10 Tempat Wisata di Jogja yang Sayang Sekali Jika Anda Lewati

0
126
credit: @peniaryaa

10 Tempat Wisata di Jogja yang Sayang Sekali Jika Anda Lewati – Daerah Isitimewa Yogyakarta atau yang biasa disebut Jogja memang terkenal sebagai kota wisata yang indah selain Bali. Warganya yang ramah dan sangat welcome dengan pendatang serta kuliner nya yang khas dan murah membuat para wisatawan ingin terus balik ke kota pelajar ini untuk mengunjungi tempat-tempat wisata di Jogja.

Tidak hanya Candi Borobudur yang notabenenya di Magelang dan yang bisa anda jelajahi ketika anda sedang berada jogja dan sekitarnya. Maka kita tidak akan bahas hal itu disini karena saya yakin anda sudah tahu dengan tempat wisata tersebut dan yang kita akan bahas kali ini adalah tempat wisata di Jogja yang mungkin belum anda ketahui karena ada beberapa yang akan saya sebutkan tergolong baru.

Tanpa berlama-lama lagi, anda sudah penasaran bukan dengan tempat-tempat yang patut anda kunjungi di Jogja? Yuk langsung simak,

10 Tempat Wisata di Jogja dengan Spot yang Indah yang Sayang Sekali Jika Anda Lewati:

1. Goa Selarong

tempat wisata di jogja
credit: @gunawanjir

Untuk tempat wisata di Jogja yang pertama adalah Goa Selarong yang berada di Kecamatan Pajangan, Bantul, DIY. Kawasan ini masih sepi dari pengunjung padahal keindahan air terjunnya dapat memanjakan mata dan jika kita lihat dari sisi sejarah, nilai sejarah yang terkandung dalam tempat ini sangatlah apik karena tempat ini pernah didiami oleh Pangeran Diponegoro bersama pasukannya dan menjadikan tempat ini sebagai markas peperangan melawan penjajah Belanda.

Anda bisa kunjungi tempat ini mulai pukul 08.00 hingga 16.00 WIB. Teman-teman yang ingin mencari tempat wisata di Jogja yang gak terlalu crowded serta ingin mencari ketenangan dai hiruk pikuk-nya kota Jogja yang semakin hari semakin padat lalu lintasnya, bisa langsung mendatang Goa Selarong.

Biaya retribusi yang dibebankan kepada setiap pengunjung adalah sebesar Rp 3 ribuan hingga Rp 4 ribuan (2018). Untuk tempat wisata yang dengan pemandangan yang indah saya rasa harga tersebut bisa dibilang sangat murah.

Karena medan yang ditempuh akan menaiki tangga-tangga, maka anda dan teman-teman perlu menyiapkan botol air mineral agar tidak dehidrasi.

Lokasi Google Maps : Anda bisa temukannya di https://goo.gl/maps/xvdCa5A9Hh32

Baca juga:

2. Gumuk Pasir Parangkusumo

tempat wisata di jogja
credit: @hendiilim

Tempat wisata di Jogja ini menjadi booming pada beberapa tahun terakhir. Hal yang menjadi daya tarik di Gumuk Pasir Parangkusumo adalah anda bisa melakukakan olahraga Snowboarding. Bagi anda yang belum pernah, biasa anda hanya melihat olahraga ini di berbagai negara timur tengah dimana padang pasir juga terbentang seperti tempat ini, kini tak perlu jauh-jauh anda dapat mewujudkan keinginan tersebut di Bantul, DIY.

Bagi anda yang ingin berkunjung, tempat ini mulai buka jam 7 pagi hingga 6 malam dengan biaya masuk sebesar Rp 3.000 hingga Rp 10.000 (2018) tergantung dari jenis kendaraan yang anda bawa. Sedangkan jika anda tertarik mencoba permainan Snowboarding, anda perlu menyewa papan permainan dengan harga berkisar Rp 150.000 sampai Rp.200.000 (2018).

Satu hal yang perlu anda perhatikan jika ingin berkunjung disini, pastikan anda berkunjung pada saat musim panas bukan musim penghujan dan karena suhu di Gumuk Pasir Parangkusumo cukup ekstrim jadi anda perlu mempersiapkan jaket untuk menjaga kulit tubuh dan air mineral serta makanan ringan untuk menjaga tubuh anda tetap fit.

Lokasi Google Maps : Anda bisa temukannya di https://goo.gl/maps/PjvDfw8z1kx

3. Seribu Batu Songgo Langit

tempat wisata di jogja
credit: @nvbrx

Tempat wisata baru di Jogja kali ini adalah Seribu Batu Songgo Langit yang terletak di Hutan Pinus Mangunan, Dlingo, Bantul. Cocok bagi teman-teman yang senang untuk hunting foto Instagram. Pada kawasan ini anda akan menemukan bebatuan yang banyak yang tersusun dengan baik dan sudah tersedia spot-spot khusus untuk ada berfoto selfie atau bareng dengan teman-teman.

Anda bisa mendatangi kawasan ini pada pagi hari atau malam hari untuk menghindari teriknya sinar matahari yang meninggi di siang hari. Anda bisa juga temukan gardu pandang dan rumah hobbit sebagai spot berfoto anda lainnya.

Bagi anda yang kelupaan untuk membeli makanan ringan dan minuman air mineral bisa membelinya di sekitar kawasan Seribu Batu Songgo Langit, yang jelas teman-teman harus tetap menjaga kebersihan demi kenyamanan bersama.

Untuk harga tiket masuk ke wisata ini hanya berkisar antara Rp 2.000an sampai Rp 5.000 dan untuk biaya parkir masih standar tempat-tempat wisata di Jogja lainnya yakni, Rp 5.000 untuk mobil dan Rp 2.000 untuk motor.

Lokasi Google Maps : Anda bisa temukannya di https://goo.gl/maps/RKrqTSgZN4v

4. Taman Bunga Matahari Bantul

credit: @pohonbernyawa

Bagi anda yang suka dengan suasana kebun yang luas maka di Jogja tersedia Taman Bunga Matahari yang berada di dekat Pantai Samas, Kecamaan Bantul. Taman bunga matahari ini menjadi viral lantaran, banyak yang menjadikan tempat tersebut sebagai spot berfoto dan membagikannya di media sosial.

Anda akan dimanjakan dengan pemadangan taman bunga yang cantik dan seluas 1.000 meter persegi. Untuk teman-teman yang bepergian secara rombongan tidak perlu khawatir untuk memarkirkan kendaraannya karena tersedia parkir yang luas untuk para wisatawan yang datang.

Bagi anda yang tidak terbiasa dengan panasnya terik matahari, maka bisa mendatangi Taman Bunga Matahari Bantul di pagi atau sore hari.

Untuk biaya masuk wisata cukup murah, anda cuma bayar Rp 5.000 dan untuk biaya parkir kendaraan Rp 2.000. Karena berdekatan dengan pantai, maka anda bisa mengunjungi pantai Samas setelahnya di Dodogan, Srigading, Sanden, Bantul, DIY.

Lokasi Google Maps : Anda bisa temukannya di https://goo.gl/maps/VK15dzqxsz12

5. Pantai Widodaren

tempat wisata di jogja
credit: @aloinasembiring

Tidak lengkap rasanya jika anda berlibur ke Jogja tapi tidak ke Gunung Kidul untuk menikmati pantai-pantai yang ada, salah satunya adalah pantai Widodaren. Pantai yang memiliki pasir putih dan pemandangan yang indah serta bersih ini memiliki tebing dengan tinggi 7 meter. Dari atas tebing anda bisa melihat sunrise atau sunset jadi bagi anda yang ingin berburu spot foto cantik, pantai ini bisa jadi referensi anda.

Bagi teman-teman yang juga hobi camping, anda bisa melakukannya bersama kerabat disini. Pantai Widodaren merupakan tempat wisata di Jogja yang bertempat di  Desa Kanigoro, Kecamatan Saptosari, Gunungkidul.

Yang jelas teman-teman harus membawa makanan ringan dan minuman yang cukup selama perjalanan karena perjalanan yang ditempuh cukup jauh. Karena ini pantai baru saya harap kedepannya pantai ini bisa menambah fasilitas – fasilitas seperti Toilet dan tempat sampah.

Lokasi Google Maps : Anda bisa temukannya di https://goo.gl/maps/B3HaXB21AzM2

6. The Lost World Castle

credit: @thelostworldcastle

The Lost World Castle adalah sebuah inovasi tempat wisata baru yang ada di kawasan lereng Merapi. Jika anda termasuk generasi 90-2000an awal yang mengingat sebuah serial tv dari Jepang yang bernama Benteng Takeshi maka The Lost World Castle akan mengajak anda untuk menemukan suasana seperti berada pada acara tersebut.

Batu-batu tersusun rapi yang terdapat disana merupakan batu sisa erupsi Merapi. Anda bisa kunjungi The Lost World Castle ini di Kepuharjo Cangkringan, Petung, Kepuharjo, Cangkringan, Kabupaten Sleman, DIY.

Disini anda akan temukan beberapa spot foto menarik termasuk lukisan trik 3D yang sempat happening dalam beberapa tahun terakhir. Yang perlu diingat adalah jika teman-teman hendak mengunjunginya pastikan aktivitas kegunungapian Merapi dalam keadaan aman terlebih dahulu.

Untuk biaya tiket masuk dikenakan sebesar Rp 25.000 per orangnya.

Lokasi Google Maps : Anda bisa temukannya di https://goo.gl/maps/RJA9cpR18382

7. Kaliadem Sleman

tempat wisata di jogja
credit: @dimas.hy

Kaliadem merupakan tempat wisata di Sleman, DIY yang menjadi favorit penduduk lokal maupun wisatawan luar. Mungkin bisa dibilang kali adem ini paling banyak kita temui sebagai lokasi pemotretan baik itu sendiri maupun secara grup yang bisa kita lihat di media sosial seperti Instagram.

Dari Kaliadem anda bisa menikmati pemandangan gunung merapi dari dekat. Wajar saja karena Kaliadem adalah kawasan hutan pinus dengan 25 hektar dan dengan ketinggian 1.100 meter di atas permukaan laut. Yup dibalik ancaman dari gunung merapi itu sendiri yang sewaktu-waktu bisa berubah status kewaspadaannya, ada kemegahan tersendiri dari tempat ini yang dibuat oleh sang Maha Kuasa.

Waktu terbaik untuk berkunjung ke Kaliadem adalah saat pagi hari karena gunung merapi akan terlihat sangat jelas jika didukung dengan cuaca yang cerah pula.

Lokasi Google Maps : Anda bisa temukannya di https://goo.gl/maps/Z4kXrYCXbH82

8. Tebing Watu Mabur

credit: @peniaryaa

Tempat wisata di Jogja yang Instagramable ini bernama Tebing Watu Mabur. Masih di daerah Bantul, kali ini anda dapat menikmati indahnya pemandangan berupa pegunungan seribu yang ada di Gunung Kidul. Sama seperti tempat wisata yang sebelumnya sudah saya sebutkan diatas yakni cocok untuk anda yang hobi selfie. Banyak spot-spot foto menarik seperti foto landasan pacu yang yang ujungnya tepat menghadap jurang dan hal itu menjadi favorit wisatawan untuk berfoto.

Nama Watu Mabur diambil dari bahasa jawa yang memiliki arti batu terbang disebabkan batu-batu besar yang ada disana di punggungan bukit, seolah-olah anda sedang melihat kumpulan batu tersebut terbang.

Untuk memasuki tempat wisata ini anda cukup membayar uang masuk senilai Rp 2.000 dan untuk mengambil foto dikenakan Rp 3.000 per spot foto. Bagi anda yang memarkirkan mobil dikenakan Rp 5.000 sedangkan motor Rp 2.000.

Lokasi Google Maps : Anda bisa temukannya di https://goo.gl/maps/WqvJyFWQznp

9. Balkondes Ngadiharjo

credit: @arga.rezt

Kurang lengkap rasanya jika anda berada di Jogja untuk liburan tetapi tidak ke kota Magelang. Letaknya juga tidak jauh dengan tempat wisata di Magelang yang terkenal yaitu Candi Borobudur, hanya berjarak 5 KM dari tempat tersebut.

Oh iya bagi teman-teman yang belum tahu apa itu Balkondes, Balkondes adalah singkatan dari Balai Ekonomi Desa. Program yang dicanangkan oleh BUMN ini bertujuan untuk memajukan wisata lokal seperti di kota Magelang ini dengan Balkondes Ngadiharjo.

Pada kawasan ini, anda akan mendapatkan pemandangan sunrise dan sunset diantara perbukitan Menoreh. Dari Jogja ke Magelang estimasi waktu tempuhnya adalah kurang lebih 1 jam 20 menit. Jadi anda bisa memperkirakan kapan bisa anda berangkat dari Jogja ke Magelang Sudah banyak acara yang terlaksana di tempat ini seperti gathering kantor, resepsi pernikahan, reuni, dll.

Lokasi Google Maps : Anda bisa temukannya di https://goo.gl/maps/kzMvU6GZ4XK2

10. Baron Techno Park

credit: @ariandoo

Untuk tempat wisata di Jogja yang terakhir dari daftar ini adalah Baron Techno Park. Lagi-lagi tempat wisata ini berada di Gunung Kidul, DIY. Anda bisa ajak anak-anak anda untuk berwisata sekaligus mengudakasi mereka berbasis IPTEK melalui fasilitas-faslitas yang ada seperti jam matahari besar. Jam yang menggunakan sinar matahari sebagai penunjuk angka jam tersebut. Selama perjalanan menuju Baron Techno Park anda akan melewati jalanan yang sejuk dan bebas dari polusi udara. Sesampainya disana anda juga bisa mempelajari Solar Panel dan menara kincir angin.

Tempat ini bisa anda jadikan untuk beristirahat sejenak setelah seharian berada di pantai Gunung Kidul sebelum balik ke kota Jogja. Baron Techno Park bisa anda temukan di Desa Planjan, Kecamatan Saptosari, Gunungkidul. Memang tempat ini tidak jauh dengan keberadaan pantai Baron.

Info terakhir yang saya dapatkan adalah tempat wisata ini masih menggratiskan para wisatawan untuk berkunjung, So tunggu apalagi teman-teman?

Lokasi Google Maps : Anda bisa temukannya di https://goo.gl/maps/1Wpd9h8oEux

Demikianlah pembahasan mengenai 10 Tempat Wisata di Jogja yang Sayang Sekali Jika Anda Lewati. Semoga bermanfaat, sekian dan terima kasih.

Artikel lainnya:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here