10 Buah yang Baik Untuk Anak yang Baru Mulai Makan

0
664
manfaat butuh untuk anak

10 Buah yang Baik Untuk Anak-anak – Buah merupakan bagian penting dari makanan bayi. Buah-buahan tidak hanya menyediakan nutrisi yang dibutuhkan bagi tubuh tapi juga mudah dimakan, mudah disiapkan dan rasanya enak.

Buah merupakan sumber vitamin dan mineral bagi tubuh manusia. Berikut adalah 10 macam buah terbaik yang bisa dikonsumsi untuk anak anda :

  1. Apel

Apel adalah salah satu makanan paling sempurna bagi bayi untuk mulai makan. Bukan hanya lezat, bergizi tapi juga mudah dicerna untuk bayi.

Di dalam apel terdapat banyak karbohidrat, vitamin C, potassium dan serat. Apel dapat memberikan energi untuk bayi dan bisa mencegah sembelit. Apel sering dianggap sebagai makanan ringan bisa diolah sebagai makanan cepat saji untuk bayi.

Dengan anak-anak mulai makan mil, Anda harus menghaluskan dan memasak buah. Setelah usia 8 bulan, Anda mungkin tidak perlu memasak hanya menghaluskan atau meremas untuk dibuat jus apel. Pada usia 9-10 bulan, Anda bisa memotong potongan kecil untuk makanan ringan yang sehat bagi anak Anda.

  1. Alpukat

Alpukat adalah asupan buah super yang mengandung lemak tak jenuh tingkat tinggi dan bermanfaat untuk pengembangan intelektual serta membantu anak-anak untuk menambah berat badan dengan cepat. Buah ini juga kaya akan beta karoten, folat, potasium, vitamin B dan lutein karotenoid.

Cara penyajiannya pun tergolong mudah. alpukat cukup digiling atau dihaluskan, tidak perlu dimasak. Bila bayi anda berumur 9-10 bulan, Anda harus memotong alpukat menjadi potongan kecil agar si buah hati bisa makan.

Yuk simak juga tips kesehatan lainnya dibawah ini :

  1. Pisang

Buah pisang selalu dikenal sebagai buah yang baik bagi anak yang baru mulai makan secara lancar karena pisang merupakan buah yang bergizi dan mudah dicerna. Pisang memiliki banyak kalori dan membantu anak bertumbuh kembang secara cepat. Pisang juga mengandung vitamin A, B1, B2, B6, B12, C, D, E dan mineral seperti magnesium, potasium, besi, fosfor, fluorin, yodium.

Anda hanya perlu menggiling pisang atau haluskan yang bisa dimakan bayi dengan mudah. Agar anak tidak mudah bosan dengannya, anda juga bisa memadukan pisang dengan pir, apel, mangga.

Bila bayi Anda berumur 9-10 bulan, Anda harus memotongnya menjadi potongan kecil untuk memberi makan bayi Anda.

  1. Pir

Buah pir juga merupakan buah yang baik bagi anak yang baru mulai makan. Dengan rasa manis, dingin dan mudah dicerna, buah ini lantas menjadi buah favorit para bayi.

Pir tidak mengandung banyak kalori tapi mengandung lebih banyak serat, sangat bagus untuk sistem pencernaan. Untuk mempersiapkan buah pir bayi yang dapat dikonsumsi anak, Anda perlu menghaluskannya dan kemudian dimasak atau memerasnya untuk mendapatkan airnya.

Selain itu, pir juga mengandung sedikit vitamin C, vitamin K, tembaga dan kalium serta mengandung antioksidan yang akan membantu melindungi jaringan-jaringan pada tubuh anak.

  1. Mangga

Mangga juga merupakan buah yang cocok bagi si kecil yang sudah mulai mengenal makanan. Buah mangga mengandung kalori penuh, protein, lemak, karbohidrat, vitamin C, vitamin A, folat, vitamin B6, vitamin K dan potasium. Buah ini juga mengandung antioksidan dan mineral kecil lainnya.

Namun, buah mangga dapat menyebabkan alergi sehingga anda harus memberikan buah lainnya terlebih dahulu kepada bayi sebelum memberikan buah mangga untuk menguji reaksi si bayi.

Saran penyajian adalah mangga harus digiling dan dihaluskan pada tahap pertama anak memakannya, setelah 9-10 bulan, mangga bisa dipotong kecil-kecil untuk bayi.

  1. Persik manis

Buah persik(Prunus persica) mengandung protein, lemak, glukosa, glukosa, sakarosa, karoten, vitamin B1, B2, C, PP dan zat besi, kalsium dan fosfor. Terutama kaya akan beta karoten (pra-vitamin A) dan potasium serta mengandung banyak serat, berguna untuk sistem pencernaan.

Seharusnya buah persik tidak perlu dimasak. Persik juga bisa dimasak dengan menambahkan pisang atau ayam dan ditambah dengan susu.

Terlalu banyak mengkonsumsi buah persik akan mudah membuat anak terkena demam dan beberapa kasus bisa menyebabkan alergi pada sejumlah anak sehingga anda harus tetap memperhatikan porsi buah persik yang dikonsumsi oleh anak.

  1. Pepaya

Buah pepaya kaya akan beta karoten (pre-vitamin A), selain itu juga mengandung vitamin C, vitamin B1, B2, asam dan mineral seperti potasium, kalium, kalsium, magnesium, besi dan seng.

Cara penyajian yang praktis yakni anda harus menggiling atau menghaluskan pepaya untuk bayi berumur 6 bulan agar mulai terbiasa dengan makanan ini. Untuk anak yang berusia di atas itu, anda bisa memotong kecil-kecil, anak-anak bisa memakan pepaya karena teksturnya yang lembut dan mudah untuk dimakan. Pepaya bisa didapat di sepanjang tahun. Pepaya tidak boleh dimakan setiap hari karena dapat menyebabkan penyakit kuning.

  1. Plum

Seperti buah persik yang telah disebutkan sebelumnya, buah plum yang manis mengandung banyak beta karoten dan potassium. Meski tidak mengandung banyak kalori, buah ini mengandung banyak serat dan antioksidan, yang baik untuk sistem pencernaan dan kekebalan tubuh bayi anda.

Cara pengolahan yang simple adalah anda harus menggiling buah plum untuk diberikan pada bayi. Saat anak dapat mengunyah, buah ini bisa dipotong kecil-kecil.

Karena kandungan asamnya yang tinggi, anda tidak dapat memberikan buah ini secara berlebih yang akan berpengaruh negatif pada gigi dan perut bayi serta hal ini juga mengundang panas dalam tubuh bayi.

  1. Kiwi

Kiwi adalah buah dengan kandungan gizi yang berlimpah, meski tidak tinggi kalori tapi mengandung banyak gula, serat, vitamin (C, K, E) dan mineral sehingga merupakan buah yang baik bagi anak untuk mulai makan sejak usia awal bayi. Namun, buah ini bisa menimbulkan reaksi alergi terhadap sejumlah kecil anak. Jika anda berikan terlalu banyak dikhawatirkan si bayi dapat mengalami diare, iritasi pada perut dan gangguan mulut.

  1. Buah naga

Buah naga mengandung banyak gula dan lemak yang dapat membuat anak bertambah gemuk dengan cepat. Buah ini juga cukup lembut dan tinggi seratnya yang bagus untuk sistem pencernaan. Buah naga juga mengandung banyak vitamin C, vitamin B dan mineral seperti potasium, kalsium, fosfor, magnesium.

Saran penyajian adalah anda bisa menggilingnya atau memotong potongan kecil agar bisa dikonsumsi oleh bayi. Buah naga bisa diberikan pada anak mulai dari umur 7 bulan.

Beberapa catatan tentang saat memberi makan bayi:

  • Jeruk, lemon, jeruk keprok, anggur, stroberi, nanas, .. harus diberikan setelah usia 12 bulan karena risiko alergi, kerusakan email gigi dan mudah menyebabkan diare.
  • Untuk awal-awal usia, berikan asupan buah sedikit demi sedikit terlebih dahulu pada bayi anda dan tunggu selama 3 hari untuk melihat reaksi bayi anda.
  • Setelah 6 bulan, anak bisa makan 60g buah per hari. Bila anak berumur 1 tahun, sekitar 100 g/hari.
  • Anak-anak harus makan buah di sore hari. Setelah makan utama sekitar 1-2 jam.

Jadi ada banyak buah yang baik untuk anak-anak yang baru mulai makan, Anda bisa memilih dan menggabungkan beberapa jenis buah bersama-sama. Meski mengandung banyak vitamin, mineral dan serat, buah tidak bisa menggantikan sayuran sehingga Anda perlu memastikan keduanya hadir dalam menu sehari-hari.

Demikianlah pembahasan mengenai 10 Buah yang Baik Untuk Anak-anak yang Baru Mulai Makan, jika anda merasakan manfaat dari artikel sedeharna ini, silakan bagi artikel ini ke keluarga dan kerabat anda ke media sosial anda dengan menekan tombo share yang ada dibawah.

Anda bisa berkomentar mengenai daftar buah-buahan yang telah saya sebutkan diatas melalui kolom komentar dibawah.

Artikel lainnya :

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here