda diantara lainnya adalah dengan menaruh link-link mencurigakan yang dapat menyusup di pesan singkat(sms), email dan website yang pada biasanya mengarahkan anda untuk memasukan username/email dan password anda pada form tertentu. Hal ini banyak sekali menjadi biang kerok penyebab pencurian password akun Apple ID, pencurian data kartu debit atau kredit.

Salah satu cara untuk menghindarinya adalah anda bisa abaikan pesan-pesan yang mengandung unsur hadiah padahal anda tidak pernah merasa ikut dalam suatu perlombaan terlebih dari nomor atau email dari si pengirim pesan.

Pada contoh kasus lain, Kakak saya pernah menjadi korban oleh seorang scammer atau carder, beberapa tahun yang lalu kakak saya pernah menerima sebuah email berupa invoice atau tagihan dari yang mengatasnamakan App Store(palsu) dimana kakak saya tidak pernah membeli sesuatu dari aplikasi yang ditagihkan tersebut.

Berhubung kakak saya awam dalam masalah ini, dia meng-klik link yang ada di email dengan judul batalkan transaksi ini atau lihat rincian transaksi(saya tidak ingat pasti tulisannya), setelah itu muncul form login untuk mengakses rincian tagihan tersebut, setelah kakak saya login maka hanya ada halaman kosong lalu setelah sekian berapa lama kakak saya mendapat telepon dari bank penerbit kartu kredit kakak saya dan mereka memberitahukan bahwa telah banyak terjadi transaksi di app store dalam satu waktu yang bank juga ikut curiga dalam transaksi ini karena sebelumnya kakak saya tidak pernah bertransaksi dengan jumlah yang besar untuk App Store iPhone.

Penipuan semacam ini dalam beberapa tahun terakhir memang marak bahkan saya juga termasuk calon korbannya. Alhamdulillah sekarang saya sudah tidak dapati lagi pesan dari orang iseng seperti itu yang memasukan link-link yang menyesatkan.

Artikel lainnya :

4. Batasi Izin Akses Aplikasi

Apabila anda baru membuka sebuah aplikasi di iPhone untuk pertama kalinya, anda akan mendapati sejumlah kotak dialog yang berisikan permintaan izin akses tertentu ke dalam iPhone anda. Permintaan akses izin tersebut bisa berupa teks pesan, kamera, daftar kontak, mikrofon, dll. Seperti yang sedang viral di tengah-tengah kita aplikasi fintech ilegal yang menyebar luaskan data-data pribadi ke nama-nama yang ada di daftar kontak kita. Hal ini secara disadari atau tidak disadari karena kita sebagai pengguna meng-iyakan aplikasi fintech ilegal untuk memiliki izin akses masuk ke daftar kontak kita. Untuk bisa melihat izin akses apa saja yang selama ini dibolehkan dari suatu aplikasi, anda bisa menuju :

Menu Settings > Privacy lalu anda bisa melihat opsi dari jenis-jenis perangkat apa saja yang diperbolehkan dalam suatu aplikasi, atau cara lainnya :

Menu Settings lalu scroll kebawah dan lihat daftar aplikasi yang ada dan pilih aplikasi yang mau anda batasi. Sebagai contoh jika anda tidak ingin anak anda menggunkan kamera dan memposting foto di Instagram, maka anda bisa buka opsi Instagram pada menu Settings tadi dan matikan fitur kameranya. Untuk lebih jelasnya anda bisa saya lihat gambar dibawah :

5. Jangan Pernah Matikan Opsi “Find My iPhone”

Jika hal-hal yang diinginkan tidak terjadi pada iPhone anda seperti ketika iPhone anda dicuri maka disinilah manfaat besar dari Find My iPhone. Anda bisa mengunci iPhone anda dan membuat passcode dengan Find My iPhone. Seperti sebagian besar dari anda mungkin sudah mengetahui jika anda juga bisa mengetahui keberadaan iPhone anda yang hilang dengan Find My iPhone menggunakan GPS dan Map yang telah ada di iPhone anda. Find My iPhone merupakan bagian dari fitur iCloud. Ini merupakan fitur yang wajib untuk diaktifkan demi keamanan iPhone anda.

Demikianlah ulasan mengenai 5 Cara Mengamankan iPhone Anda dari Potensi Serangan Hacker, jika anda sudah mempraktekkannya, silakan anda berikan komentar di kolom komentar dibawah dan jika anda berkenan, bisa share blog ini ke kerabat dan keluarga kalian agar bisa bermanfaat bagi banyak orang, Sekian dan terima kasih.

Simak artikel lainnya :

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here