15 Gadget Rumah Pintar Paling Canggih

0
248
gadget rumah pintar

Dilihat dari sisi edukasi, gadget sangat turut andil membuka wawasan pengetahuan manusia. Banyak sekali wawasan pengetahuan yang disajikan melalui medium gadget, mencari suatu ilmu tidak perlu repot seperti dulu kala.

Berbicara gadget tidak melulu soal ponsel pintar atau terkenal dengan nama smartphone. Lebih canggih lagi, saat ini gadget pun dapat membantu meringankan pekerjaan manusia di rumah, apalagi untuk urusan dapur. Bahkan saat ini sedang trend rumah pintar atau smart home yang mengikuti perkembangan teknologi yang semakin hari semakin canggih yang membuat Anda betah berlama-lama di rumah.

Baca juga:

Hadirnya prinsip rumah pintar mampu memberikan peluang untuk mengubah pola kehidupan, pun dengan energi, dapat mengurangi konsumsi energi yang berlebihan. Hal ini, tentunya lebih efisien dan efektif. Berikut 15 gadget rumah rumah pintar paling canggih yang wajib Anda ketahui :

  1. Water Shade

gadget rumah pintar
credit: thecoolgadgets.com

Jika pendingin makanan atau lemari pendingin sepertinya sudah biasa ditemukan. Namun apa jadinya jika sebuah rumah memiliki water shade? Hm, mungkin bisa dikatakan kekinian. Water shade dapat membantu urusan dapur rumah tangga. Tidak beda dengan lemari pendingin, fungsi gadget rumah pintar ini berfungsi untuk pendingin jenis sayur-sayuran atau buah-buahan. Dibekali H20 dapat membantu sayur-sayuran atau buah-buahan tetap segar dan sehat.

Hebatnya lagi, Water Shade memiliki alat yang dinamai built in detector. Lalu apa fungsinya? Fungsi alat ini dapat mendeteksi kesegaran dan kelembapan melalui tangan Anda sendiri.

  1. Door Lock, Kunci Pintu Pintar

gadget rumah pintar

Anda ingin berpergian jauh atau sekadar pergi keluar rumah, tentunya tidak lupa untuk mengunci pintu rumah sebelum berpergian. Namun, siapa sangka pencurian tidak bisa dihindari. Pintu manual seperti biasa, tentu sangat mudah dibuka oleh pencuri yang berniat membobol rumah Anda. Menggunakan kunci ganda, ternyata masih bisa dibobol oleh pencuri.

Jaman sudah canggih, semua serba profesional. Hadirnya door lock sangat membantu keamanan rumah Anda. Menggunakan gadget rumah pintar seperti door lock dengan mengaplikasikan beberapa kode menyulitkan pencuri untuk membuka pintu rumah Anda. Sebab pola kode-kode pada door lock tidak mudah terlihat apalagi terbaca. Pola huruf braille pun akan terintegrasi dengan kode-kode yang Anda buat.

Nah, memanfaatkan gadget rumah pintar membuat rumah Anda lebih aman. Sebab, door lock di desain dengan lapisan keamanan yang kuat dan berfungsi ganda pada keseluruhan pengaturan pintu rumah Anda.

  1. Televisi Transparan

gadget rumah pintar

Sejak dulu televisi terus melakukan perkembangan yang semakin canggih. Awal kemunculan televisi memiliki bentuk seperti radio dengan ukuran 14 inch. Semakin hari bentuk televisi semakin berkembang pesat, televisi hitam putih melakukan transformasi menjadi televisi berwarna hingga kemunculan televisi kabel.

Di awal 90-an televisi masih memiliki bentuk tabung, hingga awal tahun 2000-an televisi mulai di desain lebih praktis dan canggih. Di era ini pun, munculnya televisi-televisi jenis LCD.

Berbeda dengan saat ini, desain televisi semakin menarik dan canggih. Kemunculan televisi transparan menambah daftar panjang gadget rumah pintar semakin canggih. Televisi transparan di rancang oleh Michael Friebe, mengkombinasikan LCD konvensional dan teknologi layar TOLED terbaru.

Televisi transparan memiliki tampilan yang unik. Pasalnya, jika televisi dalam mode hidup akan terlihat jelas warna dan gambarnya. Tetapi, saat televisi dalam mode mati akan terlihat seperti kaca.

  1. Bantal Anti Mendengkur

gadget rumah pintar

Mendengkur atau familiar dengan kata ngorok saat tidur membuat waktu tidur kurang nyenyak. Mendengkur atau mengorok dapat mengganggu orang disebelah Anda, apalagi pasangan Anda. Hal ini tentunya bisa mengganggu hubungan Anda dengan si dia.

Tidak sedikit, orang yang mendengkur membeli dan mengkonsumsi obat-obatan untuk mencegah dengkuran saat tidur. Bahkan, mereka pun pergi ke Dokter untuk menghentikan kebiasaan mendengkur saat tidur untuk mendapatkan waktu kualitas tidur.

Daripada mencegah dengan mengkonsumsi obat-obatan yang tentunya tidak baik dikonsumsi dalam jangka panjang, ada baiknya mencoba gadget rumah pintar untuk mengatasi masalah mendengkur. Bantal anti mendengkur ini di desain untuk mendeteksi suara dengkuran yang dihasilkan oleh Anda. Gadget rumah pintar saat mendengar dengkuran Anda, bantal akan bergetar yang membuat Anda mengubah posisi tidur yang berbeda.

  1. U Shower

Air merupakan komponen penting dalam kehidupan. Air menjadi kebutuhan utama bagi manusia. Terlebih saat pagi hari, saat Anda bangun tidur benda yang ingin Anda temui adalah air.

Namun, sering kali tidak sengaja membuang air akibat lupa mematikan saluran air. Gadget rumah pintar di desain oleh Moen bertugas untuk mengotrol suhu, bahkan sebagai pengingat timer untuk mencegah penggunaan air yang berlebihan.

U Shower merupakan jenis pancuran gadget rumah pintar yang terhubung, serta dapat dikendalikan oleh Anda hanya dengan meminta bantuan ponsel pintar, suara, atau bisa juga dikendalikan secara manual. Uniknya, secara otomatis Anda akan mendapatkan sebuah notifikasi dari ponsel pintar milik Anda, saat air sudah siap untuk digunakan atau air sudah siap dalam mode hangat.

  1. Kompor Gas Portable

Kompor sudah menjadi barang wajib yang harus ada di setiap rumah. Kompor sangat berperan penting dalam kehidupan sehari-hari, misalnya makan. Sebab, proses untuk membuat makanan diperlukan alat penunjang, yaitu kompor untuk melewati proses memasak atau membuat makanan menjadi matang yang siap disantap.

Memiliki gadget rumah pintar dapat membantu kegiatan memasak saat dirumah, tidak perlu repot dan terbilang sangat praktis penggunaannya. Memiliki kompor gas portabel khusus untuk dirumah, ada baiknya memilih bahan bakar yang sifatnya hemat. Sebelum membeli gadget rumah pintar,baiknya periksa spesifikasi kompor gas portabel. Pastikan juga gadget rumah pintar yang Anda beli dapat digunakan dengan waktu yang lama atau awet.

  1. Setrika Mini

gadget rumah pintar

Apakah Anda tipikal orang yang menyetrika baju setiap hari? Penampilan memang sangat penting, apalagi urusan pakaian kusut tentu sangat mengganggu tampilan. Setrika menjadi daftar panjang barang yang harus Anda miliki. Namun, ada saja bagian pakaian yang sulit di jangkau untuk di rapikan.

Tenang, jangan buru-buru menyerah lalu menyerah untuk  menyetrika baju yang ingin Anda pakai hari ini. Setrika mini  sangat cocok untuk Anda yang sering menemukan bagain baju yang sulit untuk dirapikan. Gadget rumah pintar ini sangat memudahkan pekerjaan Anda, walaupun bentuk setrika yang mini atau mungil, penggunaan gadget rumah pintar ini sangat cocok untuk digunakan setiap hari. Apalagi Anda seorang pekerja kantor, anak sekolah, atau mahasiswa, kehadiran setrika mini sangat membantu penampilan Anda setiap harinya. Sebuah item yang wajib dimiliki terlebih jika Anda sering bepergian karena bentuknya yang kecil sehingga mudah untuk dibawa kemana-mana.

  1. Holi Alarm

gadget rumah pintar

Setiap harinya Anda pasti membutuhkan suatu informasi, entah informasi tentang cuaca, informasi terkini, informasi tentang olahraga, informasi tentang musik, bahkan informasi tentang teman terdekat Anda.

Gadget rumah pintar membantu Anda mendapatkan suatu informasi dengan mudah dan cepat. Holi alarm dirancang untuk memenuhi kebutuhan informasi setiap hari untuk Anda. Gadget rumah pintar ini merupakan jenis jam alarm pintar yang membantu Anda untuk mengetahui informasi seputar cuaca, informasi tentang lalu lintas yang secara otomatis akan memberitahu Anda wilayah-wilayah mana saja yang sedang mengalami kemacetan di jalan. Keuntungannya, Anda dapat menghindari jalanan macet tanpa memikirkan kata terlambat sampai tujuan. Tidak hanya sebatas itu, holi alarm membantu Anda untuk terhubung dengan teman-teman di dalam media sosial jejaring Facebook. Pasalnya, holi alarm bekerja memberikan notifikasi facebook, khusus untuk Anda. Point terpenting holi alarm berfungsi untuk membangunkan waktu tidur Anda selayaknya kegunaan alarm sebenarnya.

  1. Lampu Portable

gadget rumah pintar
credit: cargocollective.com

Lampu berfungsi untuk penerangan ruangan atau penerangan jalanan. Lampu sudah menjadi kebutuhan primer, apalagi untuk kebutuhan dirumah Anda. Intinya, lampu itu sudah menjadi barang wajib yang harus ada dirumah. Saat belajar pun, khususnya Anda yang anak sekolahan atau mahasiswa lampu meja belajar sudah menjadi barang wajib yang harus dimiliki.

Gadget rumah pintar lampu portable dirancang untuk memudahkan Anda dalam proses belajar terlebih membaca saat malam hari. Hebatnya, gadget rumah pintar ini tidak hanya dirancang khusus untuk anak sekolah maupun mahasiswa. Lampu portable ini juga bisa membantu meminimkan cahaya lampu kamar Anda, jika dirasa cahaya lampu kamar terlalu terang dan silau. Cahaya yang dihasilkan lampu portable tidak terlalu terang untuk kamar Anda, tentu sangat cocok digunakan dalam waktu tidur.

  1. Belle

gadget rumah pintar

Kita tidak pernah tahu siapa orang yang mengetuk rumah kita diuar sana. Mungkin jika seseorang yang mengetuk pintu rumah Anda adalah teman, kerabat, keluarga, tukang pos, atau tukang pengirim barang, Anda tidak merasa khawatir apalagi cemas. Lantas, bagaimana jika yang mengetuk pintu rumah adalah seseorang yang tidak di kenal? Pikiran negatif maupun rasa curiga tentu menggelayuti pikiran Anda.

Gadget rumah pintar sengaja bagi perusahaan sekelas Netvue untuk menciptakan Belle. Belle dirancang dengan teknoogi yang canggih, gadget rumah pintar ini diciptakan untuk menerima tamu pribadi, dengan bentuk layaknya bel rumah. Belle dibekali kemampuan agar bisa langsung mengenali identitas tamu Anda. Untuk bisa berinteraksi dengan Belle, cukup pencet tombol secara otomatis Belle akan menyapa tamu dan uniknya menanyakan maksud kedatangan tamu ke rumah Anda.

Hebatnya lagi, Belle dapat mengenali wajah Anda sebagai pemilik rumah, otomatis Belle akan mempersilahkan Anda masuk ke dalam rumah. Jika Anda sedang tidak ada dirumah, Belle juga dapat menyapa dan memberitahu tamu Anda.

  1. Tile Bluetooth Tracker

gadget rumah pintar

Seringkali lupa meletakkan barang-barang di setiap sudut rumah, ketika ingin digunakan harus mencari ke seluruh sudut ruangan. Terkadang kesal dulu sebelum menemukan barang yang kita cari.

Tile bluetooth tracker merupakan gadget rumah pintar yang mungkin harus Anda miliki saat ini. Tile sangat membantu Anda dalam mencari barang saat lupa meletakkannya dimana. Tile bertugas mendeteksi keberadaan barang yang Anda cari, misalnya kunci motor, ponsel, dompet, bahkan sepeda. Hal ini dapat menghemat waktu dan energi yang sering Anda gunakan hanya untuk mengingat dan mencari barang-barang tersebut.

Cara kerja tile memanfaatkan sinyal bluetooth yang terhubung dengan ponsel milik Anda. Tile juga dapat digunakan sebagai cincin ponsel milik Anda, hebatnya barang yang Anda letakkan di suatu tempat dapat terdeteksi dengan melihat riwayat lokasi terakhir melalui ponsel.

  1. Lockitron

gadget rumah pintar

Lockitron sejenis kunci pintu pintar. Seringkali rasa malas menggelayuti tubuh kita. Untuk sekadar membuka, menutup, bahkan mengunci pintu pun terasa berat. Memanfaat gadget rumah pintar mungkin tidak ada salahnya sama sekali, lockitron mampu membantu pekerjaan Anda disaat rasa malas sedang hadir.

Lockitron berfungsi untuk membantu Anda membuka dan mengunci pintu secara otomatia hanya melalui ponsel. Cara kerja lockitron adalah menggunakan sinyal bluetooth dengan frekuensi rendah untuk membantu mendeteksi perangkat sehingga secara otomatis atau secara manual lockitron ini dapat membuka atau menutup pintu.

  1. Rachio Water Sprinkler

gadget rumah pintar

Gadget rumah pintar ini sangat cocok untuk Anda yang memiliki hobi bercocok tanam atau mengkoleksi tanaman hias yang di tanam didepan untuk mempercantik rumah.

Memiliki tanaman, tidak serta merta bebas tanggung jawab. Anda pun diharuskan untuk merawat mereka, seperti menyiram tanaman setiap sore hari. Namun, ada kalanya Anda lupa sehingga tidak sempat untuk menyiram tanaman. Gadget rumah pintar membantu tugas harian Anda, racio water sprinkel memberi kontrol penuh untuk menyiram tanaman.

Hebatnya lagi, Anda bisa mengendalikan mereka dari mana saja. Racio water sprinkel pun dirancang dengan fitur ramalan cuaca sehingga sangat membantu Anda untuk memutuskan menyiram tanaman atau tidak. Racio water sprinkle juga membantu tugas Anda dalam membuat jadwal menyiram tanaman dan dapat mengontrol intensitas air sesuai perintah.

  1. iRobot Roomba 980

gadget rumah pintar

Gadget rumah pintar selanjutnya adalah iRobot Roomba 980. Gadget rumah pintar ini membantu tugas Anda dalam hal kebersihan rumah. Biasanya untuk membersihkan rumah perlu tenaga yang ekstra, sebab sudut-sudut ruangan yang tidak terjangkau dengan sapu perlu dibersihkan.

iRobot Roomba 980 merupakan vacum cleaner pintar yang dapat membantu tugas Anda untuk membersihkan lantai kamar, lantai kayu, karpet dan jenis lantai lainnya.

Cara kerja gadget rumah pintar ini memanfaatkan aplikasi android untuk mode memulai dan mode memberhentikan. iRobot Roomba 980 juga dapat membantu Anda dalam membuat jadwal kebersihan rumah. Hasilnya pun bisa dilihat secara langsung.

  1. Wemo Light Switch

gadget rumah pintar

Semakin canggihnya teknologi, saat ini Anda bisa mengontrol penerangan lampu dirumah. Gadget rumah pintar memberi akses atas cahaya lampu dirumah.

Wemo light switch merupakan jenis gadget saklar lampu pintar yang terkoneksi langsung dengan internet, Anda bisa mengontrol pencahayaan rumah dari jarak jauh dan dimana saja. Wemo light switch berfungsi untuk menyalakan atau mematikan lampu yang tersambung pada kabel. Uniknya, Wemo light swith tidak hanya bertugas menyalakan atau mematikan lampu, tetapi dapat membuat jadwal kapan lampu harus dinyalakan dan kapan lampu harus dimatikan secara paralel. Wemo light swith juga memiliki tugas sebagai pengingat dan memberi peringatan.

Wemo light switch dikendalikan lewat aplikasi di ponsel pintar milik Anda, sehingga dapat memudahkan tugas Anda saat sedang tidak berada dirumah.

Gadget sudah bergeser menjadi kebutuhan pokok bagi manusia. Hampir di segala aktivitas, gadget tidak bisa lepas. Gadget tidak hanya membantu manusia untuk mempermudahkan urusan komunikasi, saat ini pun gadget yang semakin canggih mampu membantu urusan aktivitas bekerja manusia.

Kegunaan gadget sebenarnya relatif, tergantung bagaimana konteks penggunaannya. Dari sisi komunikasi, gadget tentu sangat membantu cepatnya komunikasi seolah seperti tatap muka secara langsung. Tidak membutuhkan waktu yang lama walaupun ruang dan jarak menjadi faktor penghambat komunikasi.

Dilihat dari sisi sosial, gadget membantu manusia untuk memperbanyak kenalan. Entah itu dari lingkungan terdekat maupun dari lingkungan yang memiliki jarak ribuan mil.

Nah itulah beberapa jenis gadget rumah pintar yang wajib Anda ketahui kegunaan dan fungsinya. Secara ringkas, urusan pekerjaan rumah saat ini bisa dikontrol oleh teknologi, seperti ponsel pintar. Gadget rumah pintar membantu semua kebutuhan Anda dirumah. Dari kebersihan, menjaga kenyamanan, dan keamanan rumah dapat terbantu oleh kehadiran gadget rumah pintar.

Kalau teman-teman mengetahui gadget-gadet pintar lainnya atau ingin menanggapi gadget yang sudah sebutkan, silakan langsung saja beritahu saya melalui kolom komentar dibawah 

Anda bisa men-klik tombol social media dibawah untuk membagikan artikel ini di akun social media kalian, Terima kasih…sampai jumpa di artikel berikutnya ya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here