Yuk Lihat 10 Makanan Khas Sunda yang Menggugah Selera dan Rekomendasi Rumah Makan Beserta Harga

0
258
credit: @visitbandung

Yuk Lihat 10 Makanan Khas Sunda yang Menggugah Selera dan Rekomendasi Rumah Makannya serta Harganya – Jawa barat merupakan provinsi yang paling padat di Indonesia, maka tidak heran banyak kuliner yang bisa diolah dan menjadi ciri khas tersendiri bagi masyarakat Sunda terutama kota Bandung, Bogor, dan sekitarnya.

Makanan khas Sunda juga sudah banyak lo kita jumpai di kota-kota lainnya, sebut saja makanan seperti cilok, batagor, dodol, dan masih banyak lagi namun cita rasa yang asli tentu saja berasal dari kota aslinya makanan tersebut. Kita akan ulas menu-menu tersebut pada daftar 10 Makanan Khas Sunda yang Menggugah Selera dibawah ini beserta dimana tempat untuk anda berburu makanan tersebut. Yuk langsung saja simak!

Baca juga:

1. Empal Gentong

masakan khas sunda
credit: @cirebonpunya

Untuk makanan khas Sunda yang pertama pada daftar kali ini adalah empal gentong.  Empal gentong merupakan menu andalan kota cirebon yang berisikan daging dan berbagai macam jeroan seperti paru, babat, lidah, kikil, dll. Biasa disajikan dengan lontong dan kerupuk,  memang jika anda lihat sekilas makanan khas jawa barat ini mirip dengan soto pada umumnya terlebih dengan soto tangkar yang jelas jangan lupa untuk minta kerupuk kulit atau kerupuk udang yang cocok sekali dimakan dengan empal gentong.

Saya menempatkan empal gentong pada posisi pertama karena memang makanan ini jarang sekali kita temui di kota-kota lain sehingga makanan ini sangat otentik dan identik dengan kota cirebon layaknya makanan gudeg dengan kota jogja. Anda dapat temukan empal gentong mulai dari penjual kaki lima hingga ke level restoran.

Rumah Makan Terbaik Untuk Empal Gentong : Saya rekomendasikan anda untuk mengunjungi Empal Asem Empal Gentong H. Apud di Jl. Ir. H. Juanda No.24, Kota Cirebon, Jawa Barat dan Empal Gentong Krucuk di Jl. Slamet Riyadi No. 5, Kota Cirebon, Jawa Barat.

Harga Untuk Empal Gentong-nya: Untuk Empal Gentong H. Apud harga satu porsinya berkisar Rp 20 ribuan (2018). Sedangkan Empal Gentong Krucuk memiliki kisaran harga Rp 20.000 untuk satu porsi empal gentong/empal asem.

2. Nasi Liwet

masakan khas sunda
credit: @arinda_ph

Nasi liwet adalah makanan khas sunda yang biasa menemani untuk ajang kumpul kerabat dan memakannya secara beramai-ramai. Nasi liwet ini mirip dengan nasi uduk, biasa disajikan dengan ikan teri, ayam goreng, bebek goreng, pete, dan sayuran serta disusun dengan daun pisang yang memanjang.

Sebenarnya anda juga bisa membuatnya di rumah karena nasi liwet bahkan sudah banyak tutorial di youtube untuk memasak nasi liwet yang enak hanya dengan rice cooker. Namun pada kesempatan kali ini saya akan merekomendasikan dimana rumah makan yang sudah terkenal akan nasi liwetnya dan menjadi favorit warga Jawa Barat.

Rumah Makan Terbaik Untuk Nasi Liwet : Hanya satu yang dapat saya rekomendasikan yakni Rumah Makan Liwet Asep Stroberi Tasikmalaya di Jl. R. Ikik Wiradikarta No. 9, kota Tasikmalaya,  Jawa Barat. Rumah makan ini telah berdiri sejak 2006. Di tempat ini anda akan terkesima dengan kebun stroberinya yang luas dan ditambah dengan nuansa pesawahan disekitarnya, jadi selain anda dapat mencicipi makanannya, anda juga mendapatkan spot bagus untuk berfoto ria.

Harga Untuk Nasi Liwet-nya : Terdiri dari beberapa paket,  Untuk paket nasi liwet 3 orang dikenakan Rp 121.500 (2018). Sebuah harga yg sangat worth it menurut saya dengan suasana yang asri dan tenang  yang akan anda dapatkan.

3. Karedok

makanan khas sunda
credit: @kompilasibucang

Makanan khas sunda selanjutnya adalah Karedok. Makanan ini saya yakin ada tiap-tiap daerah dimanapun anda berada saat ini terutama di perkotaan. Dengan penyajiannya yang menggunakan bumbu kacang, secara sekilas kita melihat karedok mirip dengan gado-gado Jakarta atau lotek kepunyaan Jogja. Karedok lebih mengedepankan sajian dengan sayuran-sayuran mentah yang sangat baik untuk kesehatan anda.

Rumah Makan Terbaik Untuk Karedok : Sebenarnya anda dapat mencarinya di hampir setiap rumah makan sunda, namun rekomendasi dari para reviewer lainnya ada satu tempat makan yang patut anda coba dengan menu karedoknya yakni Warung Lotek Cihapit yang buka dari jam 7 pagi hingga 5 sore. Beralamatkan di Jl. Cihapit No.6, Kota Bandung, Jawa Barat.

Harga Untuk Karedok-nya : Untuk satu porsi karedok hanya seharga Rp 18.000 (2017). Sangat ringan dikantong bukan?

4. Mie Kocok

makanan khas sunda
credit: @sukapisanjajan

Nah pada posisi ke-empat saya ingin membawakan makanan yang banyak anda jumpai di ibukota Jawa Barat yakni Bandung. Yup, bagi anda yang sering jalan-jalan ke Bandung makanan ini mudah sekali ditemukan dimanapun. Diberi istilah mie kocok karena proses memasaknya yang mengocok-ngocok mie tersebut dalam suatu wadah. Mie kocok dengan kuah kaldu sapi yang kaya cita rasa dilengkapi dengan kikil, tauge, bakso dan sayuran seperti seledri. Sangat cocok disantap saat musim penghujan seperti sekarang ini dan bagi anda yang cari makanan yang hangat dan berkuah.

Tempat Makan Terbaik Untuk Mie Kocok : Salah satu tempat makan mie kocok yang legendaris adalah Mie Kocok Persib di Jl. Jendral Ahmad Yani No.274, Kota Bandung, Jawa Barat. Mie kocok persib telah menjajakan jualannya dimulai sejak tahun 1963.

Harga Untuk Mie Kocok-nya : Harga satu porsi penuh dari mie kocok ini adalah Rp 23.000 (2017).

5. Surabi

makanan khas sunda
credit: @bdgsociety

Jika anda selama ini hanya merasakan rasa surabi seperti pada umumnya di daerah anda maka di kota Bandung anda akan mendapatkan varian-varian dari surabi yang berbeda beragam. Surabi bisa juga dibilang pancake-nya Indonesia karena bentuknya yang hampir mirip namun lebih tipis dan ukurannya pun lebih kecil bila dibandingkan dengan pancake. Jajanan khas sunda ini dapat anda temukan di pinggir-pingir jalan sekitar Bandung.

Tempat Makan Terbaik Untuk Surabi : Surabi Cihapit yang ada di Jl. Cihapit (Samping Toko Djitu), Kota Bandung, Jawa Barat. Surabi Cihapit merupakan penjual surabi yang sudah ada lama di Bandung dan harganya juga dari dulu terkenal terjangkau untuk semua kalangan.

Harga Untuk Surabi-nya : Ada 3 varian yang saya dapat yakni surabi coklat pisang Rp 7.000, surabi oncom Rp 2.000, surabi coklat Rp 6.000 (2017).

6. Tahu Sumedang

credit: @verajj

Tahu yang memiliki cita rasa khas ini sangat sedap dikombinasikan dengan sambal petisnya. Teksturnya yang lembut dan kenyal membuat kita memakanya tidak cukup dengan satu maka dari itu makanan khas Sumedang, Jawa Barat ini dijual dalam bentuk per kotak. Cemilan satu ini memang sudah terkenal dan banyak yang jual di tiap-tiap daerah di Indonesia. Jika anda berkunjung ke kota Sumedang-nya langsung, ada satu tempat yang sangat tenar dan terkenal akan cita rasanya yang wajib anda kunjungi.

Tempat Makan Terbaik Untuk Tahu Sumedang : Tempat itu adalah Tahu Bungkeng Jl. Sebelas April No.53, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat. Anda tidak akan menyangka bahwa tempatnya sudah berdiri sejak tahun 1917.

Harga Untuk Tahu Sumedang-nya : Untuk satu biji tahu sumedang di Tahu Bungkeng harganya Rp 500 – 600 (2017). Sangat murah meriah bukan?

7. Tahu Gejrot

credit: @hildatea

Camilan khas Sunda ini juga sudah mulai banyak di jual di daerah-daerah lain. Tahu gejrot banyak disajikan dengan kuah yang pedas. Berbeda dengan tahu sumedang yang sudah saya sebutkan sebelumnya, tahu gejrot menggunakan tahu pong yang isinya agak kosong. Tahu gejrot disajikan dengan potongan tahu dicampur dengan bumbu dapur seperti cabe, gula, bawang putih dan bawang merah. Teman-teman bisa langsung rasakan tahu gejrot di kota asalnya yakni Cirebon dimana ada penjual tahu gejrot yang banyak direkomendasikan oleh reviewer lainnya.

Tempat Makan Terbaik Untuk Tahu Gejrot : Tahu Gejrot Kanoman yang bertempat di Jalan Pecinan (depan toko Manisan Sinta), Kota Cirebon, Jawa Barat.

Harga Untuk Tahu Gejrot-nya : Untuk per porsi tahu gejrotnya dengan isi 10 sangatlah murah yaitu Rp 7.500 (2019).

8. Dodol Garut

credit: @diah.kusumadewi

Nah makanan khas Sunda satu ini cocok sekali untuk anda jadikan oleh-oleh untuk keluarga anda di rumah. Kini dodol garut sudah memiliki banyak varian seperti dodol kurma, dodol green tea, dodol stroberi, dodol mangga, dodol durian, dll. Teksturnya yang lembut dan kenyal membuat siapa saja yang menyantapnya akan suka.

Tempat Makan Terbaik Untuk Dodol Garut : Dodol Picnic, anda bisa temukan merek dodol ini di toko oleh-oleh dengan jenis dodol dan harga yang bervariasi pula. Anda juga bisa mendatangi pabrik dodol-nya secara langsung di Jl. Pasundan, Kabupaten Garut, Jawa Barat.

Harga Untuk Dodol Garut-nya : Untuk Dodol Picnic rasa coklat 200 Gr harganya Rp  21.000, rasa durian 200 Gr Rp 21.000, Special Gift Mini Aneka Rasa Rp 35.500. Jika anda ingin melihat daftar harga lengkapnya silahkan kunjungi www.dodolpicnicgarut.com.

9. Batagor

credit: @janekarmendra

Jajanan khas sunda yang sangat populer ini dapat kita temukan di tiap-tiap daerah kita tinggali. Batagor adalah kependekan dari Bakso Tahu Goreng yang berisikan olahan ikan tenggiri biasa disajikan dengan bumbu kacang yang dicampur dengan kecap dan perasan jeruk nipis. Sebagai penambah cita rasa anda bisa tambahkan saus pedas atau manis. Baik dari yang jualan kaki lima hingga pada level restoran, anda bisa menemukan makanan khas sunda yang satu ini.

Rumah Makan Terbaik Untuk Batagor : Jika anda ingin merasakan rasa batagor yang premium, anda bisa mencoba Batagor Kingsley yang ada Jl. Veteran No. 25, Kota Bandung, Jawa Barat.

Harga Untuk Batagor-nya : Satu porsi batagor campur seharga Rp 29.000, batagor biasa Rp 29.000 dan untuk minuman disana ada cendol durian Rp 25.000 serta cincau gula aren Rp 13.000.

10. Seblak

Untuk makanana khas sunda yang terakhir pada daftar ini adalah seblak. Makanan khas sunda ini dalam beberapa tahun terakhir mulai bermunculan di daerah perkotaan lainnya. Seblak bahan dasarnya adalah kerupuk yang diolah dan dimasak dengan telur, suwir ayam, makaroni dan sayuran lainnya. Biasa disajikan dengan sambal merah yang pedas dan bisa dirikues level kepedasannya seperti yang kita temukan pada warung ayam geprek.

credit: @visitbandung

Tempat Makan Terbaik Untuk Seblak : Seblak Oces di Jl. Purnawarman No. 22, Kota Bandung, Jawa Barat.

Harga Untuk Seblak-nya : Kisaran harga terakhir yang saya dapatkan untuk satu porsi seblaknya adalah mulai dari Rp 8.000 sampai Rp 12.000 (2017).

Itu tadi makanan khas sunda yang patut sekali anda coba jika anda sedang berada di kawasan Jawa Barat. Semoga dapat menambah wawasan kuliner anda sekalian.  Jika teman-teman memiliki rekomendasi makanan khas lainnya, silakan isi di kolom komentar dibawah. Sekian dan terima kasih.

Artikel lainnya :

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here