10 Settings iPhone yang Harus Anda Ubah Saat Ini Juga

0
152
settings iphone 6

10 Settings iPhone yang Harus Anda Ubah – Baik anda baru beli ataupun sudah memiliki iPhone sejak lama, disadari atau tidak, ada beberapa pengaturan(settings) kecil yang berdampak besar yang bisa anda ubah dan memang harus anda ubah. Sejumlah Settings yang akan saya sampaikan erat kaitannya dengan data privasi dan keamanan anda. Untuk mempercepat iPhone anda yang sudah mulai menurun kinerjanya karena pemakaian, telah saya bahas sebelumnya.

Apple Terus Berimprovisasi

Munculnya iOS 12 tahun 2018 lalu sebenarnya sudah menyempurnakan pengaturan-pengaturan yang ada pada iOS sebelumnya, seperti pada iOS 11 dimana pengguna iPhone masih bisa menggunakan 4 digit angka sebagai kode password atau passcode yang mana hal ini membuat pencuri lebih mudah untuk menebaknya dibandingkan iOS 12 yang mewajibkan pengguna iPhone harus menjadi 6 digit angka sebagai passcode-nya. Namun walapun begitu masih banyak berbagai settings yang dapat anda tweak.

Jangan Lupa untuk Backup Terlebih Dahulu

Jika anda ragu untuk melakukan perubahan, anda boleh melakukan backup terlebih dahulu agar anda tidak was-was mengubah settings jika hasilnya memang tidak sesuai dengan harapan anda.

Berikut 10 Settings iPhone yang Harus Anda Ubah Saat Ini Juga yang telah saya rangkum dari berbagai sumber dengan tujuan menjawab pertanyaan yang ada dibenak seperti “Apakah settings dari bawaan iPhone sudah benar-benar optimal?”. Seperti artikel sebelumnya saya akan berusaha menjelaskannya secara singkat dan metode-metode yang ada sudah dilengkapi dengan gambar penunjang agar teman-teman tidak bingung dalam mengubah settings yang ada.

1. Ubah Setting Advertising yang Mengganggu

Settings iPhone pertama yang harus anda ubah adalah pada bagian Privacy Settings. Cara pertama ini bertujuan agar Apple dapat membatasi informasi preferensi aktivitas kita selama mengoperasikan iPhone yang dapat dilihat para pengiklan(advertiser) untuk menampilkan iklan dari mereka kepada anda.

Informasi yang dapat dilihat oleh para advertiser itu bisa berupa film dan acara tv yang anda tonton serta kumpulan ebook yang telah anda baca. Bahkan termasuk juga informasi berapa lama sebuah game yang telah anda mainkan dan sudah sampai level mana anda dalam game tersebut. Maka dari itu kita perlu membatasinya dengan cara :

Buka menu Settings > Privacy > Scroll ke bawah dan pilih Advertising, lalu nyalakan opsi yang bertuliskan “Limit Ad Tracking”

10 Settings iPhone yang Harus Anda Ubah Saat Ini Juga

Anda mungkin masih melihat beberapa iklan yang muncul, namun para Advertiser tidak bisa menggunakan informasi preferensi aktivitas pribadi anda setelah mengaktifkan opsi seperti pada gambar diatas.

2. Ubah Setting iPhone Analytics

Settings iPhone yang harus anda ubah berikutnya adalah pada bagian iPhone Analytics. Cara ini masih berkutat pada menu Privacy Settings dan pengubahan setting kali ini memiliki tujuan agar informasi aktivitas anda yang tersimpan di iPhone anda tidak di kirim ke server Apple.

iPhone Analytics berisikan segala jenis data yang mencakup informasi tentang hal-hal apa saja yang anda lakukan dengan iPhone anda serta mengetahui lokasi yang tercatat pada GPS anda.

Untuk me-nonaktifkan opsi iPhone Analytics, anda perlu mengubah setting-nya, silakan teman-teman menuju ke menu Settings > Privacy > Analytics lalu matikan opsi “Share iPhone Analytics”.

10 Settings iPhone yang Harus Anda Ubah Saat Ini Juga

Baca juga :

3. Ubah Setting Location-Based Apple Ads

Berikutnya, Settings iPhone yang harus anda ubah atau nonaktifkan adalah opsi “Location-Based Apple Ads”. Perubahan yang dilakukan juga masih pada menu privacy agar privasi anda benar-benar optimal walaupun menggunakan smartphone di era globalisasi ini. Metode ini akan menghindari iklan yang ada pada sejumlah aplikasi yang anda pasang untuk mengetahui keberadaan atau lokasi anda dan metode ini sekaligus dapat memperpanjang daya tahan baterai iPhone anda.

Settings > Privacy > Location Services > Scroll hingga pada bagian bawah terdapat System Services lalu disable opsi “Location-Based Apple Ads”. Anda sudah pasti tidak mau menggunakan iPhone hanya untuk tujuan menerima iklan dari pada pengiklan(advertiser).

10 Settings iPhone yang Harus Anda Ubah Saat Ini Juga

4. Ubah Setting In-App Ratings & Reviews

Perubahan setting kali ini adalah favorit saya. Bagaimana tidak, apakah anda merasa terganggu ketika sedang menjalankan aplikasi terutama ketika anda sedang asyik bermain game atau aplikasi apapaun itu tiba-tiba anda diminta oleh developer aplikasi untuk memberikan ulasan(review) dan rating? Kita mungkin bisa memakluminya dan memilih untuk melewatinya jika pertama kali muncul. Namun sekali anda melewati, pada berikut-berikutnya anda akan diminta secara terus-menurus sampai anda mengisikan review dan rating.

Untuk me-nonaktifkan fitur ini, anda buka menu Settings > iTunes and App Store lalu lihat opsi “In-App Ratings and Reviews” dan geser kekiri tombol berwarna hijau untuk menghentikan opsi ini.

10 Settings iPhone yang Harus Anda Ubah Saat Ini Juga

5. Ubah Setting Video Autoplay

Setting iPhone yang harus anda disable selanjutnya adalah “Video Autoplay”. Sebenarnya ada 3 opsi yang bisa anda pilih yaitu On, Off dan Wi-Fi Only. Saya tetap memilih opsi off untuk “Video Autoplay” ini karena dengan opsi off atau disable ketika kita membuka halaman aplikasi di App Store, video preview yang terdapat disana tidak terputar secara otomatis. Anda masih dapat memutar videonya secara manual dan menurut saya memang sebaiknya dibiarkan begitu dan me-nonaktifkan opsi ini juga dapat menghemat kuota internet anda.

Untuk melakukannya silakan anda buka menu Settings > iTunes and App Store lalu lihat opsi “Video Autoplay” dan non-aktifkan opsi tersebut.

10 Settings iPhone yang Harus Anda Ubah Saat Ini Juga

6. Ubah Setting Auto-Lock

Untuk ubah setting selanjutnya adalah mengatur waktu “Auto-lock” yang ada pada menu Display & Brightness. Semakin cepat waktu yang anda pilih maka akan semakin aman iPhone anda dari tangan-tangan yang tidak bertanggung jawab. Opsi waktu yang ada adalah untuk menunjukkan dalam selang berapa lama iPhone akan mengunci otomatis dalam keadaan diam. Anda dapat mengatur dengan cara :

Buka Menu Settings > Display & Brightness > Auto-Lock lalu pilih opsi waktu yang anda inginkan. Jangan pilih opsi “Never” karena akan membuat iPhone anda tidak terkunci otomatis yang mudah untuk disalahgunakan orang lain dan saya merekomendasikan anda untuk memilih opsi 1 menit karena merupakan waktu yang pas untuk membaca sesuatu tanpa harus menyentuh layar iPhone. Namun sekali lagi pilihan ada ditangan anda.

10 Settings iPhone yang Harus Anda Ubah Saat Ini Juga

7. Ubah Setting Night Shift

Mungkin diantara anda ada yang sudah mengetahui fitur Night Shift. Fitur Night Shift memungkinkan anda untuk mengganti warna layar agar senyaman mungkin dipandang oleh mata. Layar akan berubah seperti warna oranye dan warna ini sangat nyaman dilihat bahkan pada saat tidak ada penerangan sekalipun. Anda dapat mengatur pada jam berapa fitur Night Shift akan hidup dan matinya dengan cara:

Buka menu Settings > Display & Brightness > Night Shift lalu nyalakan opsi “Scheduled” dan pada opsi “From To” atur waktu hidup dan matinya fitur Night Shift. Dibagian bawah terdapat “Color Temperature”, untuk bagian ini saya menyarankan anda geser hingga kekanan sampai pada ujung tulisan “More Warm” untuk mendapatkan kenyamanan penglihatan secara maksimal.

10 Settings iPhone yang Harus Anda Ubah Saat Ini Juga

8. Ubah Setting Find My iPhone “Send Last Location”

Pilihan untuk mengubah setting ini juga favorit saya. Saya yakin mayoritas dari pembaca artikel ini mengetahui salah satu fitur unggulan dari iPhone yakni Find My iPhone. Kali ini anda harus mengenal opsi yang namanya “Send Last Location” yang sangat bermanfaat jika iPhone anda sudah sekarat baterainya, iPhone akan memberitahukan lokasi terakhir dari iPhone anda. Jadi ketika anda lupa menaruh iPhone-nya, anda akan bisa melihat posisi nya melalui akun iCloud yang anda miliki. Untuk mengaktifkan opsi ini sangatlah mudah, caranya:

Pilih menu Settings > Apple ID anda yang berada di paling atas menu Settings > iCloud > Find My iPhone lalu pada bagian pilihan “Send Last Location”, tekan tombolnya untuk mengaktifkan.

10 Settings iPhone yang Harus Anda Ubah Saat Ini Juga

9. Ubah Setting Wi-Fi Assist

Jika anda termasuk orang yang memiliki kuota internet terbatas, maka perubahan setting ini dapat membantu anda. Fitur Wi-Fi Assist adalah sebuah fitur yang ada pada iPhone  untuk mengubungkan koneksi internet dengan kartu anda jika sinyal Wi-Fi yang sedang terkoneksi jelek. Hal ini kelihatannya menarik namun sekali lagi bagi anda tipe orang yang suka menghemat kuota internet fitur ini tidaklah menyenangkan karena akan memakan banyak kuota internet anda.

Untuk me-nonaktifkan fitur ini, buka menu SettingsCellular > Scroll kebawah dan temukan opsi “Wi-Fi Assist” lalu non-aktifkan fitur tersebut.

10 Settings iPhone yang Harus Anda Ubah Saat Ini Juga

10. Ubah Setting Equalizer 

Pada setting iPhone yang Harus Anda Ubah terakhir adalah fitur Equalizer yang ada pada menu Music. Fitur ini berfungsi untuk membesarkan suara speaker iPhone anda yang selama ini anda rasakan kurang maksimal. Terdapat banyak pilihan atau preset yang dapat anda pilih sesuai dengan selera anda. Cara mengaktifkan fitur ini tidaklah sulit, hanya :

Buka menu Settings > Music > EQ lalu pilih preset yang anda kehendaki seperti Dance, Deep, Electronic, Jazz, dll. Setelah mengaktifkan anda akan merasakan perbedaan suara speaker iPhone dari biasanya. Lihat gambar dibawah untuk lebih jelasnya.

10 Settings iPhone yang Harus Anda Ubah Saat Ini Juga

Demikianlah pembahasan yang bisa saya haturkan pada kali ini mengenai 10 Settings iPhone yang Harus Anda Ubah. Artikel ini terinspirasi dari video YouTube ThioJoe & Beebom.

Apakah ada cara diatas yang sudah anda lakukan? lalu bagaimana hasilnya? beritahu saya ya di kolom komentar dibawah atau jika anda mengetahui ada settings lainnya yang harus diubah diperkenankan untuk menambahkan juga. Terima kasih!

Artikel lainnya yang menarik juga :

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here