5 Aplikasi Muslim di iPhone Agar Anda Bisa Istiqomah di Hijrah Anda

0
133

5 Aplikasi Muslim di iPhone Agar Anda Bisa Istiqomah di Hijrah Anda – Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh, Bagi teman-teman muslim yang sebentar lagi kita akan menyambut bulan suci ramadhan, ada baiknya kita mempersiapkan diri kita sedini mungkin untuk lebih taat beribadah kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala. Baik dalam berbagai hal seperti menyempurnakan sholat kita, mempelajari Al-Quran, bergaul dan dikeliling oleh lingkungan orang-orang yang shaleh, dsb yang intinya menggiring kita untuk mengerjakan perintah Allah dan Rasulnya serta menjauhi apa yang menjadi larangannya.

Saya bukanlah seorang ustadz, namun hanya seseorang yang ingin berusaha menginsipirasi dan mengingatkan teman-teman dengan kemampuan yang saya miliki mengajak untuk kita sama-sama bisa menuntut ilmu melalui media-media yang Alhamdullilah dimudahkan oleh Allah hari ini salah satunya adalah melalui blog. Sebagai kaum mukminin, kita diwajibkan untuk ber-Amar ma’ruf nahi mungkar, sebagaimana yang difirmankan oleh Allah ‘Azza wa Jalla dalam surah Ali Imron ayat 110 yang artinya “Kamu (umat Islam) adalah umat terbaik yang dilahirkan untuk manusia, (karena kamu) menyuruh (berbuat) yang ma’ruf, dan beriman kepada Allah. Sekiranya Ahli Kitab beriman, tentulah itu lebih baik bagi mereka. Di antara mereka ada yang beriman, namun kebanyakan mereka adalah orang-orang fasik”.

Tentu aplikasi-aplikasi yang akan saya sebutkan dibawah hanyalah sebagai pembantu untuk anda menemukan ilmu syar’i akan tetapi lebih afdol nya adalah anda tetap mendatangi majelis-majelis ilmu yang membahas Kitabullah dan Sunnah yang ada di kota anda. Apalagi di zaman sekarang sudah banyak bertebaran poster-poster berupa ajakan agar anda mengetahui dan tetap menghadiri majelis ilmu yang ada. Jadi sebenarnya untuk saat ini saya rasa kita tidak ada alasan untuk tidak menghadiri majelis ilmu walaupun hanya seminggu sekali.

Langsung saja kita masuk pada bahasan inti kita hari ini yaitu 5 Aplikasi Muslim di iPhone Agar Anda Bisa Istiqomah di Hijrah Anda:

1. Muslim Pro: Azan, Quran, Qibla

5 Aplikasi Muslim di iPhone Agar Anda Bisa Istiqomah di Hijrah Anda

Aplikasi Muslim di iPhone pertama yang ada di benak saya yang harus dimiliki oleh kaum muslimin adalah Muslim Pro. Muslim Pro yang dikembangkan oleh Bitsmedia Pte Ltd ini memiliki banyak fitur yang dibutuhkan oleh kaum muslimin yakni Al-Quran, jadwal waktu sholat, kompas sebagai penentu arah kiblat, kalender hijriyah, kalkulator zakat, lokasi tempat makan halal, dan masih banyak lagi. Anda bisa download aplikasi secara langsung di App Store. Aplikasi Muslim Pro ini telah diunduh sebanyak lebih dari 40 juta pengguna di seluruh dunia. Fitur yang saya senangi selain Al-Quran pada aplikasi ini adalah adanya jadwal waktu sholat tiap-tiap daerah yang Insya Allah akurat disesuaikan dengan jadwal sholat yang diberikan Kemenag perwakilan masing-masing daerah.

Baca juga:

2. Kisah Muslim

5 Aplikasi Muslim di iPhone Agar Anda Bisa Istiqomah di Hijrah Anda

Aplikasi muslim di Iphone yang bisa dimiliki oleh teman-teman secara gratis lainnya adalah Kisah Muslim yang dikembangkan oleh Yufid. Aplikasi ini berisikan Kisah-kisah teladan pilihan berupa kisah para nabi, sahabat, orang-orang shalih, para ulama. Terdapat juga pelurusan sejarah dari dongeng-dongeng terdahulu yang tidak ada asal-usulnya yang tersebar di masyarakat kita. Dilengkapi juga dengan kisah umat-umat pendahulu kita , masa kini dan kisah masa depan yang kiat bisa ambil hikmahnya serta kisah inspirasi dari para muallaf yang mendapatkan hidayah Islam. Anda bisa download aplikasi Kisah Muslim hanya dengan ukuran belasan MB di App Store.

3. Kajian.Net

5 Aplikasi Muslim di iPhone Agar Anda Bisa Istiqomah di Hijrah Anda

Aplikasi muslim di iPhone yang bisa teman-teman miliki berikutnya adalah Kajian.net. Aplikasi yang berisikan file audio ceramah, langsung dari pengajian yang disampaikan oleh para Dai ahlussunah wal jamaah. Anda dapat mendengarkan secara streaming, sangat cocok bagi anda yang menginginkan podcast  yang bisa bermanfaat untuk dunia dan akhirat. Didukung dengan navigasi yang mudah dan fasilitas yang lengkap, saya rasa untuk aplikasi dengan ukuran belasan MB ini harus ada di iPhone anda saat ini. Anda bisa mengunduhnya di App Store.

4. Yufid.TV

Bagi teman-teman yang sering menonton ceramah-ceramah di youtube baik itu kajian singkat maupun kajian full, tentu sudah tidak asing lagi dengan aplikasi muslim satu ini. Benar, namanya adalah Yufid.TV dinaungi oleh YUFID NETWORK. Pada aplikasi ini kita akan dapati banyak video dari ustadz-ustadz bermanhaj salaf yang berisikan video-video pendidikan islam seperti motivasi islam, nasehat singkat dari para ustadz, dll. Semua video bisa anda dapatkan secara gratis melalui aplikasi ini. Silakan download aplikasi ini di App Store.

5. Radio Islam Indonesia

Aplikasi muslim di Iphone yang terakhir adalah Radio Islam Indonesia yang dikembangkan oleh saudara Noval Agung Prayogo. Di aplikasi ini akan anda temukan kumpulan radio islam yang ada di Negara kita seperti Radio Rodja, Radio Muslim, Hang FM, dll. Aplikasi ini memiliki kelebihan yakni jika aplikasi nya ditutup maka radio yang anda streaming masih bisa berjalan dengan baik. Anda bisa mengunduhnya langsung disini.

Demikianlah 5 Aplikasi Muslim di iPhone Agar Anda Dapat Terus Bisa Semangat Beribadah. Apabila teman-teman memiliki rekomendasi aplikasi muslim lainnya yang belum saya sebutkan pada daftar diatas, silakan teman-teman beritahu saya di kolom komentar dibawah yang jelas saya harap aplikasi tersebut memiliki manfaat untuk kaum muslimin dan konten yang disajikan bisa dipertanggung jawabkan menurut Al-Quran dan As-Sunnah.

Ingatlah saudaraku, menuntut ilmu itu wajib bagi setiap muslim sebagaimana sabda Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam:

“Menuntut ilmu itu wajib atas setiap Muslim” (HR. Ibnu Majah no. 224, dari sahabat Anas bin Malik radhiyallahu ‘anhu, dishahihkan Al Albani dalam Shahiih al-Jaami’ish Shaghiir no. 3913)

Baca selengkapnya https://muslimah.or.id/10472-keutamaan-menuntut-ilmu-agama.html

Silakan share artikel ini ke keluarga dan kerabat kalian dengan menekan tombol share media sosial yang ada di akhir artikel ini. Sekian dan terima kasih.

Artikel lainnya:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here