13 Makanan Khas Garut yang Patut Anda Cicipi Saat Ini

0
181
13 Makanan Khas Garut

13 Makanan Khas Garut – Kota Garut menjadi salah satu destinasi wisata yang menjadi tujuan warga ibukota yang ingin menghabiskan hari liburnya sejenak melepas penat dari rutinitas. Selain memiliki banyak destinasi wisata, Garut tentu mempunyai berbagai makanan khas yang lezat dan unik. Walaupun mendapat julukan kota Dodol, masih banyak ragam makanan enak yang khas dari Garut. Berikut beberapa sajian kuliner yang wajib anda coba.

1. Moring Garutan

13 Makanan Khas Garut

Kudapan khas Garut ini merupakan camilan sejenis keripik yang dibuat dari makanan khas bandung cimol. Layaknya penamaan kuliner khas sunda yang berupa singkatan, Moring sebetulnya juga merupakan singkatan dari cimol kering.Seperti namanya, moring dibuat dengan bahan dasar cimol yaitu tepung kanji yang diberi bumbu lalu diiris tipis kemudian digoreng hingga kering. Moring Garutan memiliki beberapa varian rasa antara lain rasa pedas,  BBQ, juga keju. Makanan khas Garut moring ini dapat dengan mudah anda temukan di penjuru kotaGarut juga di toko oleh oleh.

2. Chocodot

13 Makanan Khas Garut

Makanan khas yang cukup hits ini merupakan kudapan khas Garut yang diinisiasi oleh seorang anak muda asli Garut. Makanan khas Garut chocodot adalah sajian kuliner yang berbahan dasar beragam jenis coklat yang dipadukan dengan aneka bahan lokal lainnya seperti cabai, kacang,  buah, juga bahkan  dodol. Dari perpaduan beragam bahan ini menghasilkan puluhan macam chocodot yang menjadi favorit masyarakat. Selain memiliki rasa yang enak, chocodot juga dikemas sedemikian pula dalam kemasan modern yang gampang dibawa sehingga cocok untuk dijadikan oleh oleh. Anda bisa mendapatkannya di toko oleh oleh atau datang langsung ke tempat produksi chocodot sehingga anda dapat menyaksikan proses pembuatannya.

Baca juga:

3. Emplod

13 Makanan Khas Garut
credit: @trans_jajanan

Hidangan khas Garut yang satu ini  oleh masyarakat sekitar juga disebut endoglewo yang berarti  telur yang asalnya dari kawasan kampung Lewo. Emplod ini dibuat dari bahan dasar singkong yang digiling terlebih dahulu lalu diperas kemudian didiamkan hingga 24 jam.Kemudian  adonan singkong itu dicampur dengan kelapa parut serta racikan bumbu lainnya lalu dibentuk bulat  bulat kecil seukuran kelereng lalu digoreng dan siap dihidangkan. Emplod dengan mudah dapat anda jumpai di toko oleh oleh yang ada di Garut.

4. Burayot

13 Makanan Khas Garut

Burayot dibuat dari  tepung beras pilihan yang dicampur dengan gula merah. Makanan khas Garut burayot ini memiliki bentuk bundar keriput yang dalam bahasa Garut disebut dengan istilah ngaburayot. Dari kata inilah kudapan ini kemudian lebih dikenal dengan namaburayot. Sajian ini banyak dibuat oleh masyarakat di kawasan Leles karena bahan baku untuk membuat burayot ini mudah didapatkan di kawasan tersebut. Rasanya yang legit dan manis menjadikan burayot makanan khas Garut ini banyak dicari oleh wisatawan untuk dibawa pulang sebagai oleh oleh.

5. Ladu

credit: @laduciptarasa

Ladu merupakan makanan ringan yang  oleh penduduk sekitar juga disebut dengan malangbong. Makanan khas Garut ladu ini dibuat dari bahan dasar tepung ketan putih yang dicampur dengan gula aren serta kelapa parut. Sajian ini memiliki tekstur yang serupa dengan dodol akan tetapi sedikit lebih kasar juga lebih keras. Ladu memiliki rasa manis namun tidak terlalu dominan, sementara dodol yang memiliki rasa manis yang sangat dominan sehingga kadang menimbulkan eneg. Ladu memiliki tekstur agak kasar yang memberikan sensasi tersendiri ketika digigit. Anda dapat menjumpainya di toko oleh oleh dalam bentuk batangan maupun kiloan.

6. Dorokdok

13 Makanan Khas Garut

Makanan khas Garut Desa Suka Galih, Tarogong Kidul ini memiliki nama yang cukup unik yaitu dorokdok. Dorokdok ini adalah makanan ringan sejenis kerupuk kerupuk kulit yang memiliki cita rasa gurih yang diolah dengan racikan bumbu khas Garut. Walaupun sepintas terlihat sama namun sebetulnya bahan baku untuk membuat kerupuk kulit dan dorokdok berbeda. Umumnya Dorokdok dibuat dari kulit sapi, sementara kerupuk kulit terbuat dari kulit kerbau.Anda bisa mendapatkan kerupuk kulit ataupun dorokdok ini di toko oleh oleh yang ada di Garut dalam kemasan plastik dalam berbagai ukuran.

7. Ceprus

Makanan khas Garut selatan ini dibuat dari bahan utama singkong bakar yang dicelupkan ke gula merah yang panas yang oleh masyarakat sekitar disebut dengan istilah kinca. Ceprus adalah salah satu jenis makanan tradisional Garut yang kian langka dan hanya dapat dijumpai di sentra gula merah asli dari pohon aren atau pohon karung. Karena di toko oleh oleh pus sudah jarang dijajakan.

8. Sambal Cibiuk

credit: @hantini_arifin

Makanan khas daerah Garut yang satu ini banyak diproduksi oleh penduduk di daerah Cibiuk. Menurut informasi yang beredar resep asli sambal cibiuk ini berasal dari bangsa Arab. Sambal cibiuk ini memiliki rasa khas yang membuatnya berbeda dengan sambal dari daerah lain. Sambal cibiuk terbuat dari beberapa bahan antara lain cabai hijau, serawung, tomat hijau, dan racikan bumbu lainnya. Rasa pedas yang nendang dari sambal ini tidak akan membuat perut panas.

9. Soto Ayam Garut

13 Makanan Khas Garut
credit: @sotogarut_aheri

Makanan khas Jawa Barat ini cukup populer di kalangan wisatawan dan penduduk lokal  karena rasa khas dan penyajiannya yang menggugah selera. Kuah soto Garut ini memiliki rasa asin serta gurih karena dari campuran santan berwarna kuning kental dengan campuran  bumbu dan rempah. Soto ayam Garut ini juga disajikan dengan taburan kacang kedelai goreng juga

10. Baso Aci (bacil)

credit: @wowkuliner

Sesuai dengan namanya, bakso aci atau bakso acil dibuat dari tepung kanji dicampur racikan bumbu khas lalu disajikan dengan kuah khas. Baso aci umumnya diberi isian daging. Makanan khas Garut selain dodol ini memiliki rasa yang mirip dengan cilok. Bacil atau Baso aci ini dapat anda temukan dengan mudah ketika anda berkunjung ke Garut karena banyak warung atau rumah makan yang menyediakan bacil atau baso acil ini sebagai menu andalan.

11. Es Goyobod

Kreasi Minuman khas Garut ini cukup populer di kalangan wisatawan karena rasa segarnya. Es goyobod ini sepintas miri dengan es campur di daerah lain. Yang membedakan adalah tambahan  tepung kanji. Makanan khas Garut yang enak dinikmati di hari yang panas ini banyak dijajakan oleh pedagang pedagang pinggir jalan.

12. Awug

Awug merupakan makanan khas kota Garut yang juga merupakan makanan tradisional sunda yang cukup digemari. Awug dibuat dari bahan dasar tepung beras yang diadoni lalu diisi dengan gula merah. Awug akan terasa nikmat disantap selagi masih hangat sebagai teman minum kopi anda di sore hari.

13. Kue Balok Maranti

Jika di tasik ada makanan khas tasikmalaya bandros, di Garut ada kue balok maranti yang tak kalah enaknya. Kue maranti adalah makanan sejenis kue basah tradisional yang sepintas serupa dengan kue pukis dan bandros, akan tetapi isian dan rasanya berbeda. Bila kue pukis memiliki tekstur yang lembut juga empuk, kue maranti memiliki tekstur yang lebih padat serta sedikit keras. Karena cukup mengenyangkan, kue ini sering dijadikan pengganti menu sarapan.

Itulah aneka makanan khas Garut yang wajib anda coba ketika berkunjung ke daerah Garut. Selain Garut, kuliner nusantara lainnya yang wajib anda coba adalah makanan khas Bengkulu yang unik, menarik, dan tak kalah lezatnya.

Artikel lainnya:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here