10 Permainan Edukasi untuk Anak Segala Usia yang Perlu Anda Berikan Saat Ini Juga

0
238
permainan edukatif

Permainan Edukasi untuk Anak Segala Usia – Sebuah permainan atau game bukanlah perkara yang sulit saat ini untuk ditemukan oleh banyak orang. Hampir semua kalangan kini memainkan games, tidak hanya anak-anak orang dewasa pun turut menyenangi permainan. Seolah-olah tidak ada batasan usia apalagi jika kita melihat orang-orang mengikuti tren game mobile yaitu game yang dapat dimainkan di smartphone di era sekarang.

Hampir disetiap kesempatan seperti saat berkumpul dengan keluarga, di sela istirahat kerja atau sekolah, di cafe dan rumah makan kita bisa menemukan orang memainkan game-game smartphone yang sedang populer seperti Mobile Legends, AOV, PUBG, Fortnite dan masih banyak lainnya. Game-game yang disebutkan gratis hanya membutuhkan kuota untuk mengunduhnya. Beda dengan beberapa tahun silam sekitar 7 tahun yang lalu dimana anak-anak banyak ditemukan bermain di sejumlah warnet maupun game center.

Namun tahukah anda tidak semua permainan diperuntukan untuk anak-anak? Ya, para orang tua harus sadar akan hal ini. Sayangnya perhatian orang tua terhadap fenomena ini sangat minim sekali. Orang tua seolah-olah mengindahkan sistem rating yang terdapat pada game. Layaknya Acara Tv, Sistem rating pada game yakni bertujuan memberitahukan kepada para pengguna agar bermainlah sesuai dengan umur yang tertera pada game tersebut. Padahal sebuah permainan dapat memengaruhi karakter dan tumbuh kembang sang anak. Jadi tidak semua games dapat kita berikan begitu saja kepada si buah hati.

Produk-produk yang ada pada daftar dibawah merupakan kumpulan permainan edukatif yang cocok untuk anak dan untuk mendapatkannya pun tidak susah. List 10 Permainan Edukasi untuk Anak Segala Usia yang Perlu Anda Berikan Saat Ini Juga ini merupakan kumpulan ulasan yang dirangkum dari berbagai sumber informasi termasuk tanggapan pembeli yang telah merasakan permainannya. Seperti biasa sebagai disclaimer, saya tidak terlibat kerja sama dalam bentuk apapun dengan produk-produk yang saya sebutkan dibawah ini(belum aja sih doakan yaa hehe…)

1. Islamologi Kid Land/Permainan Anak Islam Seperti Monopoli

permainan edukasi
credit: tokopedia.com

Saya mulai dengan permainan penuh edukatif Islamologi Kid Land. Pada permainan ini anak dapat bermain sekaligus belajar untuk bisa berinvestasi dan dapat mengatur keuangannya sejak dini. Permainan ini mengenalkan anak dengan ajaran-ajaran islam seperti Wakaf, Zakat dan Sedekah.

Apabila anda melihat sekilas permainan ini nampak terlihat seperti monopoli namun pada Islamologi Kid Land, hal-hal yang tidak sesuai dengan syariat islam telah disingkirkan seperti bunga Bank dan dadu. Anda dapat beri permainan ini untuk anak yang mulai duduk di bangku SD hingga dewasa. Games edukatif ini bisa anda bawa pulang melalui link ini dengan harga Rp 190 ribuan.

Yuk baca juga :

2. Uno Stacko (Susun Balok)

permainan edukasi
credit: tokopedia.com

Permainan legend ini cocok dimainkan secara ramai-ramai, dapat dimainkan hingga 10 orang. Uno stacko dapat melatih konsentrasi dan ketangkasan anak kita. Memiliki beberapa aturan bermain yang terdapat pada petunjuk permainan di kotaknya, sebenarnya tujuan dasar dari permainan ini simple yakni pemain yang menjatuhkan tower yang disusun setelah mengambil atau meletakkan balok maka dinyatakan kalah dan pemain terakhir sebelum pemain yang menjatuhkan tersebut adalah pemenangnya. Uno stacko sudah banyak dijual di toko mainan atau di toko buku ternama disekitar disekitar kita. Jika anda tidak mau repot, bisa membelinya seharga Rp 40 ribuan di Tokopedia.

3. Permainan Edukasi Tumblin Monkey

 

10 Permainan Edukasi untuk Anak Segala Usia yang Perlu Anda Berikan Saat Ini Juga
credit: tokopedia.com

Permainan edukasi selanjutnya adalah Tumblin Monkey. Tumblin Monkey merupakan permainan yang hadir untuk keluarga dimana untuk memainkannya sangatlah mudah sehingga cocok sekali untuk anak-anak. Ketika pin nya sudah anda sudah dipasang semua dan monyet-monyet yang ada di masukan dalam tabungnya, lalu pemain bergantian untuk melepaskan pin yang sudah tertancap, pemain yang paling banyak menjatuhkan monyet maka dialah yang kalah sebaliknya jika pemain tidaak menjatuhkan atau menjatuhkan lebih sedikit maka dialah keluar sebagai pemenangnya. Harga yang saya dapatkan adalah sebesar Rp 80 ribuan, Anda bisa membeli disini.

4. Congklak Kayu Motif Batik

permainan edukasi
credit: tokopedia.com

Permain edukasi yang satu ini sudah diwariskan secara turun temurun. Kali ini permainan congklak hadir dengan bermotifkan batik. Permainan yang bisa dimainkan oleh 2 orang ini dapat melatih anak untuk belajar berhitung dan meningkatkan konsentrasi serta menumbuhkan rasa sabar pada anak kecil. Permainan congklak ini bisa di jadikan sebagai koleksi dan pajangan yang cantik karena memiliki pilihan warna yang sangat beragam. Anda bisa memesan sekarang juga disini untuk harga Rp 60 ribuan. Papan congklak juga bisa dilipat sehingga praktis dibawa kemana-mana.

5. Permainan Edukasi Pasir Ajaib Edisi Frozen

 

permainan edukatif
credit: tokopedia.com

Permainan edukasi yang unik ini dapat merangsang otak kanan anak anda dan menjadikan anak belajar lebih kreatif. Mainan pasir ajaib dengan warna yang colorful dan hadir dalam bentuk film Frozen ini sudah jelas disukai oleh banyak anak. Orang tua tidak perlu khawatir dengan bahan dari mainan ini karena bahan yang digunakan sudah teruji aman dari segala racun dan sangat mudah untuk dibersihkan karena tidak lengket pada tangan. Mari hibur dan latih anak anda dengan pasir ajaib ini hanya dengan harga Rp 90 ribuan disini.

6. Permainan Edukasi Kasir Es Krim

permainan edukatif
credit: tokopedia.com

Permainan edukatif yang serba pink ini dapat mengajarkan anak dengan simulasi kasir penjual es krim. Dengan bentuk es krimnya yang unik dan sudah disediakan uang mainan berupa koin dan kertas, saya rasa permainan satu ini sudah sangat cocok dan lengkap jika dimainkan oleh anak perempuan anda. Mesin kasir es krimnya sudah dilengkapi mic yang bisa mengeluarkan suara dan juga terdapat scanner barcode tentunya beroperasi dengan baterai AA. Anda bisa dapatkan Mainanan kasir es krim ini dengan harga Rp 170 ribuan, untuk lengkapnya anda bisa cek disini.

7. Permainan Edukatif Bowling Set

permainan edukasi
credit: tokopedia.com

Selain melatih konsentrasi olahraga bowling juga dapat melatih kesabaran. Anak-anak juga dapat merasakan hal demikian maka dari itu kini telah hadir dalam bentuk versi mainan anak lengkap dengan pin(10) dan bola bowlingnya(2). Anak-anak juga akan semakin tertarik untuk memainkannya dikarenakan warnanya yang “colorful”, terdapat stiker Power Rangers dan stiker warna plastik cerah. Harga yang ditawarkan juga tergolong terjangkau yakni Rp 50 ribuan. Anda dapat langsung membelinya disini tentunya. Jadi anda tidak perlu jauh-jauh ke arena bermain yang ada di mall-mall dan mengeluarkan biaya yang tidak sedikit pula.

8. Permainan Edukatif Karpet Tulis Aqua Magic

permainan edukasi
credit: tokopedia.com

Anak anda menulis dan melukis di kertas atau kanvas? Itu sudah biasa. Yuk coba yang beda dengan satu ini, karpet tulis Aqua Magic. Ayo buat anak anda berpikir kreatif sejak dini, Anda akan dapatkan 1 matras besar yang berukuran 59×36 cm, cukup untuk lebih dari 2 anak. Tidak lupa sudah tersedia pen berwarna biru dan merah dengan bahan tinta yang bisa hilang sendiri dalam 5 menit sehingga mudah untuk anda membersihkannya. Cukup dengan harga Rp 80 ribuan permainan ini bisa digunakan secara berulang-ulang. Anda bisa pesan disini.

9. Permainan Edukasi Palu Badut

permainan edukatif
credit: tokopedia.com

Permainan edukasi selanjutnya adalah permainan palu badut. Cara memainkannya tidak ribet sama sekali, cukup pukul kaki badut maka badut akan melambung tinggi ke atas. Anak 2 tahun ke atas saya kira sangat pas untuk memainkan ini. Permainan edukatif ini dapat melatih rangsangan mata dan tangan anak agar kedepannya dapat menyalurkan kemampuan dan energinya demi tumbuh kembang yang baik. Harga dari permainan palu badut adalah Rp 70 ribuan dan saya pribadi belum menemukan produk ini di toko-toko mainan terdekat, mungkin satu-satunya tempat untuk membelinya bisa disini.

10. Permainan Pie Face

permainan edukasi
credit: tokopedia.com

Berikut adalah permainan untuk menemani quality time bersama keluarga anda. Permainan pie face ini sudah banyak diulas youtuber luar maupun dalam negeri. Yup, permainan memang booming sejak beberapa tahun terakhir. Permainan impor ini harganya sangat terjangkau yakni hanya Rp 70 ribu. Dengan harga demikian, anda sudah mendapatkan satu set lengkap dari Pie Face Game.

Dapatkan permainan menyenangkan ini disini. Cara bermainnya tidak sulit, cukup taruh cream di cetakan tangan yang sudah tersedia, setelah itu putar spinner dan handle, lalu barang siapa yang tidak kena cream ke mukanya maka mendapatkan skor, apabila skor telah sampai hingga 25, maka dialah pemenangnya.

Nah demikianlah pembahasan mengenai 10 Permainan Edukasi untuk Anak Segala Usia. Anda tidak perlu pusing lagi mencari-cari produknya karena saya sudah menaruh link marketplace agar anda dapat langsung membelinya dengan aman.

Setelah mengetahui beragam permainan edukatif untuk anak, pertanyaannya adalah apakah anda masih memberikan permainan-permainan dewasa yang dapat memengaruhi mental anak anda kedepannya?

Silakan beri tanggapan anda melalui kolom komentar dibawahditunggu yaa 🙂

Jika dirasa ada manfaatnya, anda boleh membagikan artikel ini melalui menekan tombol share media sosial yang ada dibawah, Terima kasih telah berkunjung ke blog sederhana ini.

artikel lainnya :

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here