10 Laptop Chromebook Paling Murah Terbaru

0
293
laptop chromebook termurah

Laptop Chromebook memang memiliki keunikan tersendiri dibandingkan dengan laptop biasa pada umumnya. Umumnya, laptop menjalankan sistem operasi Windows atau MacOS.

Tetapi, laptop Chromebook menjalankan sistem operasi Chrome OS. Di bahasan kali ini, kita akan mengulas 10 laptop Chromebook paling murah terbaru yang bisa diperoleh di pasaran. Tapi sebelum itu kita sedikit membhas tentang kelebihan Chromebook dibanding laptop Windows.

Kebanyakan, laptop chromebook dibanderol dengan harga yang relatif murah dibanding harga laptop biasa.

Dari sisi desain, laptop chromebook tidak terlalu berbeda dengan laptop lainnya. Namun, jika di tilik dari segi storage atau ruang penyimpanannya, laptop chromebook biasanya memang tidak memiliki ruang penyimpanan yang besar.

Hal ini tidak terlepas karena faktor banyaknya orang – orang yang lebih memilih metode menyimpan dokumen – dokumen pada cloud storage sehingga dapat diakses pada saat kapanpun pengguna ingin mengaksesnya selama terkoneksi dengan internet.

Ruang penyimpanan yang digunakan juga biasanya bukan jenis HDD atau SDD, tetapi eMMC atau flash memory. Bagi kita yang terbiasa dengan laptop Windows atau MacOS, mencoba laptop Chromebook bisa jadi hal yang baru.

Apalagi kalau kita ingin mencoba laptop Chromebook untuk pertama kalinya, maka kita akan mempertimbangkan banyak hal sebelum benar – benar membeli laptop Chromebook tersebut. Dibawah Anda akan temukan spesifikasi serta ulasan singkat mengapa Anda harus memilih laptop chromebook yang disebutkan.

Nah inilah rekomendasi Laptop Chromebook Paling Murah Terbaru yang bisa dijadikan sebagai referensi kita sebelum memutuskan untuk membeli.

  1. Acer Chromebook 11

laptop acer murah

Acer Chromebook 11 adalah salah satu laptop chromebook paling murah di Indonesia. Mengapa ACER Chromebook 11 bisa menjadi laptop chromebook paling murah? Hal itu karena, laptop ini hanya dibanderol dengan harga 1,7 jutaan saja. Kita juga bisa dengan mudah membeli laptop ini yang sudah banyak dijual di mall – mall maupun di toko online.

Berikut spesifikasi singkat Acer Chromebook 11

Acer Chromebook memiliki layar sebesar 11,6 Inch yang beresolusi HD 1366 x 768 dan didukung dengan CPU Intel Celeron N2840 Processor. Laptop ini memiliki RAM berkapasitas 2 GB dan memori sebesar 16 GB. Tidak hanya itu, perangkat ini juga di dukung Intel HD Graphics dan dilengkapi port USB 3.0 , USB 2.0 , HDMI , dan port jack audio. Baterainya diperkirakan bisa bertahan selama 9 jam. Saya kira cukuplah untuk menyelesaikan kerja Anda selagi laptop tidak dalam keadaan di-charge.

Ruang penyimpanan Chromebook Acer 11 ini memang cukup kecil jika dibandingkan dengan laptop Windows, tetapi jika dibandingkan dengan sesama laptop Chromebook, maka ruang penyimpanan laptop Chromebook Acer 11 terbilang normal, karena biasanya laptop chromebook hanya memiliki ruang penyimpanan sebesar 16 GB saja. Laptop ini juga memenuhi kebutuhan komputasi standar.

  1. Asus Chromebook Flip C100PA

laptop chromebook termurah

Laptop chromebook paling murah berikutnya adalah Asus Chromebook Flip C100PA. Laptop ini memiliki ukuran layar yang cukup kecil dan cocok untuk kebutuhan komputasi yang tidak terlalu berat, jadi untuk wanita ini merupakan pilihan yang tepat.

Berikut spesifikasi singkat Asus Chromebook Flip C100PA

Asus Chromebook Flip C100PA memiliki layar seluas 10.1 Inci dengan Wide View Angle LED Backlight Glare Panel. Dan di dukung Rockchip Quad Core RK3288C sebagai dapur pacunya, serta kapasitas RAM mencapai 4 GB. Dari segi grafis, laptop ini didukung integrated Rockchip Mali T764.

Memorinya juga lumayan, yaitu sebesar 16 GB tipe eMMC. Ditambah lagi, laptop ini juga dilengkapi dengan ports combo audio jack , 2 port USB 2.0 ports , port micro HDMI, serta port micro SD card. Dari data yang tertera di atas, dapat disimpulkan bahwa laptop Asus Chromebook Flip C100PA tidak cocok untuk digunakan mengerjakan beban yang berat. ASUS Chromebook Flip C100PA dibanderol dengan harga sekitar 3 jutaan.

  1. HP Chromebook 11 G5

laptop chromebook termurah

HP juga tidak mau ketinggalan. HP yang biasanya memproduksi laptop Windows, kini juga mengeluarkan laptop Chromebook yang di beri nama HP Chromebook 11 G5.

Berikut spesifikasi singkat HP Chromebook 11 G5

Layar HP Chromebook 11 G5 berukuran 11.6 Inch  dan dilapisi Corning Gorilla Glass NBT. CPUnya mengandalkan Intel Celeron N3060 ( 1.60 GHz Turbo ) dengan 2 pilihan RAM 2 GB dan 4 GB.

Pilihan memori internal yang disediakan yaitu 16 GB dan 32 GB tipe eMMC. Didukung dengan port Combo audio jack , 2 port USB 3.1 , port HDMI,  dan port micro SD. Harga HP Chomebook 11 G5 dimulai dari harga 2.5 jutaan rupiah.

  1. Acer Chromebook 14

laptop chromebook termurah

Laptop chromebook paling murah berikutnya adalah laptop besutan Acer yang di beri nama Acer Chromebook 14. Seperti namanya, laptop ini memiliki ukuran layar yang cukup lebar, yaitu 14 Inci.

Berikut sepesifikasi singkat Acer Chromebook 14

Acer Chromebook 14 memiliki layar berukuran 14 Inci dan didukung dengan prosesor Intel Celeron N3160 Quad Core 1.6 GHz serta RAM berkapasitas 4 GB. Memori penyimpanannya juga cukup besar yaitu 32 GB. Laptop ini juga dilengkapi dengan 2 port USB 3.0, port HDMI, dan port audio jack. Baterai yang digunakan berjenis Li-po dengan kapasitas 3920 mAh.

Acer Chromebook 14 bisa jadi solusi tepat bagi Anda yang menginginkan laptop Chromebook yang lebih bertenaga. Laptop ini dijual di pasaran dengan harga sekitar 4 juta rupiah.

  1. ASUS Chromebook Flip C302CA

laptop chromebook termurah

ASUS Chromebook Flip C302CA menawarkan performa grafis yang cukup bagus. Resolusi layar Full HD akan menjadi daya tarik tersendiri bagi para penikmat konten visual.

Berikut spesifikasi singkat ASUS Chromebook Flip C302CA.

Layar Asus Chromebook C302CA berukuran sebesar 12.5 Inci dengan  Glare Panel 45 % NTSC. CPUnya ditenagai dengan tiga pilihan prosesor yaitu Intel Core M6Y30 atau Intel Core M6Y75 atau Intel Pentium 4405Y. Asus Chromebook di dukung dengan 2 pilihan RAM berkapasitas 4 GB atau 8 GB. Dan di bagian memori penyimpanan, ada tiga pilihan penyimpanan berjenis eMMC, yaitu sebesar  32 GB , 64 GB, dan 128 GB. Laptop ini juga mendukung konektivitas Bluetooth versi 4.0 dan dilengkapi port 2 port USB 3.0 , port Combo audio jack dan port lainnya.

ASUS Chromebook Flip C302CA menawarkan beberapa pilihan CPU , ada yang menggunakan Intel Core M6Y30, ada juga yang menggunakan prosessor Intel Core M6Y75, dan ada juga yang menggunakan Intel Pentium 4405Y, dimana intel Pentium 4405Y adalah yang paling rendah.

  1. Acer Chromebook R11

laptop chromebook termurah

Laptop chromebook paling murah selanjutnya adalah ACER Chromebook R11 yang di banderol dengan harga sekitar 5 juta rupiah. Harga tersebut sepadan dengan spesifikasi yang dimilikinya.

Berikut spesifikasi singkat ACER Chromebook R11

Layar laptop Acer Chromebook R11 berukuran sebesar 11.6 Inci dengan resolusi HD  1366 x 768 piksel. Ditenagai dengan prosesor yang tersedia dalam dua pilihan, yaitu Intel Celeron N3150 dan Intel Celeron N3060, laptop ini di dukung dengan RAM berkapasitas 4 GB dan memori penyimpanan yang terbagi ke dalam 2 pilihan, yaitu 32 GB SSD atau 16 GB Flash Memory. Kita juga bisa menemukan ports USB 2.0, port USB 3.0 , port HDMI dan slot card Reader pada laptop ini. Ditambah lagi, laptop ini juga di dukung baterai Li-ion berkapasitas 3220 mAh.

Acer Chromebook R11 cukup nyaman untuk digunakan karena didukung dengan RAM 4 GB yang memungkinkan kegiatan multitasking menjadi lebih lancar.

  1. HP Chromebook 13 G11 Core M

laptop chromebook terbaik

HP Chromebook 13 G11 Core M merupakan laptop chromebook berkualitas. Didukung dengan spesifikasi yang gahar membuat laptop ini cocok untuk digunakan bagi pengguna yang memiliki kebutuhan komputasi yang cukup tinggi.

Berikut spesifikasi singkat HP Chromebook 13 G11 Core M

Layar HP Chromebook 13 G11 Core M cukup lebar dengan ukuran 13.3 Inci.

Pada bagian CPU, laptop ini menggunakan Intel Pentium 4405Y. RAM berkapasitas 4 GB siap untuk melakukan pekerjaan yang cukup berat. Memori penyimpanannya pun lumayan besar yaitu sebesar 32 GB.

Port yang disediakan juga lengkap , minimal ada 2 port USB tipe C 3.1 Gen 1 Charging ports, sebuah port USB tipe A 3.1 Gen 1, dan  sebuah port untuk headphone jack. Tidak hanya itu, kelebihan HP Chromebook 13 G11 Core M yang lain adalah dimensi layarnya yang sudah berteknologi WLED eDP BrightView.

  1. Acer Chromebook 15

laptop chromebook terbaik

Acer Chromebook 15 memiliki ports yang lengkap dan ukuran layar yang lumayan lebar.

Berikut spesifikasi singkat ACER Chromebook 15

Layarnya berjenis IPS berukuran 15.6 Inci dengan resolusi 1920 x 1080 piksel. CPUnya menggunakan prosesor Intel Celeron 3205U. Laptop ini juga di dukung RAM berkapasitas 4 GB dan memori penyimpanan sebesar 32 GB.

Perangkat ini juga sudah mendukung konektivitas Intel Dual Band dan sudah dilengkapi dengan berbagai port, seperti port USB 2.0 , port USB 3.0 / 3.1 Gen1, port HDMI dan sebuah port Kensington Lock, port Audio combo, juga slot Card Reader untuk membaca microSD.

  1. Samsung Chromebook Pro XE510C24-K01US

laptop samsung terbaik

Laptop chromebook paling murah selanjutnya adalah Samsung Chromebook Pro XE510C24-K01US. Laptop ini mengusung layar yang memiliki ukuran cukup lebar dan spesifikasi yang mantap.

Berikut spesifikasi singkat Samsung Chromebook Pro XE510C24-K01US.

Layar Samsung Chromebook Pro XE510C24-K01US berukuran 15.6 Inci dengan resolusi 1920 x 1080 piksel.  Pada bagian CPU, laptop ini di tenagai Intel Core m3-6Y3 dan didukung RAM bertipe LPDDR3 sebesar 4 GB. Memori penyimpanannya juga lumayan besar, yaitu berupa flash memory berukuran 32 GB.

Laptop ini juga didukung konektivitas Bluetooth versi 4.0 dan dilengkapi dengan Port Sensor Gryo , port audio combo, 2 port USB tipe C , dan slot Card Reader khusus untuk MicroSD. Jika Anda adalah pengguna yang menyukai tampilan grafis yang jernih dan suka menggunakan S Pen, maka Samsung Chromebook Pro XE510C24-K01US sudah  memenuhi kriteria yang Anda cari.

Tetapi, perlu diingat bahwa S Pen Samsung Chromebook Pro XE510C24-K01US belum terlalu responsif, misalnya ketika Anda ingin menggunakan S Pen saat menulis di atas layar laptop, maka sebaiknya Anda menekannya dengan hati – hati karena jika terlalu keras, maka garis yang tercipta akan menjadi lebih tebal.

Samsung Chromebook Pro XE510C24-K01US juga mendukung aplikasi berbasis Android yang bisa memudahkan pekerjaan Anda.

  1. Google Chromebook Pixel C

laptop chromebook terbaik

Berikut spesifikasi singkat Google Chromebook Pixel C

Google Chromebook Pixel C memiliki layar jenis LTPS berukuran 10.2 Inci dengan resolusi sebesar 2560 x 1800 piksel. Google Chromebook Pixel C mengandalkan Nvidia Tegra X1 1.9 GHz sebagai dapur pacunya. Ukuran RAM Google Chromebook Pixel C juga lumayan, yaitu sebesar 3 GB dan berjenis LPDDR4.

Memori penyimpanan eMMCnya berkapasitas 64 GB, cukup besar jika dibandingkan dengan laptop chromebook pada umumnya. Laptop ini juga didukung dengan port USB 3.0 , port Audio Connections, port 3.5 mm stereo jack, port NFC, dan port USB tipe OTG, dan port USB tipe C.

Google Chromebook Pixel C memiliki desain yang premium sehingga pengguna seolah akan merasakan sensasi berbeda ketika sedang menggunakan laptop Chromebook ini. Tetapi sayangnya, Google Chromebook ini belum dilengkapi dengan fitur sensor fingerprint. Google Chromebook Pixel C dijual dengan harga berkisar antara 12 hingga 13 juta rupiah.

Itulah daftar 10 Laptop chromebook paling murah yang di lansir dari berbagai sumber. Bagi yang masih ragu untuk membeli laptop chromebook, berikut kami bahas beberapa kelebihan laptop Chromebook dibandingkan dengan laptop Windows dan MacOS .

Fitur Spesial di Laptop ChromeBook Apa Saja?

Salah satu fitur spesial yang bisa kita temukan pada laptop Chromebook ialah Google Assistant.

Pada beberapa tipe laptop Chromebook, kita bisa mengakses Google Assistant hanya melalui tombol khusus yang di sediakan di laptop Anda, seperti yang terdapat pada laptop Chromebook seri Pixelbook.

Chromebook juga terintegrasi dengan Google Now yang memungkinkan kita untuk mendapatkan informasi berita setiap hari di Google Feed.

Tidak perlu spesifikasi yang tinggi

Mengapa kebanyakan laptop chromebook tidak memiliki spesifikasi yang secanggih laptop Windows ? Hal itu dikarenakan laptop Chromebook memang ditujukan untuk penggunaan online. Sehingga kita tidak memerlukan spesifikasi yang tinggi.

Karena dengan kapasitas RAM 2 GB dan prosesor Intel Celeron saja kita sudah bisa melakukan kegiatan multitasking dengan cukup lancar.

Penyimpanan internal laptop Chromebook juga tidak sebesar laptop Windows. Itu karena kita sedang memasuki era dimana cloud storage sudah sangat dibutuhkan dan pengguna masih bisa menyimpan berkas-berkasnya di penyimpanan online seperti Google DriveDropbox, OneDrive, dll karena selain lebih aman juga bisa mengakses file yang disimpan kapanpun dan dimanapun atau alternatif lain yakni melalui penyimpanan tambahan seperti Micro SD card dan Flash Disk.

Harga yang lebih murah

Rata-rata laptop Chromebook dijual dengan harga yang lebih murah jika dibandingkan dengan laptop Windows atau MacOS. Hal tersebut memungkinkan pengguna untuk dapat memiliki laptop meski dengan budget yang terbatas. Hal ini cocok sekali untuk kebanyakan kantong mahasiswa yang atau pelajar sekolah yang ingin mengerjakan tugas sekolahnya.

Semakin murah harga, kita juga semakin tertarik untuk membelinya. Bahkan sebisa mungkin, kita akan mencari laptop chromebook paling murah, benar kan?

Baterai lebih awet

Laptop Chromebook biasanya di dukung dengan baterai yang awet dan berkapasitas besar. Chromebook biasanya bisa bertahan selam 9 jam penggunaan.

Bagi pengguna yang memerlukan perangkat yang bisa bertahan lebih lama dibandingkan dengan laptop pada umumnya, maka laptop chromebook bisa menjadi salah satu solusinya.

Keamanan ekstra

Keunggulan lain laptop Chromebook ialah dari sektor keamanan.  Laptop Chromebook biasanya ditujukan untuk kegiatan bisnis yang memerlukan alat yang memungkinkan administrator teknologi informasi untuk dapat mengelola laptop dari dalam maupun luar kantor.

Contohnya, Lenovo Thinkpad 13 Chromebook dan Google pixelbook dilengkapi dengan Trusted Platform Mobile, sebuah chip keamanan yang melindungi pengguna dari pencurian kata sandi. Dengan fitur ini, diharapkan para professional tidak perlu lagi khawatir soal keamanan data yang mereka simpan di perangkat Chromebook mereka.

Itulah keunikan dan kelebihan laptop Chromebook yang mungkin tidak akan kita temui pada laptop lainnya. Pantas saja ya laptop Chromebook menjadi pilihan yang tepat, karena laptop Chromebook tidak hanya murah, tetapi juga tangguh dan memiliki daya tahan baterai yang bagus.

Jika Anda suka dan betah berlama – lama untuk mengoperasikan laptop dengan penggunaan online maka ini adalah pilihan yang tepat.

Jika ada laptop Chromebook lainnya yang ingin Anda tambahkan atau apabila ada sanggahan yang ingin Anda sampaikan, silakan beri opini teman – teman di kolom komentar dibawah.

Baca juga yuk artikel menarik lainnya:

Tolong bantu share artikel ini jika teman – teman merasakan manfaatnya agar yang lain juga merasakannya dan tidak salah dalam memilih laptop chromebook yang sedang tren, caranya mudah sekali, teman – teman tinggal klik tombol sosial media yang ada dibawah dan pilih publish. Terima Kasih

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here