22 Destinasi Wisata di Ngawi Jawa Timur yang Paling Hits di 2019

0
444
wisata di ngawi jawa timur yang hits
credit: upload.wikimedia.org

22 Destinasi Wisata di Ngawi Jawa Timur di 2019 – Ngawi merupakan sebuah kabupaten di Jawa Timur yang berbatasan langsung dengan Jawa Tengah. Kabupaten ini juga dilewati oleh jalur utama yang menghubungkan antara tiga kota besar, yaitu Solo – Yogyakarta dengan Surabaya. Kabupaten Ngawi berbatasan dengan Kabupaten Bojonegoro di sebelah utara, Kabupaten Madiun di bagian timur, Kabupaten Magetan di bagian selatan, serta Provinsi Jawa Tengah di bagian barat.

Kabupaten ini tidak memiliki akses laut, tatapi tetap memiliki berbagai kekayaan tempat wisata, di antaranya wisata pegunungan, air terjun, bahkan wisata buatan lainnya. Hal tersebut menjadikan Ngawi menjadi salah satu tujuan pariwisata Indonesia.

Terlebih lagi, Ngawi juga memiliki fasilitas penunjang yang memadai, misalnya penginapan, hotel, rest area, dll. Lain dari pada hal tersebut, Kabupaten Ngawi juga terkenal memiliki wisata kuliner yang sangat lezat, misalnya Kuliner Tepo Tahu. Penasaran kan untuk segera mengunjungi kabupaten ini? Apa saja sih tempat wisata di Ngawi yang kami rekomendasikan untuk Anda?

1. Bukit Kerek Indah

22 Destinasi Wisata di Ngawi Jawa Timur yang Paling Hits di 2019
credit: @dimasajiputro

Bukit Kerek Indah merupakan salah satu objek wisata terbaru di Kabupaten Ngawi. Di tempat ini, wisatawan dapat menikmati pemandangan indah dari ketinggian. Bagi yang senang dengan fotografi, wisata ini juga cocok untuk dijadikan sebagai destinasi hunting foto kalian. Untuk menarik semakin banyak wisatawan, pengelola tempat wisata ini mendirikan beberapa spot foto dari bambu yang sangat instagramable. Tertarik untuk mencobanya?. Bukit Kerek Indah berlokasi di Desa Kerek, Kecamatan Ngawi, Ngawi.

Google Maps : https://goo.gl/maps/A4dpjDwdH3S2

2. Hutan Pinus Suwono

22 Destinasi Wisata di Ngawi Jawa Timur yang Paling Hits di 2019
credit: @traveler_hits

Satu lagi lokasi wisata yang sedang hits di media sosial, yaitu Hutan Pinus Suwono. Hutan pinus ini berlokasi di Hargomulyo, Ngrambe, Kabupaten Ngawi. Lokasi ini memiliki udara yang sejuk, pohon-pohon pinus yang mengelilingi wisatakan seakan memberikan sensasi menangkan bagi setiap orang yang singgah di lokasi ini. Lokasi ini juga sangat cocok untuk dijadikan lokasi hunting foto, sekaligus mengasingkan diri dari kesibukan pekerjaan di kota.

Google Maps : https://goo.gl/maps/sa22k9kNKsT2

Baca juga:

3. Air Terjun Pengantin

22 Destinasi Wisata di Ngawi Jawa Timur yang Paling Hits di 2019
credit: @airterjunpengantin

Air Terjun ini berlokasi di Dusun Sabrang, Desa Hargomulyo, Kecamatan Ngrambe, Ngawi, atau sekitar 3 jam perjalanan dari pusat kota Ngawi. Dinamakan Air Terjun Pengantin karena memiliki mitos yang menyebutkan bahwa apabila sepasang kekasih datang ke air terjun ini berdua, maka hubungan mereka akan langgeng dan naik ke pelaminan.

Selain itu, Terjun Pengantin juga menjadi latar belakang film horror dengan nama yang sama, yang diperankan oleh Tamara Blezinsky. Air terjun ini memiliki ketinggian aliran air sekitar 12 meter, dengan debit air yang kumayan stabil, jernih dan dingin.

Wisatawan yang berkunjung ke lokasi ini dapat bermain air dan merasakan gemericik ketenangan membasahi tubuh Anda. Perasaan lelah perjalanan dan berbagai beban pikiran akan sirna saat itu juga. Lain dari pada itu, tiket masuk wisata Ngawi Air Terjun Pengantin ini sebesar 2.500 rupiah, buka setiap hari mulai jam 08.00 – 17.00 WIB. Tertarik untuk mengunjunginya?

Google Maps : https://goo.gl/maps/H7VGqJHzUhJ2

4. Air Terjun Srambang

22 Destinasi Wisata di Ngawi Jawa Timur yang Paling Hits di 2019
credit: @laridariblora

Air terjun ke dua yang kita bahas ini bernama Air Terjun Srambang. Lokasinya berada di Desa Girimulyo, Kecamatan Jogorogo, Ngawi. Untuk menuju ke lokasi ini, wisatawan harus berjalan kaki selama 30 menit melewati jalan setapak yang lumayan melelahkan. Selama perjalanan, kalian akan disuguhi oleh pemandangan alam yang sangat indah, di antaranya pemandangan hutan pinus dan beberapa burung kicauan. Udara objek wisata di Ngawi ini juga sejuk dan segar. Apabila kalian lelah dan lapar setelah perjalanan yang panjang, di sini juga di sediakan berbagai macam jajanan yang cukup untuk mengganjal perut Anda. Air terjun ini memiliki air yang jernih, dan dingin. Di sekelilingnya ditumbuhi oleh tumbuhan merambat yang lumayan rimbun, sehingga memberikan kesan misterius. Tiket masuk wisata ini sebesar 5 ribu rupiah, sudah termasuk parkir kendaraan bermotor.

Google Maps : https://goo.gl/maps/auy8QzyamVP2

5. Air Terjun Suwono

22 Destinasi Wisata di Ngawi Jawa Timur yang Paling Hits di 2019
credit: @enjoyngawi

Air terjun selanjutnya ini masih masuk dalam kawasan Desa Hargomulyo, Kecamatan Ngrambe, Ngawi. Air terjun yang belum dikelola dengan baik ini letaknya sedikit tersembunyi, tatapi aksesnya lumayan mudah karena cukup dekat dengan Pasar Ngrambe. Di lokasi ini, wisatawan dapat menikmati dinginnya aliran airnya yang berasal dari gunung. Selain itu, udaranya segar dan suasananya menenangkan, sehingga dapat membuat kalian betah berlama-lama di lokasi ini. Tiket masuk tempat wisata Ngawi Jawa Timur ini sebesar 3 ribu rupiah, dan buka setiap hari sejak pukul 08.00 – 17.00 WIB.

Google Maps : https://goo.gl/maps/sa22k9kNKsT2

6. Air Terjun Teleng

Air Terjun Teleng berlokasi di Hutan Jogorogo, Ngawi, atau masih termasuk dalam kawasan kaki Gunung Lawu. Tempat wisata di Ngawi Jatim ini menawarkan pemandangan alam yang indah, bahkan jika beruntung kalian dapat menemukan gerombolan kera yang “caper” karena kedatangan kalian. Biasanya mereka lumayan nakal sih, hati-hati dengan barang bawaan Anda ya guys, jangan sampai bekal Anda satu-satunya di begal oleh kera terebut. Kan gak lucu banget kan?
Selain wisata air terjun, di kawasan ini juga terdapat bumi perkemahan dan sebuah kolam renang, cocok sekali untuk dijadikan tempat refreshing. Objek wisata Ngawi ini buka setiap hari, mulai jam 08.00 – 17.00 WIB.

Google Maps : https://goo.gl/maps/EtXtbVZ4bdN2

7. Kebun Teh Jamus

22 Destinasi Wisata di Ngawi Jawa Timur yang Paling Hits di 2019
credit: @enjoyngawi

Setelah membahas wisata air terjun, saatnya kita beralih ke wisata selanjutnya, yaitu wisata Kebun Teh Jamus Ngawi. Lokasinya berada di Ds. Girikerto, Sine, Nganjuk. Bagi sebagian orang, perkebunan teh merupakan lokasi favorit yang sangat tepat untuk dijadikan tujuan refreshing, udaranya sejuk dan cenderung dingin. Selain itu, kalian juga dapat menikmati pemandangan alam yang indah dari ketinggian. Wisata Jamus Ngawi ini merupakan salah satu kebun teh peninggalan kolonial Belanda, dan kondisinya masih sangat terawat. Tiket masuk wisata Ngawi Jamus ini cukup murah, wisatawan hanya perlu mengeluarkan uang sebesar 8.000 rupiah saja. Tertarik untuk mengunjunginya?

Google Maps : https://goo.gl/maps/W6SNgHZnZap

8. Waterpark Tirtonirmolo

22 Destinasi Wisata di Ngawi Jawa Timur yang Paling Hits di 2019
credit: @rois_masda

Wisata Ngawi Tirtonirmolo merupakan salah satu wisata air yang menjadi favorit warga Ngawi. Lokasinya sangat mudah di akses, yaitu terletak di Jalan Raya Ngawi – Madiun KM 7, Tempuran, Kecamatan Paron. Objek wisata Kabupaten Ngawi ini dilengkapi oleh beberapa wahana permainan, mulai dari kolam renang, water sliding, kolam arus, kolam kuda laut, dll. Selain wahan air, Waterpark Tirtonirmolo juga memiliki fasilitas lain yang tak kalah bagusnya, yaitu flying fox, jungle train, dan biang lala. Apabila kalian ingin merasakan tantangan, kalian bisa berkeliling menggunakan motor ATV yang disewakan pengelola.
Tempat wisata daerah Ngawi ini buka setiap hari, mulai jam 08.00 – 17.00 WIB, dan memiliki biaya tiket masuk sebesar 15.000 rupiah saja.

Google Maps : https://goo.gl/maps/ck9rU4jzvin

9. Taman Wisata Tawun

credit: @iki.ngawi

Taman Wisata Tawum atau biasa disebut dengan BTKI (Bukit Tawun Ketawang Indah) berlokasi di Jl. Ngawi – Caruban, Tawun, Kasreman. Taman wisata ini memiliki beberapa fasilitas hiburan, di antaranya danau buatan dan kolam renang. Biasanya lokasi wisata ini ramai dikunjungi menjelang malam hari. Suasana romantis menjelang senja menjadi magnet tersendiri bagi pasangan muda-mudi di Ngawi. Wisatawan dapat menyewa kapal untuk sekedar berkeliling di lokasi ini.Tempat wisata di Ngawi yang bagus ini memiliki udara yang segar, pemandangannya pun sangat indah.

Google Maps : https://goo.gl/maps/88qwQuHfxS12

10. Waduk Pondok

credit: @mazant_

Waduk Pondok berlokasi di Desa Gandong, Kecamatan Bringin, Ngawi. Pemandangan yang ditawarkan waduk pondok ini berupa hamparan air yang begitu tenang. Kadang kala, kalian dapat memancing di lokasi ini. Selain itu, Waduk Pondok ini juga terkenal memiliki warung apung, yang akan menyajikan berbagai olahan menu masakan khas Nganjuk, mulai dari tawes, patin, nila, gurame, lele, dll. Untuk masuk ke tempat wisata di Ngawi Jawa Timur ini, wisatawan akan dikenakan biaya sebesar 2.000 rupiah. Selain itu, Waduk Pondok juga buka setiap hari selama 24 jam. Tertarik untuk liburan sekaligus wisata kuliner di Nganjuk?.

Google Maps : https://goo.gl/maps/Do1mgAbkCTB2

11. Benteng Van den Bosch (Benteng Pendem)

credit: @saiffuul

Salah satu objek wisata yang ada di Ngawi dan sedang hits di media sosial adalah Benteng Van den Bosch. Benteng yang baru selesai dibangun pada tahun 1845 ini berfungsi sebagai basis pertahanan sekaligus untuk sarana kontrol bagi perkebunan-perkebunan yang ada di wilayah subur Jawa Timur.

Dalam perkembangannya, benteng ini juga pernah digunakan sebagai penjara bagi gerombolan Kecu dan Bandit yang sering membakar kebun-kebun tebu milik petani, serta sempat pula menjadi penjara bagi warganegara Jerman di Jawa. Saat ini, benteng ini hanya menjadi lokasi wisata saja, sedangkan fungsi utamanya sudah tidak bisa dijalankan. Namun demikian, benteng ini memiliki nilai estetika yang tinggi, kesan vintage dan Indies masih kental, sehingga banyak penggila fotografi datang ke lokasi ini untuk mendapatkan gambar yang terbaik.

Saking bagusnya, beberapa orang sering membandingkan wisata Ngawi benteng pendem dengan sebuah arena gladiator di Italia. Objek wisata di Ngawi Jawa Timur ini berada tepat di Jl. Untung Suropati, Pelem, dan tiket masuknya sebesar 25 ribu rupiah.

12. Wisata Watu Jonggol

credit: @nardhy84

Wisata Watu Jonggol Ngawi merupakan sebuah kompleks wisata yang memadukan tempat bermain, kolam renang, dan kompleks pertamanan yang disusun secara indah. Di lokasi ini, wisatawan dapat mandi dan merasakan sensasi berendam dari mata air pegunungan. Selain itu, wisata Ngawi Sine ini juga memiliki perkebunan teh yang memiliki pemandangan perbukitan yang sangat indah. Di lokasi ini, kalian dapat mengabadikan momen bersama orang-orang terdekat. Untuk menuju ke lokasi ini, wisatawan harus menempuh perjalanan melewati tanjakan-tanjakan yang cukup curam. Tiket masuk wisata Ngawi Watu Jonggol juga cukup murah, yaitu sekitar 5 ribu rupiah saja, buka setiap hari sejak pukul 08.00 – 17.00 WIB. Lokasinya berada tepat di Ds. Pandansari, Kecamatan Sine, Ngawi.

13. Gunung Liliran

credit: @_nanok

Tempat wisata daerah Ngawi yang selanjutnya adalah Gunung Liliran. Gunung ini memiliki sebuah cerita mitos yang erat kaitannya dengan legenda Joko Budung, yaitu seorang yang memiliki keahlian untuk menyembunyikan penyakit, bahkan dari putri Raja sekalipun. Dalam legenda tersebut, Joko Badung kemudian dimakamkan di Gunung Liliran ini. Terlepas dari legenda tersebut, Gunung Liliran memiliki tempat tersendiri di hati para penikmatnya, khususnya bagi para pecinta fotografi. Setiap harinya, tempat wisata di Kabupaten Ngawi ini selalu ramai dikunjungi wisatawan. Beberapa orang tertarik untuk mengabadikan momen dengan latar belakang pohon-pohon bambu yang tumbuh subur di lokasi ini. Gunung Liliran berlokasi di Ds. Tulakan, Kecamatan Sine, Ngawi, dan tiket masuknya sebesar 2.500 rupiah saja,

14. Pesanggrahan Srigati

Pesanggrahan Srigati berlokasi di Jl. JA Suprapto No. 27, Ketanggi, Ngawi. Meskipun lokasi ini terkenal angker, tetapi tidak menyurutkan niat para wisatawan untuk mengunjunginya. Pada hari-hari tertentu, kalian dapat melihat sebuah ritual dilaksanakan di lokasi ini. Wisata yang ada di Ngawi ini memiliki tarif masuk sebesar 10.000 rupiah per orang.

15. Monumen Soerjo

Monumen Soerjo berlokasi di Jalan Raya Solo – Ngawi, Banjarejo, Pelang Lor, Ngawi. Monumen ini dibuat untuk mengenang Gubernur Jawa Timur, Soerjo, yang diduga dibunuh oleh simpatisan PKI. Monumen yang didirikan pada masa pemerintahan Orde Bau ini kemudian dijadikan sebagai salah satu land mark-nya Kabuaten Ngawi. Beberapa anak muda sering menggunakan tempat ini untuk nongkrong asyik. Wisata Kota Ngawi ini tergolong wisata yang murah, karena tidak dikenakan biaya masuknya.

16. Museum Trinil

Kabupaten Ngawi juga terkenal sebagai wilayah yang memiliki berbagai benda peninggalan purbakala. Bahkan kalangan arkeolog masih sering mengadakan eskavasi di wilayah ini. Untuk memamerkan kepada publik, dibuatlah sebuah Museum Trinil. Museum ini dibangun oleh Wirodihardjo sejak tahun 1967,dan menyimpan beberapa temuan benda purbakala, seperti tanduk kerbau, tanduk banteng, gigi manusia purba, hingga gading gajah. Untuk masuk ke tempat wisata di Ngawi dan sekitarnya ini, pengunjung dikenakan biaya sebesar 5 ribu rupiah. Lokasi Museum Trinil tepat berada di Dusun Pilang, Kecamatan Kedunggalar, atau berjarak 15 km dari pusat Kota Ngawi.

17. Rumah Dr. Radjiman Wedyodiningrat

Salah satu rumah tokoh nasional Indonesia, Dr. Radjiman Wedyodiningrat, sudah beralih fungsi sebagai tempat wisata di Ngawi. Dr. Radjiman merupakan salah satu tokoh pergerakan nasional yang pernah memperjuangkan kemerdekaan Indonesia melalui organisasi kepemudaan. Berdasarkan catatan sejarah, Dr. Radjiman datang ke Ngawi pada tahun 1935, dan kemudian menempati rumah tersebut. Bagi beberapa kalangan, khususnya pecinta fotografi, rumah ini memilik daya tarik tersendiri. Bangunan khas indies akan memberikan efek vintage pada hasil jepretannya. Wisata Ngawi dan sekitarnya ini berlokasi di Dusun Dirgo, Desa Walikukun, Kecamatan Widodaren, Ngawi.

18. Pemandian Tawun

Pemandian Tawun berlokasi di desa Tawun, atau berjarak 7 km dari pusat kota Ngawi. Pemandian ini memiliki air yang jernih dan tidak pernah surut meskipun musim kemarau, karena berasal dari mata air pegunungan. Warga sekitar juga memanfaatkan sumber mata air tersebut untuk irigasi, sehingga acara adat, pesta panen, sering menggunakan lokasi ini. Tempat wisata di daerah Ngawi Jawa Timur ini cocok dikunjungi oleh kalian dan keluarga.

19. Pertapaan Jaka Tarub

Siapa yang tidak kenal dengan dongeng legendaris Indonesia ini, Legenda Jaka Tarub. Terlepas dari sikap nakal Jaka Tarub mengambil selendang milik bidadari yang sedang mandi, kita dapat mengambil pelajaran moral bahwa kejujuran itu penting sekali untuk dipraktikkan dalam segala aspek kehidupan, kejujuran adalah koentji.! . Di kabupaten ini, terdapat sebuah lokasi yang dipercaya sebagai tempat bertemunya Joko Tarub dengan 7 bidadari. Dalam versi yang lain, tempat wisata di Kota Ngawi Jawa Timur ini diyakini sebagai tempat pertapaan Joko Tarub. Lokasi sendang ini berada di Ds. Widodaren, Kecamatan Gerih, Ngawi.

20. Kerajinan Jati Gembol

Pusat-pusat kerajinan di Ngawi memanglah banyak sekali ragamnya, salah satunya adalah kerajinan Jati Gembol. Industri kerajinan ini berada di Desa Kedungharjo, Kecamatan Mantingan, Ngawi. Bahan baku kerajinan ini adalah tonggak kayu jati yang sudah tua, kemudian diukir sesuai permintaan pembeli. Lain dari pada hal tersebut, kerajinan ini sudah mampu menembus pasar internasional.

21. Masjid Agung Baiturrahman

Masjid yang berlokasi di samping alun-alun ini memiliki arsitektur yang unik, yaitu perpaduan antara kebudayaan Jawa dan Arab. Masjid yang berukuran besar ini juga didukung oleh ornamen dan interior yang artistik. Masjid Agung Baiturrahim ini cocok dijadikan tempat sembahyang ketika Anda sedang berada di pusat Kota Ngawi.

Bagaimana ulasan tempat wisata di Ngawi yang telah kami sajikan? Jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan dan keasrian setiap lokasi wisata yang kita kunjungi ya guys. Lanjutkan juga perjalanan kalian mengunjungi tempat wisata di Indonesia lainnya, seperti tempat wisata di Bojonegoro, tempat wisata di Magetan, serta tempat wisata di Madiun.

Artikel lainnya:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here