10 Makanan yang Dapat Menambah Berat Badan Anak Secara Cepat

0
705
makanan penambah berat badan

10 Makanan yang Dapat Menambah Berat Badan Anak Secara Cepat – Anak-anak dengan berat badan yang ideal adalah keinginan semua orang tua. Memilih makanan adalah bagian yang sangat penting, makanan haruslah mengandung gizi yang baik dan orang tua harus memastikan bahwa bayi atau anak bisa memakannya. Berikut adalah 10 makanan beserta cara penyajiannya yang dapat membantu menambahkan berat badan sang anak.

Hal yang perlu diingat adalah meskipun makanan-makanan yang ada pada daftar ini bergizi akan tetapi anda tidak boleh memberikan kepada anak secara berlebihan seperti yang biasa dipraktekan orang tua disekitar kita yang memaksa anak untuk menghabiskan makanan yang tersisa padahal perut anak tidak cukup lagi untuk menampung dan porsi yang diberikan oleh orang tua memang melebihi batas wajar yang sanggup dimakan oleh anak-anak. Yuk simak para ahli gizi dari berbagai sumber menyarankan makanan-makanan sebagai berikut :

  1. Sereal

Biji-bijian adalah sumber energi utama bagi tubuh. Ini merupakan bahan utama dalam setiap makanan sereal yang sehat. Sereal adalah makanan pertama yang bisa dimakan bayi. Ketika anak-anak mulai makan mil, kebanyakan keluarga Indonesia sering memberikan makan bayi dengan bubur nasi.

Selain itu, ketika anak anda telah memiliki tumbuh kembang yang baik, anda bisa memberi anak anda oatmeal, kacang-kacangan, tepung beras ketan, tepung kacang, roti.

  1. Alpukat

10 Makanan yang Dapat Menambah Berat Badan Anak Secara Cepat

Alpukat adalah buah yang selalu “memimpin” dalam kandungan nutrisi. Tidak hanya kaya akan lemak yang bermanfaat tapi juga mengandung gula, protein, vitamin B, vitamin C dan mineral seperti kalsium, magnesium, seng, fosfor, besi, kalium. Makanan ini juga kaya serat dan memiliki tekstur yang lembut yang dapat membantu anak mencerna dengan mudah.

Baca juga ya :

  1. Ikan

Ikan sangat kaya akan lemak, protein dan mineral seperti zat besi, kalsium, vitamin D.  Terutama ikan berlemak seperti salmon, mackerel, tuna kaya akan omega 3, yang baik untuk pertumbuhan otak bayi.

Setelah anak berusia 8 bulan, barulah anda memberi makan ikan kepada anak anda. Untuk selanjutnya anda boleh memberikan makan anak anda berupa telur, ayam dan daging sapi.

  1. Brokoli

Brokoli, adalah sayuran yang sangat sehat. Brokoli kaya akan vitamin A, C, K dan serat. Brokoli juga menyediakan mineral yang baik seperti besi, kalsium, magnesium, fosfor, potassium, seng, selenium.

Brokoli mengandung banyak DHA(asam lemak Omega-3) yang baik untuk perkembangan otak, juga mengandung banyak kandungan yang terbukti dapat mencegah penyakit kanker. Anda bisa memberikan makan brokoli dan sayuran hijau lainnya pada usia anak mencapai 6 bulan.

  1. Telur

Makanan yang dapat menambah berat badan anak lainnya adalah telur. Telur adalah sumber protein dan lemak yang sangat banyak. Telur juga lebih aman dibandingkan makanan lain karena tingkat risiko keracunan atau alergi karena bahan-bahan kimia yang ditambahkan pada buah dan sayur serta makanan lainnya seperti pengawet, stimulan pertumbuhan, pestisida sangat rendah. Telur juga sangat mudah disajikan, banyak cara pengolahan dan penyimpanan yang lama.

Namun, karena tingginya choleteron dan lemak, telur sulit dicerna sehingga sebaiknya anak tidak mengkonsumsi lebih dari 1-2 buah per hari. Dua hal yang perlu diingat oleh para orang tua, bayi hanya diberi kuning telur saat berumur 7 bulan dan putih telur harus diberikan setelah 9 bulan untuk menghindari reaksi alergi.

  1. Pisang

10 Makanan yang Dapat Menambah Berat Badan Anak Secara Cepat

Pisang adalah makanan yang baik untuk membantu anak-anak makan dengan mudah dan berat badannya bertambah dengan cepat sehingga cocok untuk makanan ringan Anak. Anda bisa memberi makan bayi Anda setelah usia 6 bulan.

Pisang kaya kalori, gula, vitamin A, B1, B2, B6, B12, C, D, E dan mineral seperti magnesium, kalium, besi, fosfor, fluorin, yodium. Dengan tekstur lembut dan mudah didapatkan serta cocok untuk camilan sehat sang anak. Hal ini dapat menaikan berat badan Balita yang terlalu kurus  dengan cepat jika mereka makan pisang setiap harinya.

Tapi jangan biarkan si buah hati makan terlalu banyak, sebaiknya atur anak untuk makan sampai setengah pisang saja dan hanya boleh diberikan saat anak berumur 6 bulan.

  1. Ayam

Ayam adalah makanan tinggi lemak dan protein. Ada juga vitamin A, B1, B2, C, E, asam, kalsium, fosfor, zat besi, sangat baik bagi bayi yang baru lahir untuk makan mil. Sup ayam atau bubur ayam adalah makanan yang mudah dicerna dan sangat bergizi bagi si kecil. Hal ini tidak hanya membantu anak-anak yang terlalu kurus untuk menambah berat badan mereka dengan cepat tapi juga membantu anak sembuh dari berbagai macam penyakit. Anak anda harus mulai makan ayam setelah 6 bulan.

  1. Bayam

Bayam adalah makanan super, salah satu sayuran yang memiliki banyak nutrisi pada golongan sayuran hijau. Bayam mengandung banyak vitamin penting untuk tubuh seperti: A, K, D, E dan berbagai mineral. Selain itu, sayuran ini adalah sumber asam lemak omega-3 yang sangat baik (lemak ini bagus untuk pengembangan intelektual anak). Seperti sayuran hijau lainnya, Anda baru bisa memberi makan bayi Anda setelah usia 5 bulan.

  1. Wortel

Wortel adalah sumber beta karoten yang sangat kaya (pra-vitamin A). Ini membantu tubuh untuk memperbaiki sistem kekebalan tubuh, mencegah penyakit dari infeksi bakteri dan virus dengan sangat baik.

Namun, disarankan untuk anak anda jangan makan terlalu banyak pada saat bersamaan, satu minggu sebaiknya hanya makan 2-3 kali saja, untuk menghindari sembelit atau keracunan karena kelebihan vitamin A. Bimbinng anak anda untuk makan juga bersama makananan yang mengandung lemak agar anak mudah menyerapnya. Anda bisa mulai menerapkannya setelah anak berusia 6 bulan.

  1. Yogurt

10 Makanan yang Dapat Menambah Berat Badan Anak Secara Cepat

Yogurt kaya akan lemak, protein, gula dan mineral seperti kalsium, vitamin C, vitamin D, seng.  Tidak hanya itu, yogur juga mengandung bakteri yang menguntungkan untuk usus, membantu memperlancar sistem pencernaan.

Akan tetapi yogurt hanya dapat diberikan kepada anak-anak ketika mereka mencapai usia 8 bulan, karena mengkonsumsinya di awal usia dapat menyebabkan anak terkena alergi atau diare.

Nutrisi merupakan faktor kunci dalam membantu anak yang terlalu kurus bertambah gemuk dengan cepat, jadi saran terbaik adalah memberi anak Anda dengan aneka macam makanan. Setiap jenis makanan memiliki nilai nutrisinya sendiri, harus dikombinasikan untuk menyeimbangkan dan sebaiknya pula tidak hanya fokus pada jenis makanan tertentu.

Demikianlah topik kita mengenai 10 Makanan yang Dapat Menambah Berat Badan Anak Secara Cepat. Silakan jika ada tanggapan dari anda mengenai artikel ini, bisa disampaikan melalui kolom komentar yang ada dibawah. Share artikel ini ke media sosial anda dengan men-klik tombol share yang ada diakhir artikel ini. Terima kasih dan sehat selalu.

Artikel seru lainnya :

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here