10 Tempat Wisata Surabaya yang Patut Banget Anda Kunjungi

0
355
credit: @adieast

10 Tempat Wisata Surabaya yang Patut Banget Anda Kunjungi – Ditengah-tengah hiruk pikuk kota Surabaya, terdapat berbagai tempat wisata yang siap menyambut kedatangan para wisatawan dengan pemandangan yang indah dan memberikannya pengalaman yang menarik pada tempat wisata tersebut.

Dengan tagar #wisatasurabaya yang ada di Instagram, kita bisa melihat ada puluhan ribu orang yang membagikan foto mereka terkait dengan tempat wisata Surabaya dan tentunya tiap hari terus bertambah orang-orang yang mengunggah foto mereka di media sosial.

Walaupun kota Surabaya merupakan salah satu kota terbesar dan tersibuk di negara kita, baik penduduk lokal ataupun wisatawan dari luar tetap berdatangan ke tempat wisata yang ada di kota pahlawan ini.

Anda pasti sudah penasaran bukan dengan ulasan tempat-tempat wisata Surabaya? Yuk tanpa berlama-lama lagi mari kita simak,

10 Tempat Wisata Surabaya yang Dapat Menjadi Referensi Anda untuk Liburan

1. Atlantis Land Kenjeran Park

tempat wisata surabaya
credit: @panduraa

Untuk tempat wisata Surabaya yang pertama adalah Atlantis Land Kenjeran Park. Di tempat yang selalu ramai dengan pengunjung ini mulai dibuka pada tahun 2017. Dari segi konsep sebagai themepark, jelas bangunan-bangunan yang ada sangat terinspirasi dari Universal Studio di Singapura atau Disneyland di berbagai negara. Atlantis Land Kenjeran Park terletak di Jl. Pantai Ria Kenjeran, Surabaya, Jawa Timur. 

Buat anda para penggemar berfoto selfie dengan spot-spot indah, maka anda harus memasukan tempat wisata ini ke dalam list liburan anda di Surabaya. Terdapat banyak wahana yang bisa anda temukan di Atlantis Land seperti wahana air yaitu Atlantis Waterland dan Boomerang Slide serta wahana untuk anak-anak seperti Caraousel, Tea Cup dan masih banyak wahana lainnya. Semua hanya dengan membayar sekali saja sebesar Rp 100.000 untuk anak-anak sedangkan dewasa Rp 125.000.

Anda bisa mengunjungi tempat ini mulai pukul 10.00 hingga 22.00. Saran saya jika teman-teman ingin bermain wahana air, sehendaknya membawa baju renang dari rumah yang menutup aurat tentunya dan jangan lupa untuk membawa air minum agar tidak dehidrasi selama di tempat wisata Surabaya ini karena jika di siang hari akan terasa sangat panas.

Lokasi Google Maps : Anda bisa temukannya di https://goo.gl/maps/3wtQrtRhnoG2

Baca juga:

2. Food Junction

tempat wisata surabaya
credit: @deni_setiawan_39

Tempat wisata di Surabaya berikutnya adalah Food Junction. Bagi anda pecinta kuliner harus mendatangi lokasi ini, pemerintah Surabaya memang khusus menyediakan spot-spot berbagai wisata kuliner dari kuliner Indonesia hingga Internasional. Anda bisa temukan Food Junction ini di Jl Grand Banjar Boulevard, Kota Surabaya, Jawa Timur.

Semua makanan yang ada juga harganya bervariatif, jadi pas untuk semua kalangan wisatawan. Ada tempat-tempat makan yang sudah familiar seperti Bebek Pak Janggut, Pempek Ny. Farina, dll. Tersedia parkir yang luas dan adanya wahana bermain membuat anda semakin terdorong untuk kesini.

Yang perlu diingat adalah Teman-teman Muslim harus mencari makanan yang halal karena ada beberapa tenant yang menyediakan makanan non Halal. 

Food Junction Grand Pakuwon Surabaya mulai buka pada pukul 11.00 hingga 22.00 WIB.

Lokasi Google Maps : Anda bisa temukannya di https://goo.gl/maps/eAJ81CHDS8N2

3. Kampung Lawas Maspati

tempat wisata surabaya
credit: @rizzal_habibie5

Di kota Surabaya, ada sebuah kampung yang dijadikan tempat wisata sejarah yang bernama kampung Lawas Maspati. Kampung ini berada tidak jauh dari Tugu Pahlawan, tepatnya di Jl. Maspati V, Bubutan, Kota Surabaya, Jawa Timur.

Anda bisa melihat rumah-rumah bekas para pejuang Kerajaan Mataram ketika melawan penjajahan Belanda disekitar kampung. Saya yakin anda masih ingat dengan pertempuran Surabaya pada 10 November 1965 yang dipimpin oleh Bung Tomo, kampung Maspati-lah yang dijadikan dapur umum pada saat peristiwa itu berlangsung.

Kampung yang menyajikan budaya lawas khas Arek Suroboyo ini anda akan menemukan bangunan lawas-lawas seperti pabrik sepatu yg berdiri pada tahun 1930an. Anda juga bisa menemukan permainan anak lawas atau tradisional seperti bakiak. Selain itu anda akan menemukan produk-produk UKM yang merupakan hasil dari budidaya dari kampung tersebut seperti sari buah markisa.

Bagi anda yang senang dengan wisata sejarah dengan lingkungan yang bersih maka tempat ini sangat patut anda kunjungi. Sepanjang lorong gang anda akan menemukan bangunan-bangunan tua dan lantai-lantai yang ada dilukis membentuk permainan klasik seperti permainan ular tangga atau permainan congklak.

Lokasi Google Maps : Anda bisa temukannya di https://goo.gl/maps/YuqSMQNF7j62

4. Surabaya North Quay

credit: @adieast

Surabaya North Quay bisa dibilang tempat wisata yang paling unik di Surabaya yang jarang bahkan tidak ada dimiliki oleh kota atau daerah lainnya. Surabaya North Quay atau SNQ adalah destinasi wisata yang berlokasi di pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya. Yang dirancang bagi anda yang hobi dengan melihat dan memotret sunset yang ada di Surabaya. SNQ merupakan bagian dari Gapura Surya Nusantara atau GSN. GSN sendiri adalah terminal penumpang kapal laut yang terbaik di Indonesia karena mengusung bagunan yang modern, Green Architecture, hemat energi dan bisa menampung sekitar 4000 penumpang. Anda bisa melihat kapal-kapal besar dan megah sedang berlabuh di pelabuhan Tanjung Perak

Di Surabaya North Quay, anda bisa melihat hamparan selat madura yang bisa anda jadikan sebagai latar foto anda dan yang menjadi favorit adalah papan penanda tulisan Surabaya North Quay yang berukuran besar yang sekali lagi cocok untuk anda jadikan latar foto anda.

Untuk harga tiket masuk hanya sebesar Rp 10.000 per orang. Surabaya North Quay buka setiap hari selasa – minggu mulai pukul 11.00 hingga 21.00 WIB. Tentu jika anda ingin mengejar sunset, anda bisa datang di sore hari.

Lokasi Google Maps : Anda bisa temukannya di https://goo.gl/maps/QNj53xE2T6v

5. Hutan Pakal Benowo

tempat wisata surabaya
credit: @subbufotography

Untuk para pecinta alam, tentunya anda tidak mau melewatkan hutan Pakal Benowo ini. Keberadaan hutan kota sangat diperlukan, selain memiliki fungsi serta manfaat yang baik bagi kota akan tetapi dapat juga menjadi ikon keindahan, kelestarian dan keserasian.

Hutan yang memiliki luas 6 hektar ini dapat menopang produksi oksigen dan memfilter polusi udara di kota Surabaya. Anda bisa temukan kurang lebih 60 jenis tanaman di sini diantaranya cemara udang, mahoni, bakau, akasia, dll. Tidak hanya menyuguhkan pepohonan namun anda juga bisa melihat berbagai tambak yang diisi dengan ikan-ikan.

Walaupun jauh dari pusat kota dan membutuhkan waktu kurang lebih 1 jam untuk sampai ke hutan Pakal Benowo ini akan tetapi sesampainya disana perjalanan anda akan terasa sangat worth it karena pemandangannya yang asri dan dirasa sejuk.

Lokasi Google Maps : Anda bisa temukannya di https://goo.gl/maps/KoGY7hjfCux

6. Rumah Batik Jawa Timur

credit: @premierplacehotels

Siapa sih yang tidak pernah memakai kain batik dalam hidupnya bagi warga Indonesia walaupun setidaknya hanya sekali? Saya yakin kita sama-sama setuju bahwa batik merupakan warisan budaya yang dari dulu tidak ketinggalan zaman, mulai dari anak kecil hingga orang dewasa bisa memakainya. Anda bisa melihat koleksi kain batik yang tidak hanya berasal dari Jawa Timur namun mencakup satu Indonesia di Rumah Batik Jawa Timur yang ada di Jl. Dukuh Bulak Banteng Tim. No.94, Kenjeran, kota Surabaya.

Anda bisa melihat betapa mahirnya ibu-ibu yang sedang membatik di kursus pembuatan batik yang ada di tempat ini. Pelopor dari keberadaan Rumah Batik ini adalah seorang pengerajin batik yang bernama Faiqah Ismail yang telah mendirikan tempat ini dari tahun 2004. Rumah Batik ini buka setiap hari mulai pukul 09.00 hingga 20.00.

Bagi anda yang mencari kain batik yang beragam motif dan harga, maka jangan sampai lewatkan tempat wisata Surabaya satu ini.

Lokasi Google Maps : Anda bisa temukannya di https://goo.gl/maps/5GpQCsnpMtB2

7. Taman Bungkul

credit: @capung_cpnk

Tahukah anda jika Indonesia pernah menyabet penghargaan sebagai taman terbaik di seluruh Asia yang diberikan oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) pada tahun 2013. Taman tersebut adalah Taman Bungkul yang ada di Jl Raya Darmo, Kota Surabaya, Jawa Timur.

Layaknya taman-taman yang ada di kota besar lainnya, di taman ini anda akan mendapati tempat untuk memfasilitasi olahraga skateboard, BMX dan lintasan jogging. Anda yang senang dengan wi-fi gratisan cocok berlama-lama disini sambil ditemani dengan air mancur dan beberapa gerai makanan yang bisa anda datangi.

Hebatnya lagi taman bungkul ini buka 24 jam lho! jadi anda tidak perlu khawatir untuk mengatur-atur waktu harus kemana bepergian terlebih dahulu jika berlibur di kota Surabaya karena anda bisa mendatangi tempat ini kapan saja.

Lokasi Google Maps : Anda bisa temukannya di https://goo.gl/maps/XkTv51yLovG2

8. Suroboyo Carnival Park

credit: @surabayapunyacerita

Bagi anda yang ingin bernostalgia dengan suasana dan macam-macam wahana yang ada di pasar malam, maka Suroboyo Carnival Park wajib anda kunjungi yang bertempat di Jl. Ahmad Yani No.333, Kota Surabaya, Jawa Timur. Dengan banyaknya hiasan lampu dan harga tiket masuk yang dapat dijangkau semua kalangan menjadikan tempat ini sebagai tempat favorit jika bepergian dengan keluarga.

Kurang lebih ada 50 wahana yang bisa anda mainkan, untuk weekdays harga tiket masuk Suroboyo Carnival sebesar Rp 60.000 sedangkan weekend 80.000. Untuk weekdays tiket Kidsplay Rp 50.000 dan weekends Rp 60.000. Namun pada waktu-waktu tertentu seperti pada musim liburan harga tiket bisa berubah.

Anda bisa mendatangi Surabaya Carnival Park dari jam 15.00 hingga 23.00. Semua fasilitas umum lengkap disini, seperti adanya musholla, loker barang, parkir yang memadai, dll.

Lokasi Google Maps : Anda bisa temukannya di https://goo.gl/maps/szjoezE9gPm

9. Pantai Ria Kenjeran

credit: @gresiktourism

Rasanya kurang lengkap jika daftar liburan anda tidak ada berkunjung ke pantai, maka dari itu anda perlu mengunjungi pantai Ria Kenjeran yang ada di Jl. Sukolilo No.100, Kota Surabaya, Jawa Timur. Jika siang dan malam anda sudah dihabiskan dengan berwisata kuliner di Surabaya, seperti mencicipi nasi rawon, tahu tek, sate klopo, dsb. Maka di pagi atau sore hari, saatnya anda dapat menikmati pemandangan sunrise dan sunset dari pantai ini yang letaknya tidak jauh dari Jembatan Suramadu.

Untuk masuk ke kawasan pantai yang indah ini, anda hanya perlu membayar Rp 15.000 per orang. Harga dapat berubah pada musim liburan atau akhir pekan, sedangkan untuk biaya parkir kendaraan roda 2 Rp 8.000 dan Rp 10.000 untuk kendaraan roda 4. 

Bagi teman-teman yang hobi mancing, bisa menyalurkan hobinya di tempat pemancingan ikan laut yang ada disini. Anda juga bisa menyewa kuda dan perahu sebagai pelengkap liburan anda.

Lokasi Google Maps : Anda bisa temukannya di https://goo.gl/maps/9G1kAhinz292

10. Monumen Kapal Selam

credit: @wisdakusuma

Untuk tempat wisata di Surabaya yang terakhir adalah Monumen Kapal Selam. Monumen ini merupakan kapal selam sungguhan yang dimiliki oleh TNI Angkatan Laut tipe Whiskey kelas buatan Uni Soviet tahun 1952. Kapal selam ini diberi nama yakni KRI Pasopati 401 dan pernah digunakan oleh TNI Angkatan Laut untuk pembebasan Irian Barat dari penjajah Belanda.

Anda bisa mendatangi Monumen Kapal Selam atau yang biasa disingkat dengan Monkasel ini pada pukul 08.00 hingga 22.00 WIB. Untuk harga tiket masuk, anda hanya dikenakan Rp 10.000 per orang. Anda bisa temukan monumen bersejarah ini di Jl. Pemuda No.39, Kota Surabaya, Jawa Timur.

Para orang tua bisa mengajak anak-anak nya dan menjadi kan tempat ini sebagai tempat liburan yang mengedukasi untuk anak-anak mengerti akan sejarah yang ada di Indonesia.

Lokasi Google Maps : Anda bisa temukannya di https://goo.gl/maps/b5kBNxXdgtE2

Itu tadi sekilas mengenai 10 Tempat Wisata Surabaya yang Patut Banget Anda Kunjungi bersama kerabat dan keluarga. Jika anda memiliki rekomendasi tempat wisata lainnya silakan beri komentar di kolom komentar dibawah. Semoga bermanfaat, sekian dan terima kasih.

Artikel lainnya:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here