10 Makanan Khas Betawi yang Tidak Diragukan Lagi Kelezatannya dan Rekomendasi Rumah Makan Beserta Harga

0
282
credit: @twinkle_belly

10 Makanan Khas Betawi yang Tidak Diragukan Lagi Kelezatannya dan Rekomendasi Rumah Makan Beserta Harga – Dibalik hiruk pikuknya kemacetan Jakarta, kota ini memiliki ratusan kuliner yang dapat memanjakan lidah anda. Jika anda sudah keliling seharian untuk berwisata ke spot-spot indah di Jakarta dan sekitarnya, nah sekarang saatnya anda bisa bersantai sejenak dan melihat daftar 10 makanan khas betawi yang patut anda coba. Lalu anda bisa melanjutkan untuk berwisata kuliner setelah melihat artikel ini 🙂

Tenang saja, rekomendasi makanan khas betawi dan tempat makan yang saya akan rekomendasikan dibawah insya Allah terjangkau di kantong anda. Mulai dari jajanan makanan ringan seperti kue hingga makanan berat yang dapat anda santap dengan nasi.

Lalu apa saja makanan khas betawi yang sudah tidak diragukan lagi kelezatannya hingga saat ini? Mari kita lihat ulasan makanannya bersama.

Baca juga:

1. Kerak Telor

10 Makanan Khas Betawi yang Tidak Diragukan Lagi Kelezatannya dan Rekomendasi Rumah Makan Beserta Harga
credit: @twinkle_belly

Untuk makanan khas betawi yang pertama dan paling ikonik adalah kerak telor. Makanan favorit warga Jakarta ini memiliki tekstur yang hampir mirip dengan martabak, terbuat dari telur ayam atau bebek dan berisikan ketan dan ubi. Tahukah anda bahwa kerak telor mengandung banyak nutrisi seperti protein, vitamin B6, A, B12, D, E, karbohidrat, zat besi dan natrium serta 1 kerak telor dapat mengandung 600 kalori. Anda akan menemukan makanan ini paling banyak pada saat event tahunan seperti PRJ (Pekan Raya Jakarta). Cita rasa dari kerak telor Insya Allah bikin anda menjadi ketagihan.

Rumah Makan Terbaik Kerak Telor : Kerak telor di Monas (Monumen Nasional) yang sama-sama kita tahu beralamatkan di Gambir, Jakarta Pusat, Kota Jakarta dan kerak telor aneka museum di Kota Tua yang beralamatkan di Jl. Taman Fatahillah No.1, Kota Jakarta Barat, DKI Jakarta.

Harga Untuk Kerak Telor-nya: Untuk harga satu porsi kerak telor berkisar dimulai dari Rp 20.000 hingga Rp 25.000.

2. Nasi Ulam

makanan khas betawi
credit: @henjiwong

Makanan khas betawi selanjutnya adalah nasi ulam. Nasi ulam adalah nasi yang dimasak dengan rempah, ditambah dengan berbagai lauk komplit yang bisa anda pilih seperti bihun goreng, telor dadar, daging empal asam manis, perkedel, dendeng manis dan sebagai pelengkap bisa ditambahi kerupuk seperti emping. Jangan lupa pake sambal biar makin maknyus. Makanan ini cocok untuk disantap saat pagi hari sebagai sarapan. Tentunya nasi ulam adalah referensi makanan yang sayang sekali jika anda lewatkan. Jika kita rasakan sebenarnya nasi ulam ini tidak jauh berbeda dengan nasi uduk.

Rumah Makan Terbaik Nasi Ulam : Nasi Ulam Misjaya beralamatkan di Jl. Kemenangan Raya No.3, Kota Jakarta Barat, DKI Jakarta dan Warung Bu Yoyo yang ada di Jl. Karet Pedurenan, Gang Dogol, Setiabudi, Kota Jakarta Selatan, DKI Jakarta.

Harga Untuk Nasi Ulam-nya : Untuk satu porsi Nasi Ulam Misjaya dimulai dari Rp 10.000 (2018) dan untuk nasi ulam Warung Bu Yoyo adalah dari Rp 8.000 hingga Rp 16.000 per porsinya.

3. Laksa Betawi

credit: @moms_mels

Makanan tradisiona khas betawi ini mampu menggugah selera siapun yang memakannya, terdiri dari mie gandum ataupun bihun. Dengan kuah kaldu yang gurih dan dilengkapi dengan sayuran, tauge, telur dan daun kemangi sehingga membuat laksa betawi ini cocok untuk anda santap saat sarapan atau makan malam sekalipun. Meskipun kuah kaldunya memiliki banyak rempah namun rasanya tidak terlalu “berat” untuk dinikmati. Laksa betawi merupakan warisan budaya Indonesia yang baiknya kita sebagai generasi muda berusaha untuk melestarikan.

Rumah Makan Terbaik Laksa Betawi : Laksa Betawi Assirot yang bisa anda temukan di Jl. Assirot No.1, Kota Jakarta Selatan, DKI Jakarta. Laksa Betawi Assirot telah berdiri sejak tahun 1978 jadi anda akan merasakan cita rasa yang sungguh otentik.

Harga Untuk Laksa Betawi-nya : Harga laksa betawi legendaris ini sangatlah murah meriah yakni Rp 20.000 untuk satu porsinya.

4. Gado-gado

10 Makanan Khas Betawi yang Tidak Diragukan Lagi Kelezatannya dan Rekomendasi Rumah Makan Beserta Harga
credit: @windy_kho

Makanan merakyat satu ini dan sudah dikenal disemua daerah tentunya jadi kebanggan bagi warga Betawi. Walaupun jika kita googling, banyak sekali kita dapatkan resep untuk makanan khas betawi ini. Biasanya jika anda mengunjungi warung atau tempat makan yang menjual gado-gado, kebanyakan dari mereka juga menjual ketoprak, lontong sayur, dll. Dengan siraman bumbu kacang pada kentang rebus, tahu, tempe, telur dan sayuran yang ada, makanan ini cocok untuk disantap disegala waktu baik sarapan, makan siang  dan makan malam.

Rumah Makan Terbaik Gado-gado : Gado-gado Cemara yang telah ada sejak tahun 1947, anda bisa menyantapnya di Jl. Tanah Abang 5 No.36, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta. Anda juga bisa temukan menu lontong sayur disini.

Harga Untuk Gado-gadonya : Harga yang saya peroleh info untuk satu porsinya sekitar Rp 30 ribuan pada tahun 2015.

5. Semur Jengkol

10 Makanan Khas Betawi yang Tidak Diragukan Lagi Kelezatannya dan Rekomendasi Rumah Makan Beserta Harga
credit: @omamuda

Bagi anda yang suka makanan dengan rasa tidak terlalu manis dan lebih terasa pedas maka anda harus coba Semur jengkol. Makanan ini akan lebih mantap rasanya jika dimakan dengan nasi uduk. Meskipun terkadang ada sebagian orang yang tidak sengan dengan aroma yang dikeluarkan oleh semur jengkol akan tetapi makanan ini tetap menjadi jawara dan sangat populer di Jakarta. Bagi anda yang sudah luma suka makanan ini tentu anda ngiler dengan gambar yang ada diatas 🙂 Perlu diingat teman-teman, makan semur jengkol tidak boleh terlalu banyak yaa karena mengakibatkan anda keracunan jengkol atau yang biasa kita sebut kejengkolan.

Rumah Makan Terbaik Semur Jengkol : Saya rekomendasikan bagi anda penggemar jengkol yaitu Republik Jengkol di Jl. Kerja Bakti No.16, Kota Jakarta Timur, DKI Jakarta.

Harga Untuk Semur Jengkol-nya : Hanya Rp 20 ribuan untuk satu porsi semur jengkol.

6. Asinan Betawi

credit: @ressa_chacha

Kudapan khas betawi ini sepertinya sulit untuk kita temukan di daerah-daerah lain. Berbagai jenis sayuran yang anda bisa santap dalam asinan betawi seperti kobis, sawi, tauge, tahu, selada, dll. Ditambah dengan kacang goreng dan kerupuk. Anda dapat temukan asinan betawi di sepanjang jalan Jakarta. Kudapan ini mengenyangkan, jadi bagi anda yang belum mau makan berat dengan nasi di siang hari, anda bisa menggantinya dengan ini. Rasanya yang nikmat dan segar membuat anda akan melupakan penatnya aktifitas sejenak.

Rumah Makan Terbaik Asinan Betawi : Berdasarkan banyak reviewer yang ada, ada satu tempat makan yang bisa anda coba yaitu Asinan Betawi Bang Sawal di Jl. Arjuna Utara, Kota Jakarta Barat, DKI Jakarta.

Harga Untuk Asinan Betawi-nya : Makanan murah meriah ini hanya seharga Rp 10.000 (2018).

7. Soto Betawi

credit: @kulinerjakartaoke

Setiap daerah di Indonesia memiliki soto khas-nya masing-masing tidak terkecuali dengan kota Jakarta. Soto ini berisikan kuah santan dan isian daging sapi, tomat dan kentang. Bahan-bahan tersebut yang membuat soto ini berbeda dengan soto-soto lainnya. Soto khas betawi tidak hanya disukai oleh warga Jakarta tetapi para pendatang atau perantau ke kota ini ketagihan dengan makanan khas betawi ini, buktinya ada banyak warung soto betawi yang telah buka sejak berpuluh-puluh tahun yang lalu. Saya akan sebutkan dua rumah makan yang recommended dibawah ini.

Rumah Makan Terbaik Soto Betawi : Ada 2, Soto Betawi H. Husen Jl. Padang Panjang No. 6C Pasar Manggis Setiabudi, Kota Jakarta Selatan, DKI Jakarta dan Soto Betawi H. Ma’ruf Komplek Taman Ismail Marzuki Jl. Cikini Raya No.73, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta.

Harga Untuk Soto Betawi-nya : Untuk satu porsi Soto Betawi H. Husen seharga Rp 30 ribuan (2019) dan Soto Betawi H. Ma’ruf untuk soto betawi daging seharga Rp 42.000 (2019).

8. Ketoprak

credit: @makanterusss

Makanan khas betawi mudah kita jumpai didaerah manapun di Indonesia. Hampir sama dengan pecel dan lotek, ketoprak juga berisikan tahu, mentimun, kecambah, bihun, semua itu disiram dengan saos kacang yang sudah dicampur dengan kecap manis dan tidak terlupa kerupuk yang dapat menambah cita rasa dari makanan ini. Satu hal yang paling disukai dari makanan ini adalah jika kita membelinya di gerobak pinggir jalan maka kita dapat lihat langsung si penjual yang sedang mengulek bumbu kacang, bawang putih, cabe dan gula merah. Jadi kita dapat makan ketoprak khas betawi dalam keadaan hangat.

Rumah Makan Terbaik Ketoprak : Ketoprak Ciragil di Jl. Ciragil II No.24, Kota Jakarta Selatan, DKI Jakarta.

Harga Untuk Ketoprak-nya : Harga kisaran untuk ketoprak biasa adalah Rp 18.000 dan ketoprak spesial Rp 25.000.

9. Soto Tangkar

credit: @kulinerjabodetabek

Ada satu jenis soto lagi yang harus anda ketahui selain soto betawi yang sudah saya sebutkan diatas, yakni soto tangkar yang juga khas betawi. Bagi anda yang sudah biasa menyantap iga sapi secara dibakar nah anda mungkin penasaran bagaimana daging iga sapi dibuat untuk sebuah soto. Wajar jika di daerah anda tidak ada soto tangkar karena di Jakarta sendiri pun kini sudah mulai sulit ditemukan makanan ini. Sehingga anda tidak ingin melewatkan kesempatan untuk menyantap makanan ini.

Rumah Makan Terbaik : Kedai Soto Tangkar H. Diding di Jl. Pasar Pagi II, Kota Jakarta Barat, DKI Jakarta. Tidak hanya soto tangkar yang dapat anda santap di kedai ini akan tetapi ada makanan yang tidak kalah terkenalnya yakni sate kuah daging sapi.

Harga Soto Tangkar-nya : Untuk satu porsi soto tangkar-nya dikisaran harga Rp 25.000 – Rp 30.000.

10. Putu Mayang

credit: @dapoersikoko

Untuk makanan khas betawi terakhir adalah putu mayang. Jajanan ini berbahan dasar tepung beras dengan tekstur yang mirip mie dan biasa disajikan dengan gula jawa cair. Banyak kita temukan di pasar-pasar ramadhan yang menjual makanan dan camilan untuk berbuka puasa. Putu mayang adalah kue tradisional yang difavoritkan oleh banyak kalangan dengan warnanya yang cantik dan beragam saya rasa jajanan ini cocok anda hidangkan pada saat ada acara kumpul keluarga atau sedang ada tamu di rumah anda.

Tempat Makan Terbaik Putu Mayang : Anda bisa menemukannya di penjual-penjual jajanan tradisional yang sering lewat di depan tempat tinggal anda atau dengan kemajuan zaman saat ini anda juga bisa memesan putu mayang secara online di GO-FOOD.

Harga Putu Mayang-nya : Sangat terjangkau tentunya, biasa bisa kita dapatkan putu mayang ini seharga Rp 1.000 – 2.000.

Itu tadi 10 makanan khas betawi yang harus anda coba jika anda sedang berada di Jabodetabek. Jika teman-teman memiliki referensi lain dalam makanan khas betawi, silakan beritahu saya di kolom komentar dibawah yaa. Anda yang menemukan manfaat dari artikel ini silakan bagikan ke media sosial kalian, sekian dan terima kasih.

Artikel lainnya:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here