10 Makanan Khas Banjarmasin yang Super Lezat dan Rekomendasi Rumah Makan Beserta Harga

0
307
makanan khas banjarmasin
credit: @dhoraelvira

10 Makanan Khas Banjarmasin yang Super Lezat dan Rekomendasi Rumah Makannya serta Harganya – Kota Banjarmasin yang dikenal dengan julukan kota seribu sungai ini menyimpan banyak cerita dari segala hal tidak terkecuali dengan makanan khasnya yang membuat anda selalu ingin berada di kota Banjarmasin. Kalau selama ini anda sudah terbiasa dengan tempat-tempat wisatanya seperti pasar terapung siring, jembatan barito, pulau kembang dan spot-spot indah lainnya, maka kali ini saya akan mengajak untuk berwisata kuliner sejenak. Hitung-hitung blog saya menjadi sebagai ajang promosi wisata kuliner di kota yang membesarkan saya 🙂

Berikut kita intip makanan khas Banjarmasin apa saja yang wajib anda coba jika anda sedang berada di kota Banjarmasin. Saya akan ulas lengkap daftar makanan khas Banjarmasin lengkap dengan dimana anda bisa menemukan tempat makan yang menyajikan makanan tersebut serta yang tidak kalah pentingnya adalah harganya.

1. Nasi Kuning

makanan khas banjarmasin
credit: @kulinerlegendaris

Untuk makanan khas Banjarmasin yang pertama harus anda coba tentulah Nasi Kuning. Saya yakin sekali jika anda tanyakan pada masyarakat asli Banjar atau orang-orang yang pernah berkunjung ke Banjarmasin, kebanyakan dari mereka juga setuju dengan makanan satu ini sebagai makanan yang iconic untuk kota Banjarmasin. Anda akan menemukannya hampir di tiap-tiap sudut kota yang terkenal akan masyarakatnya yang religius ini.

Nasi kuning yang terdiri dari dari bahan dasar kunyit dan santan serta tambahan bumbu-bumbu lainnya, biasa disajikan dengan daun pisang agar memiliki cita rasa yang enak dan wangi yang dapat menambah selera makan. Walaupun masyarakat Banjar senang memakannya di pagi hari sebagai sarapan, namun banyak juga pedagang nasi kuning yang berjualan pada malam hari di warung-warung yang ada.

Nasi kuning biasa disajikan dengan bumbu habang dengan lauk andalannya seperti ikan haruan(gabus), telur, sambal goreng hati dan daging dendeng.

Rumah Makan Terbaik Untuk Nasi Kuning : Ada dua tempat yang saya rekomendasikan untuk anda yang ingin menyantap nasi kuning yakni Nasi Kuning Cempaka yang berlamatkan di Jl. Pasar Baru No.2, Banjarmasin Tengah, Banjarmasin dan untuk yang kedua adalah Warung Nasi Kuning Rahmat yang bisa anda temui di  Jl. Perintis Kemerdekaan No.20 A, Banjarmasin Tengah, Kota Banjarmasin.

Harga Untuk Nasi Kuning-nya : Untuk kisaran harga Nasi Kuning Cempaka adalah Rp 20 ribuan (19 Februari 2019) dengan berbagai lauk yang anda bisa santap dan Warung Nasi Kuning Rahmat seharga Rp 20 ribuan (14 Februari 2019) dengan macam-malam lauk yang tersedia.

Baca juga:

2. Soto Banjar

10 Makanan Khas Banjarmasin yang Super Lezat dan Rekomendasi Rumah Makan Beserta Harga
credit: @eatfever

Soto Banjar adalah makanan khas Banjarmasin selanjutnya yang ada pada daftar ini. Seperti kota-kota lain yang ada di negara kita yang memiliki soto khas-nya, kota Banjarmasin juga tidak mau ketinggalan dengan hal ini. Soto banjar biasa disajikan dengan nasi atau ketupat, perkedel, telur rebus, soun, daun seledri, bawang goreng dan tidak lupa kerupuk sebagai pelengkapnya. Oh iya untuk yang disajikan dengan nasi, sebenarnya untuk masyarakat Banjar mereka tidak menyebut ini sebagai soto namun Nasi Sop.

Soto Banjar ini cocok sekali bagi anda yang menginginkan makanan hangat-hangat dan berkuah untuk makan malam di musim hujan yang bercuaca dingin ini. Oleh karena itu banyak sekali soto banjar yang bisa kita jumpai pada malam hari. Tidak kelupaan juga soto banjar ini biasa ditemani dengan jeruk nipis yang bisa anda kucuri untuk menambah kesegaran kuah sotonya.

Rumah Makan Terbaik untuk Soto Banjar : Anda bisa mengunjungi Soto Banjar Bang Amat yang beralamatkan di Jalan Banua Anyar No. 6, Banjarmasin Timur, Banjarmasin. Bagi anda yang ingin merasakan wisata Banjarmasin dengan maksimal, anda bisa mengunjungi tempat ini dengan kelotok (perahu bermotor yang menjadi ciri khas Banjarmasin). Untuk pilihan kedua saya menyarankan Warung Novi Soto Banjar Nyaman Banar yang beralamatkan di Jl. Haryono MT No.115, Banjarmasin Tengah, Kota Banjarmasin. Selain karena harganya yang terjangkau dan tempatnya yang mudah diakses. Semakin malam semakin ramai orang yang berdatangan.

Harga Untuk Soto Banjar-nya : Untuk kisaran harga soto banjar di Soto Banjar Bang Amat adalah sebesar Rp 20 ribuan dan Warung Novi Soto Banjar seharga Rp belasan ribu (April 2018).

3. Ketupat Kandangan

credit: @sasmitaedo

Jika anda suka makanan yang berkuah dan bersantan, maka ketupat kandangan cocok sekali untuk anda. Sebenarnya saya bingung apakah saya harus menempatkan ketupat kandangan pada posisi kedua atau ketiga, namun yang jelas jika teman-teman memiliki waktu yang tidak banyak saat berkunjung ke kota Banjarmasin, saya rasa dengan 3 makanan yang saya sebutkan ini sudah bisa mewakili inti dari wisata kuliner Banjarmasin.

Ketupat kandangan biasa disajikan dengan ikan yang sudah di bakar dan telur. Aroma yang enak akan tercium dari makananan ini berkat dari panduan santan dengan bumbu rempah seperti kemiri, kunyit, kencur, gula merah, dll. Ketupat kandangan merupakan makanan sarapan pagi dan uniknya makannya pake tangan secara langsung tanpa menggunakan sendok dan garpu.

Kandangan sendiri adalah sebuah nama kota di provinsi Kalimantan Selatan, hal yang unik adalah jika anda berkunjung kesana anda akan menemukan tugu yang sangat besar berbentuk ketupat.

Rumah Makan Terbaik untuk Ketupat Kandangan : Anda bisa langsung kunjungi Ketupat Kandangan Hj. Mursinah yang telah berdiri sejak 1965, beralamatkan di Jalan Cendrawasih No. 7 RT. 29, Banjarmasin Barat, Kota Banjarmasin. 

Harga Untuk Ketupat Kandangan-nya : Anda bisa santap ketupat kandangan ini hanya dengan harga Rp 20.000 untuk satu porsi ketupatnya. Sebagai pelengkap, anda bisa menambahkan sate perut ikan seharga Rp 15.000 (Januari 2019)

4. Mie Bancir

10 Makanan Khas Banjarmasin yang Super Lezat dan Rekomendasi Rumah Makan Beserta Harga
credit: @tria_sartika

Anda bisa menemukan mie bancir di Banjarmasin mulai dari penjual pinggiran jalan hingga sekelas mal. Makanan khas Banjarmasin ini memang berbeda dari mie-mie pada umumnya. Mie bancir menggunakan mie habang/mie merah disajikan dengan kuah seperti soto dan tidak lupa ditambah dengan suwir telur dan ayam.

Selama beberapa tahun terakhir, mie bancir ini semakin tenar namanya setelah seorang Chef lulusan dari program TV MasterChef yang bernama Agus Sasirangan membuka rumah makan dengan sajian utama yakni mie bancir.

Rumah Makan Terbaik untuk Mie Bancir : Anda bisa temukan Mie Bancir Agus Sasirangan ini dengan mudah karena telah banyak berbagai cabang yang dibuka, salah satunya adalah di Jl. Perdagangan Kayutangi, Banjarmasin Utara, Kota Banjarmasin.

Harga Untuk Mie Bancir-nya : Untuk harga satu porsi mie bancir khas banjar adalah Rp 20.000, tersedia juga nasi goreng khas banjar dengan harga yang sama serta bakso dengan harga mulai dari Rp 18.000 (Desember 2018).

5. Lontong Banjar

makanan khas banjarmasin
credit: @dhoraelvira

Lontong Banjar tidak jauh berbeda dengan lontong kuah pada umumnya, masakan khas banjar ini menggunakan sayur seperti nangka, kacang panjang, dan kacang kedelai dan lauknya bisa berupa ikan, telur, ayam dengan bumbu habang. Sama halnya dengan ketupat kandangan yang telah saya sebutkan diatas, lontong banjar merupakan makanan sarapan pagi.

Ada suatu rumah maka yang sangat terkenal bagi masyarakat Banjar untuk lontong banjar ini yaitu Rumah Makan Lontong Orari yang telah ada sejak tahun 1986. Kuliner legendaris ini merupaka usaha turun temurun dari keluarga Hj Rusminah. Bagi teman-teman yang tidak sempat datang kesini untuk sarapan, tenang saja karena Rumah Makan Lontong Orari Buka hingga jam 3 pagi.

Rumah Makan Terbaik untuk Lontong Banjar : Seperti yang sudah saya sebutkan, Rumah Makan Lontong Orari mnejadi jawara untuk makanan lontong banjar. Alamatnya ada di Jalan Sungai Mesa, Seberang Mesjid, Banjarmasin Tengah, Kota Banjarmasin.

Harga Untuk Lontong Banjar-nya : Anda bisa menyantapnya seharga Rp 20 -30 ribuan untuk satu porsinya, tergantung dari lauk yang anda makan.

6. Gangan Waluh

credit: @kamelia_cozykitchen

Waluh dalam bahasa Banjar berarti labu, sedangkan gangan waluh itu sendiri adalah masakan sayuran yang dikuahi dengan santan dan tentu saja labu yang dipotong. Biasanya dilengkapi dengan jagung dan kacang panjang. Ada juga yang menambahnya dengan sayur kol.

Sebenarnya makanan khas Banjarmasin satu ini dapat anda buat sendiri di rumah, namun saya akan asumsikan pembaca saya sebagiannya ada yang traveler alias bukan masyarakat Banjar asli atau anda yang sibuk dengan aktivitas kerjaannya yang tidak sempat membuatnya di rumah. Anda bisa menemukan gangan waluh di warung-warung atau rumah makan yang menjual ikan bakar khas Banjarmasin.

Rumah Makan Terbaik untuk Gangan Waluh : Ada dua 2 depot atau rumah makan ikan bakar yang juga menjual gangan waluh yang saya rekomendasikan yaitu Rumah Makan Idah yang ada di Jl. Let. Jend. S. Parman No.137, Banjarmasin Barat, Kota Banjarmasin dan Rumah Sambal Acan Raja Banjar yang beralamat di Jl. RE Martadinata No.3-1, Banjarmasin Tengah, Kota Banjarmasin.

Harga Untuk Gangan Waluh-nya : Untuk harga waluh dari kedua rumah makan yang saya sebutkan diatas berkisar mulai dari Rp 5 – 10 ribu. Sangat terjangkau bukan?

7. Iwak Karing Sapat

credit: @makananbanjar

Layaknya ikan teri medan, makanan satu ini sangat cocok dijadikan snack tambahan pada saat anda makan. Iwak sapat atau ikan sapat mudah ditemui di sungai-sungai yang ada di Banjarmasin, maka tidak mengherankan jika banyak olahan dari ikan sungai satu ini termasuk iwak karing sapat ini.

Jika anda mencari oleh-oleh untuk sanak keluarga dan kerabat, maka iwak karing sapat cocok untuk anda bawa pulang karena sudah banyak penjual yang mengemasnya dengan kemasan yang tahan untuk dibawa pulang ke kota anda.

Tempat Terbaik untuk Membeli Iwak Karing Sapat : Teman-teman bisa membelinya di toko oleh-oleh khas banjarmasin, salah satu rekomendasi saya adalah Toko Oleh-oleh Andalas yang bertempat di Jl. Perintis Kemerdekaan No.12, Banjarmasin Tengah, Kota Banjarmasin atau bagi anda yang senang dengan belanja online bisa membelinya di marketplace seperti Shopee. 

Harga Untuk Iwak Karing Sapat-nya : Harga untuk iwak karing sapat sangat beragam tergantung dari ukuran yang anda beli, harganya berkisar dari Rp belasan ribu hingga puluhan ribu.

8. Nasi Itik Gambut

credit: @arfavitaagiel

Makanan khas Banjarmasin satu ini penyajiannya tidak jauh beda dengan nasi kuning yang telah saya sebutkan sebelumnya, perbedaannya adalah pada nasinya dan lauknya. Nasi itik gambut disajikan dengan nasi putih dan lauk itik dengan bumbu habang khas Banjarmasin. Untuk menambah cita rasa dan aroma yang menggugah selera, biasanya nasi itik gambut dibalut atau dibungkus dengan daun pisang.

Harganya yang terjangkau untuk semua kalangan, maka tidak susah untuk mencari makanan ini di Banjarmasin. Namun ada satu tempat makan yang sangat direkomendasikan yang bisa anda datangi walaupun sedikit jauh jaraknya dari pusat kota.

Rumah Makan Terbaik untuk Nasi Itik Gambut : Anda bisa mendatangi Warung Nasi Itik Tenda Biru yang bertempat di Jl. A. Yani KM 14, Gambut, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan

Harga Untuk Nasi Itik Gambut-nya : Harga yang saya dapatkan dari Go-Food Warung Nasi Itik Tenda Biru adalah Rp 18.000 satu porsinya.

9. Bingka Kentang

credit: @pujihamzah

Pada urutan ke-9 saya ingin mengajak anda untuk mengenal wadai(bahasa Banjar dari kue) khas Banjarmasin. Berbahan dasar tepung terigu dan kentang, bingka kentang ini memliki tekstur yang kenyal dan sedikit basah pada permukaannya. Walaupun bingka kentang ini bisa anda buat sendiri dari rumah namun apa salahnya anda mencobanya langsung dari bikinan orang Banjar. Bingka kentang termasuk jajanan yang paling laris di saat bulan suci Ramadhan sebagai menu berbuka puasa karena harganya yang terjangkau dan rasanya yang manis.

Bagi anda yang ingin berbisnis di bidang kuliner, jajanan satu ini patut anda pertimbangkan apalagi hanya dalam hitungan beberapa bulan kita akan memasuki bulan Ramadhan.

Tempat Terbaik untuk Bingka Kentang : Untuk tempat membelinya yang saya tahu hanya terdapat pada pasar ramadhan, selain dari itu mungkin anda bisa membelinya secara online di usaha rumahan dengan menggunakan layanan GO-Food.

Harga Untuk Bingka Kentang-nya : Untuk harga bingka kentang berkisar dari Rp 20 – 40 ribuan.

10. Roti Pisang

credit: @elisabeth_irvianty

Snack atau kudapan satu ini menjadi makanan Banjar yang terakhir yang harus anda coba dari daftar ini. Roti pisang merupakan camilan yang enak yang biasa terdapat pada warung-warung jajanan khas Banjar. Walaupun namanya roti tapi jangan samakan dengan roti-roti pada umumnya, karena kalo kita lihat dari bentuk aslinya maka ini terlihat seperti kue basah. Roti pisang dibuat dan dibakar dengan cetakan khusus seperti cetakan kue lumpur sehingga bentuknya rapi dan ada efek-efek gosong di sisi rotinya.

Roti pisang sendiri berbahan dasar tepung terigu, susu bubuk, santan, pisang, dll. Wadai banjar ini dijual dengan harga yang terjangkau

Tempat Terbaik untuk Roti Pisang : Anda bisa mencarinya di warung-warung yang menjual kue atau wadai khas banjar atau jika ingin mendapatkan cita rasa yang lebih anda bisa berkunjung ke Mie Bancir Agus Sasirangan (selama persediaan masih ada) di Jl. Perdagangan Kayutangi, Banjarmasin Utara, Kota Banjarmasin.

Harga Untuk Roti Pisang-nya : Untuk yang berlokasi di warung-warung atau penjual kaki lima biasanya saya membelinya dengan harga Rp 2.500.

Demikian pembahasan 10 Makanan Khas Banjarmasin yang Super Lezat yang bisa anda jadikan referensi jika sedang berkunjung ke Banjarmasin, Kalimantan Selatan. Saya yakin anda mengetahui makanan Banjar selain yang saya sebutkan diatas, beritahu saya di kolom komentar dibawah ya. Silakan share artikel ini ke teman-teman kalian dengan cara menekan tombol share yang ada di akhir artikel, sekian dan terima kasih.

Artikel lainnya:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here